Makanan yang Baik untuk Kesehatan Gigi dan Mulut Anak

Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   11 September 2020
Makanan yang Baik untuk Kesehatan Gigi dan Mulut AnakMakanan yang Baik untuk Kesehatan Gigi dan Mulut Anak

Halodoc, Jakarta - Menjaga kesehatan gigi dan mulut anak bukan hanya dilakukan dengan menggosok gigi saja, tetapi juga bisa dilakukan dengan mengonsumsi makanan sehat. Nah, berikut sejumlah makanan sehat yang dapat ibu berikan guna menjaga kesehatan gigi dan mulut anak:

1.Telur

Sudah tidak diragukan lagi juga telur memiliki sejumlah makanan baik bagi tubuh, salah satunya adalah menjaga kesehatan gigi dan mulut. Makanan sehat yang satu ini merupakan sumber kalsium, protein, dan vitamin D. Selain baik untuk kesehatan mulut, kandungan dalam telur juga dapat menyerap kalsium yang dapat mempertahankan gigi menjadi lebih kuat.

2.Apel

Tahukah ibu jika dengan rutin mengonsumsi buah apel dapat mengatasi gigi berlubang pada anak? Bukan hanya apel saja, mengonsumsi buah-buahan dengan kandungan tinggi serat dapat menghilangkan plak pada gigi, sehingga gigi berlubang dapat dicegah. Selain mengandung serat tinggi, apel juga kaya dengan vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh.

Baca juga: Pentingnya Mengajarkan Kesehatan Gigi dan Mulut pada Anak

3.Kacang dan Biji-Bijian

Anak suka sekali mengonsumsi camilan? Coba untuk mengubah camilan menjadi lebih sehat, yaitu dengan memberikannya kacang dan biji-bijian. Kedua jenis makanan sehat tersebut mengandung tinggi kalsium dan fosfor yang dapat melindungi kesehatan gigi. Jenis kacang yang dapat dikonsumsi adalah kacang almond, kacang tanah, dan kacang mete.

4.Susu, Keju, dan Yoghurt

Susu, keju, dan yoghurt merupakan makanan yang mengandung kalsium, kasein, dan fosfor, yang dapat melindungi email gigi. Selain itu, bahan-bahan alami tersebut juga dapat menetralisir asam yang dihasilkan oleh bakteri penyebab plak.

5.Sayuran Hijau

Sayuran hijau seperti brokoli merupakan makanan sehat yang kaya akan vitamin dan mineral yang baik dikonsumsi bagi kesehatan mulut. Asam folat yang ditemukan dalam sayuran hijau seperti bayam, dapat membantu meningkatkan kesehatan gigi dan gusi.

6.Seledri dan Wortel

Wortel mengandung banyak air. Jika sering dikonsumsi, wortel akan menggosok permukaan gigi dan mampu menghilangkan plak. Air dan serat dalam wortel mampu menyeimbangkan gula dan membantu membersihkan gigi. Sama halnya dengan wortel, seledri memiliki banyak serat yang baik untuk kesehatan gigi.

Baca juga: Pentingnya Mengajarkan Anak Menjaga Kesehatan Mulut dan Gigi

Makanan sehat bukanlah satu-satunya yang harus ibu perhatikan guna menjaga kesehatan gigi dan mulut anak. Ibu juga perlu membiasakan anak untuk mengonsumsi banyak air putih untuk mencegah mulut kering. Air putih bekerja dengan memicu produksi air liur, sehingga risiko kerusakan gigi dapat menurun. Hal yang paling penting adalah mengajarkan anak untuk rajin menyikat gigi.

Menyikat gigi minimal dilakukan sebanyak dua kali dalam sehari, yaitu selama dua menit. Bukan hanya gigi saja yang perlu dibersihkan, lidah pun perlu. Untuk membersihkan lidah, ibu dapat mengajarkan Si Kecil dengan menyikat lembut lidah guna membersihkan sisa-sisa kotoran yang menempel. Jangan lupa untuk mengganti sikat gigi setiap 3 bulan sekali, ya!

Baca juga: 6 Kebiasaan Ini Bisa Bantu Menjaga Kesehatan Mulut dan Gigi

Hal yang tidak kalah penting dan wajib dilakukan adalah memeriksakan gigi dan mulut ke dokter gigi di rumah sakit terdekat setiap 6 bulan sekali. Memeriksakan gigi ke dokter secara rutin merupakan salah satu langkah ampuh dalam menjaga kesehatan gigi dan mulut anak. Jika terdapat masalah pada gigi yang terdeteksi saat perawatan, maka dokter dapat mengatasinya segera.



Referensi:
Cleveland Clinic. Diakses pada 2020. Nutrition and Your Child's Dental Health.
Live Well. Diakses pada 2020. Best and Worst Foods for Healthy Children's Teeth.
WebMD. Diakses pada 2020. Nutrition and Your Child's Teeth.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan