• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Makan Pisang Bisa Redakan Perut Kembung, Ini Alasannya
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Makan Pisang Bisa Redakan Perut Kembung, Ini Alasannya

Makan Pisang Bisa Redakan Perut Kembung, Ini Alasannya

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 02 Juli 2021
Makan Pisang Bisa Redakan Perut Kembung, Ini Alasannya

“Buah pisang menjadi salah satu buah yang bisa ditemukan di mana saja. Rasanya yang lezat membuat hampir seluruh masyarakat menyukai buah ini. Tidak hanya itu, buah pisang juga memiliki kandungan kalium yang cukup tinggi dan bisa redakan perut kembung.”

Halodoc, Jakarta – Siapa sih yang tidak menyukai buah pisang? Selain rasanya lezat, buah pisang menjadi salah satu jenis buah yang selalu ada di musim kapanpun. Karena itu, kamu bisa menyantap buah pisang kapan saja.

Kandungan nutrisi dan vitamin dari buah pisang yang cukup banyak pun membuat buah ini dikenal dengan berbagai manfaat. Lalu, benarkah mengonsumsi buah pisang bisa redakan perut kembung? Yuk, simak alasannya, di sini!

Baca juga: Kulit Pisang Kaya Akan Manfaat, Benarkah?

Manfaat Buah Pisang untuk Redakan Perut Kembung

Pisang adalah buah yang bisa mudah ditemukan dimana saja. Kandungan nutrisi dan vitamin didalamnya dinilai mampu menjaga kesehatan tubuh secara efektif. Mulai dari menjaga kesehatan jantung, tekanan darah, hingga masalah pencernaan.

Lalu, benarkah pisang bisa redakan perut kembung? Nyatanya, pisang menjadi salah satu buah yang dinilai bisa meredakan perut yang terasa kembung. Hal ini disebabkan pisang memiliki kandungan kalium cukup tinggi, sehingga bisa menetralisir kelebihan natrium pada tubuh akibat kelebihan mengonsumsi makanan asin.

Selain itu, gejala kembung yang umumnya dialami oleh orang-orang dengan masalah pencernaan dapat diatasi gejalanya dengan mengonsumsi pisang. Untuk itu, jangan ragu memasukkan buah pisang ke dalam menu sarapan kamu agar manfaat buah pisang dapat dirasakan dengan baik.

Baca juga: Benarkah Konsumsi Pisang saat Sarapan Memberi Dampak Buruk?

Manfaat Lain dari Pisang untuk Kesehatan

Selain meredakan perut kembung, nyatanya pisang memiliki banyak manfaat lain untuk kesehatan tubuh. Berikut ini adalah manfaat yang bisa kamu rasakan:

  1. Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Pisang memiliki kandungan serat yang cukup tinggi. Salah satu manfaat mengonsumsi makanan yang berserat adalah meningkatkan kesehatan pencernaan. Pisang memiliki dua jenis kandungan serat yang dibutuhkan, yaitu pektin dan pati resisten.

  1. Sumber Energi

Pisang menjadi salah satu buah yang memiliki kandungan tiga jenis gula alami, seperti sukrosa, fruktosa, dan glukosa. Tentunya, ketiga pemanis alami ini dapat menambah energi untuk tubuh dan juga bebas lemak serta kolesterol. Dengan begitu, pisang sangat ideal untuk kamu jadikan menu sarapan dan juga camilan sehat untuk dikonsumsi sehari-hari. 

Kamu bisa gunakan Halodoc dan bertanya langsung pada dokter mengenai pengonsumsian jumlah pisang yang tepat agar manfaatnya semakin maksimal. Yuk, download Halodoc sekarang juga melalui App Store atau Google Play!

  1. Menjaga Kesehatan Jantung

Kandungan kalium dalam pisang nyatanya mampu membantu kamu untuk menjaga kesehatan jantung. Orang-orang yang banyak mengonsumsi makanan dengan kandungan kalium dapat menurunkan risiko gangguan kesehatan jantung sebesar 27 persen. Tidak hanya itu, kandungan magnesium dalam pisang juga cukup penting untuk menjaga kesehatan jantung. 

  1. Memiliki Kandungan Antioksidan yang Tinggi

Hampir semua buah memiliki kandungan antioksidan, termasuk buah pisang. Dalam buah pisang terdapat kandungan antioksidan yang dikenal sebagai dopamine dan catechins yang sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung dan menghindari risiko penyakit degeneratif.

  1. Meningkatkan Kesehatan Kulit

Kandungan mangan dalam pisang nyatanya baik untuk kulit. Satu buah pisang ukuran sedang dapat memberikan kebutuhan mangan setiap harinya sebesar 13 persen. Mangan juga bisa membantu tubuh membuat kolagen dan melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas.

Baca juga: 4 Manfaat Mengonsumsi Pisang Saat Sahur

Itulah berbagai manfaat buah pisang bagi kesehatan. Jangan ragu untuk selalu memasukkan buah pisang ke dalam menu diet agar manfaat pisang dapat dirasakan dengan baik.

Referensi:

Healthline. Diakses pada 2021. 11 Evidence Based Health Benefits of Bananas.

Medical News Today. Diakses pada 2021. Benefits and Health Risks of Bananas.

HealthXChange.sg. Diakses pada 2021. 6 Good Reasons to Eat Banana Today.