Makanan yang Baik untuk ASI Booster Ibu Menyusui

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   07 Agustus 2023

“Pada ibu menyusui, jumlah ASI yang bisa mereka produksi akan berbeda-beda sehingga ada yang hanya bisa menghasilkan ASI dalam jumlah terbatas. Untuk memenuhi kebutuhan ASI bayi, ibu bisa mengonsumsi makanan tertentu sebagai booster ASI.”

Makanan yang Baik untuk ASI Booster Ibu MenyusuiMakanan yang Baik untuk ASI Booster Ibu Menyusui

Halodoc, Jakarta –  Produksi ASI normalnya berlangsung selama 6 bulan hingga 2 tahun untuk mencukupi kebutuhan nutrisi Si Kecil. Namun, jumlah produksi ASI antara satu ibu dengan yang lainnya bisa saja berbeda, ada yang sedikit ada pula yang melimpah. Untuk mengatasi masalah ASI yang sedikit, ibu bisa mengonsumsi beberapa makanan booster ASI. 

ASI booster adalah istilah yang digunakan untuk makanan yang bisa membantu melancarkan ASI. Mengonsumsi jenis makanan ini bisa membantu meningkatkan jumlah produksi dan bisa membuat air susu ibu lebih berkualitas. Lantas, apa saja makanan yang bisa ibu konsumsi untuk meningkatkan jumlah produksi ASI? Simak jawabannya berikut ini!

Makanan untuk Melancarkan ASI

Konsumsi ASI booster bisa membantu melancarkan dan meningkatkan kualitas ASI. Bagi ibu yang merasa memiliki produksi air susu sedikit, tidak ada salahnya untuk mencoba konsumsi beberapa jenis makanan berikut ini: 

1. Kacang almond

Sebenarnya, semua jenis kacang-kacangan memiliki khasiat untuk untuk booster ASI, tapi kacang almond disebut lebih unggul. Jenis kacang yang satu ini memiliki banyak kandungan nutrisi.

Almond mengandung asam lemak esensial, protein, vitamin E, kalsium, zinc, dan zat besi. Seluruh nutrisi tersebut bisa meningkatkan produksi dan kualitas air susu ibu. 

2. Bayam

Ibu menyusui juga perlu untuk banyak mengonsumsi sayuran hijau, salah satunya bayam. Jenis sayuran ini memiliki banyak kandungan zat besi, sehingga baik untuk konsumsi sehari-hari.

Selain itu, mengonsumsi bayam juga bisa membantu meningkatkan produksi ASI. Pasalnya, kadar zat besi yang rendah pada darah terbukti bisa menurunkan produksi air susu ibu.

3. Oatmeal

Ibu juga bisa mengonsumsi oatmeal untuk meningkatkan produksi ASI. Makanan ini memiliki kandungan seperti serat, kalsium, zat besi, dan juga vitamin.

Kandungan nutrisi tersebut bisa membantu meningkatkan produksi ASI serta bisa membantu menurunkan rasa cemas dan depresi yang bisa memicu terhambatnya produksi ASI.

Selain untuk booster ASI, ibu juga bisa mencari tahu tentang Manfaat Memberi Oatmeal untuk MPASI Bayi.

4. Bawang putih

Ternyata, bawang putih juga bisa ibu manfaatkan sebagai booster ASI. Bawang putih memiliki kandungan yang bermanfaat untuk tubuh dan bisa menyehatkan. Tidak hanya itu, meski bawang putih memiliki aroma yang menyengat, ternyata bayi menyukainya.

Hal ini malah bisa membuat bayi menyusu lebih lama sehingga merangsang tubuh untuk terus memproduksi ASI. Meski begitu, efek dari bawang putih sebagai booster ASI bisa berbeda-beda antara satu bayi dengan yang lainnya. 

5. Fenugreek

Kamu mungkin mengenal fenugreek sebagai kelabat, bumbu penyedap makanan yang ternyata banyak khasiatnya. Bahan makanan ini ternyata bisa membantu melancarkan ASI secara alami.

Maka dari itu, ibu menyusui bisa rutin mengonsumsi jenis biji-bijian yang satu ini karena sudah terbukti bisa membantu meningkatkan jumlah produksi ASI setelah kamu konsumsi.

Itulah beberapa jenis makanan yang bisa ibu menyusui konsumsi sebagai booster ASI. Kalau ibu masih memiliki pertanyaan tentang kesehatan ibu saat masa menyusui, jangan ragu konsultasi online dengan hubungi dokter melalui aplikasi Halodoc.

Sekarang kamu bisa berkonsultasi dengan praktis kapan saja dan dari mana saja. Tunggu apa lagi? Ayo download Halodoc sekarang juga!

chat dokter untuk tahu makanan yang baik untuk ASI booster
Referensi: 
Very Well. Diakses pada 2023. Foods to Increase Breast Milk Supply.
Parenting. Diakses pada 2023. How to Increase Milk Supply. 
Parents. Diakses pada 2023. 5 Foods That Could Help Increase Your Breast Milk Supply.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan