• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini 7 Makanan untuk Penanganan Disfungsi Ereksi

Ini 7 Makanan untuk Penanganan Disfungsi Ereksi

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani

Halodoc, Jakarta - Disfungsi ereksi, atau yang akrab disapa dengan impotensi, merupakan kondisi yang terjadi saat penis tidak menerima cukup suplai darah. Jika dibiarkan, bukan hanya aktivitas seksual saja yang terganggu, masalah psikologis pun dapat terjadi. Sebelum prosedur pengobatan dilakukan, makanan-makanan berikut diklaim ampuh dalam mengatasi disfungsi ereksi. Selamat mencoba!

Baca juga: Disfungsi Ereksi Buat Pria Susah Produksi Sperma?

  • Tiram

Tiram dibandrol dengan harga yang cukup mahal. Meski demikian, makanan ini sepadan karena mengandung kaya zinc yang berperan penting dalam produksi hormon testosteron pria. Rendahnya tingkat testosteron pria merupakan masalah umum pada pengidap disfungsi ereksi. Dengan meningkatnya testosteron, otomatis akan mendorong hasrat seksual menjadi lebih tinggi.

  • Daging Organik

Daging yang termasuk dalam daging organik adalah sapi, ayam, kalkun, atau jenis hewan ternak lain layak konsumsi, dan diberi makan rumput dengan kandungan carnitine, L-arginin, dan zinc. Carnitine dan L-arginin merupakan zat yang berperan dalam meningkatkan aliran darah, sehingga respons seksual lebih optimal. Kedua nutrisi ini efektif mengatasi masalah impotensi pada pria.

Sedangkan zinc merupakan mineral penting yang berfungsi meningkatkan imunitas tubuh dan fungsi seksual. Saat seorang pria kekurangan zinc, hormon seksual otomatis akan ikut melemah, dan impotensi tidak dapat dihindari. Namun, konsumsi daging-dagingan tersebut harus tetap dalam porsinya, ya! Jika berlebihan, alih-alih sehat, kamu justru akan memicu timbulnya penyakit jantung dan kolesterol.

  • Buah Berry

Buah-buahan dari keluarga berry, seperti stroberi, blueberry, cranberry, blackberry, ceri, acai berry, dan goji berry diperkaya dengan kandungan anthocyanin, yang mampu menjaga arteri agar tetap sehat, sehingga sirkulasi darah tetap terjaga. Selain itu, keluarga buah berry juga kaya akan vitamin C, yang mampu meningkatkan jumlah produksi sperma.

Baca juga: Apakah Disfungsi Ereksi Pengaruhi Kesuburan Pria?

  • Ikan 

Ikan salmon, sarden, herring, makarel, dan tuna merupakan sekelompok ikan yang mampu mengatasi disfungsi ereksi karena dipenuhi dengan vitamin D dan omega-3 asam lemak. Bukan hanya mengatasi disfungsi ereksi saja, nutrisi yang terkandung dalam sekelompok ikan tersebut mampu meningkatkan kadar dopamin dalam otak. Hal tersebut akan meningkatkan aliran dan sirkulasi darah, sehingga memicu gairah seksual lebih tinggi.

  • Bawang

Kelompong bawang putih dan bawang bombay mengandung senyawa fitokimia allicin yang menjadi pengencer darah alami. Sifat antikoagulan di dalamnya mampu mengalirkan banyak darah menuju penis, sehingga pria akan terhindar dari impotensi. Karena sifatnya sebagai pengencer darah alami, pembuluh darah tidak akan mudah menggumpal dan tersumbat. 

  • Pisang

Pisang tinggi akan kalium yang bermanfaat bagi kesehatan organ jantung. Buah ini juga dapat membantu sirkulasi darah agar tetap normal. Asupan kalium yang cukup dalam tubuh akan membantu menjaga kadar garam tetap terkendali. Jika kamu tidak suka buah yang satu ini, kamu dapat mengonsumsi buah jeruk sebagai gantinya.

  • Cokelat Hitam

Cokelat hitam mengandung flavonoid yang dapat membantu menurunkan tekanan darah, memperlancar sirkulasi darah, serta menurunkan kolesterol, yang merupakan faktor utama masalah disfungsi ereksi pada pria. Kakao pada cokelat hitam mampu meningkatkan kadar hormon serotonin yang berpengaruh dalam memperbaiki suasana hati, menurunkan stres, serta meningkatkan hasrat seksual.

Baca juga: Berbagai Penyebab Terjadinya Disfungsi Ereksi

Impotensi bukan masalah yang sepele. Kondisi ini akan membuat pengidapnya mengalami ketidakpuasan dengan aktivitas seksual yang dilakukan, masalah dengan pasangan, hingga stres, cemas, dan merasa rendah diri. Jika kamu menemui serangkaian gejala dan tidak dapat diatasi dengan konsumsi sejumlah makanan tersebut, segera diskusikan dengan dokter di aplikasi Halodoc untuk menemukan langkah penanganan yang tepat.

Referensi:

Health Harvard. Diakses pada 2020. 5 Natural Ways to Overcome Erectile Dysfunction.

Healthline. Diakses pada 2020. 8 Penis-Friendly Foods to Boost T-Levels, Sperm Count, and More.

Everyday Health. Diakses pada 2020. 6 Nutrients That Fight Erectile Dysfunction.