• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Untuk Penggemar Seafood, Ini 6 Manfaat Tiram

Untuk Penggemar Seafood, Ini 6 Manfaat Tiram

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim

Halodoc, Jakarta - Sebagai salah satu makanan laut yang cukup populer, tiram pasti selalu tersedia saat kamu pergi ke restoran seafood. Selain rasanya yang unik dan lezat, jenis kerang yang satu ini ternyata memiliki segudang manfaat untuk kesehatan. Tiram kaya akan mineral penting yang dibutuhkan tubuh seperti seng, zat besi, kalsium, kalium. Tak hanya itu, tiram juga rendah lemak dan kalori.

Banyak yang meyakini bahwa tiram bermanfaat bagi kesuburan, mencegah anemia, dan menambah kepadatan tulang. Kalau kamu belum mengetahui manfaat kerang yang satu ini, yuk simak ulasan berikut.

Baca juga: Tips Memasak Makanan Rendah Lemak

  1. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Bagi kamu yang aktif berkegiatan di luar rumah, paparan polusi dan kebiasaan mengonsumsi makanan yang minim nutrisi akan membuatmu mudah terserang penyakit. Melansir dari Healthline, kandungan seng dan vitamin D dalam tiram mampu membuat kekebalan tubuh menjadi semakin kuat. Sebagai sumber protein yang tinggi dan rendah kadar lemak, makanan laut ini juga baik bagi kesehatan secara keseluruhan.

  1. Memaksimalkan Kemampuan Otak

Kandungan vitamin B12, omega 3, dan seng dalam tiram terbukti mampu meningkatkan memori dan fungsi otak. Kandungan zat besi dalam tiram juga mampu meningkatkan kemampuan otak dalam berkonsentrasi.

Ibu, memberikan anak-anak tiram juga bermanfaat dan membuat anak semakin berprestasi di sekolah. Hal ini disebabkan karena anak mudah mengingat setiap pelajaran yang diberikan.

  1. Menyehatkan Jantung

Manfaat tiram lainnya adalah mampu membuat kadar kolesterol dalam tubuh menjadi lebih stabil. Dengan kadar kolesterol yang stabil tersebut, maka seseorang akan terhindar dari serangan jantung dan stroke.

Tiram mengandung asam lemak omega 3. Tidak hanya itu, tiram juga membantu menurunkan tekanan darah dan memperlebar aliran darah, sehingga aliran darah menjadi lancar berkat kandungan kalium dan magnesium.

Baca juga: Lakukan Ini untuk Tingkatkan Stamina Seksual Pria

  1. Meningkatkan Vitalitas Pria

Ejakulasi dini adalah momok yang cukup menakutkan bagi kalangan pria. Tiram mungkin bisa dijadikan pilihan untuk mencegah ejakulasi dini dan meningkatkan vitalitas pria. Dikutip dari WebMD, kandungan seng dalam tiram dapat meningkatkan stamina dalam bercinta.

Kandungan tersebut terbukti meningkatkan hormon seksual pria dengan meningkatkan produksi testosteron dan memperlancar pernapasan. Sedangkan, kandungan zat besi dan yodium dalam tiram membantu memperlancar aliran darah ke alat vital, sehingga gairah seksual menjadi meningkat.

  1. Membantu Penyembuhan Luka

Zat besi juga bermanfaat dalam menyembuhkan luka. Selain itu, dengan kuatnya sistem kekebalan tubuh yang juga dibantu oleh nutrisi yang yang terkandung dalam tiram membuat luka tidak mudah terinfeksi bakteri atau pun jenis mikroba lainnya.

  1. Mengoptimalkan Pertumbuhan Bayi

Asam lemak omega 3 terutama DHA yang terkandung dalam tiram terbukti sangat baik untuk meningkatkan kesehatan bayi di dalam kandungan. Ibu hamil dan yang sedang menyusui pun sangat disarankan untuk mengonsumsi tiram.

Namun, pastikan untuk tidak memakannya secara berlebihan apalagi dimakan mentah. Tingkat polusi di perairan laut cukup tinggi, sehingga kandungan logam berat pada tiram masih bisa menempel dan dapat berdampak buruk bagi kesehatan.

Baca juga: Makan Seafood Tingkatkan Peluang Hamil

Nah, itulah manfaat tiram bagi kesehatan. Kalau kamu ingin mengetahui nutrisi dari makanan tertentu, tanyakan saja pada ahlinya lewat aplikasi Halodoc. Tidak perlu repot keluar rumah, kamu bisa ngobrol dengan dokter Halodoc kapan saja dan di mana saja!

 

Referensi :
Healthline. Diakses pada 2020. Are Oysters Good for You? Benefits and Dangers
WebMD. Diakses pada 2020. Why Are Oysters Good for Me?
Cleveland Clinic. Diakses pada 2020. 7 Reasons to Love Oysters — Even If You Hate Them