• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 4 Manfaat Mengonsumsi Pisang saat Sahur

4 Manfaat Mengonsumsi Pisang saat Sahur

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani

Halodoc, Jakarta - Sangat penting untuk memperhatikan asupan makanan dan minuman yang masuk ketika akan menjalankan puasa agar kuat menahan haus dan lapar seharian. Selain mengenyangkan, kamu juga harus tahu manfaat yang dapat diterima oleh tubuh setelah mengonsumsinya. Kandungan karbohidrat dan protein juga dapat menjadi patokan yang penting untuk menjaga tubuh tetap sehat.

Selain makanan yang berat, kamu juga dapat mengonsumsi beberapa buah-buahan yang dapat berguna agar tubuh lebih siap untuk beraktivitas. Pisang kaya akan nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh bahkan saat puasa. Maka dari itu, penting untuk mengetahui beberapa manfaat yang dapat dari mengonsumsi pisang saat puasa.

Baca juga: 5 Buah yang Cocok Dikonsumsi Saat Sahur

Manfaat Konsumsi Pisang saat Sahur

Memang, pisang adalah salah satu buah yang banyak digemari oleh orang terkait rasa dan kandungan di dalamnya. Banyak orang yang menyiapkan buah tersebut untuk memberikan energi cepat saat berolahraga. Pisang mengandung banyak vitamin dan mineral penting yang dibutuhkan oleh tubuh yang dapat membuat tubuh kuat untuk menjalani puasa.

Pisang adalah buah yang tidak mengandung lemak, kolesterol, dan sodium. Namun, buah ini kaya akan kandungan vitamin C, B6, asam folat, fosfor, mangan, kalsium, hingga magnesium. Selain menjaga tubuh untuk tetap kenyang yang dikonsumsi saat sahur, banyak manfaat lainnya yang dapat kamu rasakan pada tubuh. Berikut adalah beberapa manfaat mengonsumsi pisang saat sahur:

  1. Menjaga Kadar Gula

Salah satu manfaat yang didapatkan ketika mengonsumsi pisang saat sahur adalah kadar gula di dalam darah menjadi lebih terkontrol. Seseorang yang mengonsumsi pisang dapat meningkatkan kadar gula dengan perlahan. Hal ini sangat baik untuk seseorang yang mengidap anemia ketika akan menjalankan puasa. Kandungan serat yang tinggi dapat membuat perut lebih kenyang, sehingga rasa lapar dapat ditahan hingga waktunya berbuka.

Baca juga: Penuhi Nutrisi saat Sahur dengan 5 Makanan Ini

  1. Melebarkan Pembuluh Darah

Manfaat konsumsi pisang saat sahur lainnya yang dapat terjadi adalah pembuluh darah menjadi lebih lebar yang merupakan manfaat potasium. Hal tersebut baik untuk menurunkan tekanan darah pada tubuh sehingga hipertensi dapat dicegah. Selain itu, kandungan kalium pada pisang dapat menjaga keseimbangan cairan sehingga tubuh tidak mudah untuk haus.

Kamu juga dapat bertanya pada dokter dari Halodoc terkait manfaat yang didapatkan oleh tubuh saat mengonsumsi pisang secara rutin ketika sahur. Dengan begitu, tubuh kamu dapat terjaga kesehatannya. Caranya mudah sekali, kamu hanya perlu download aplikasi Halodoc di smartphone yang digunakan sehari-hari!

  1. Menjaga Berat Badan

Pisang juga dapat menjaga berat tubuh ketika dikonsumsi rutin selama sahur menjelang puasa. Kandungan lemak yang rendah sangat baik untuk dikonsumsi, terutama saat kamu ingin menjadikan momentum puasa untuk menurunkan bobot tubuh. Pisang juga dapat melancarkan proses metabolisme tubuh yang membuat berat badan tetap terjaga.

  1. Mencegah Maag Kambuh

Maag adalah salah satu penyakit yang kerap terjadi saat seseorang puasa karena tubuh tidak mendapatkan asupan makanan atau minuman seharian. Maka dari itu, pisang adalah buah yang baik untuk mencegah maag untuk kambuh jika dikonsumsi saat sahur. Kandungan kalium pada pisang mampu mencegah peradangan pada dinding usus dan lambung sehingga maag dapat diminimalisir.

Baca juga: Pilihan Menu Sahur Sehat Saat Puasa

Itulah beberapa manfaat yang dapat dirasakan jika kamu mengonsumsi pisang saat sahur. Selain pisang, kamu juga dapat mengonsumsi buah-buahan yang mengandung banyak cairan agar dapat menjaga tubuh tetap terhidrasi. Sehingga, rasa haus yang kerap timbul saat puasa dapat diatasi.

Referensi:
Roya News. Diakses pada 2020. Four reasons why you should have Bananas for Suhoor.
Pulse. Diakses pada 2020. 5 fruits you should eat often during Ramadan.