Manfaat Air Kelapa saat Alami Penyakit Asam Lambung

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   10 Agustus 2021

“Penyakit asam lambung bisa menimbulkan sejumlah gejala yang tidak nyaman saat kambuh. Nah, minum air kelapa dipercaya bisa membantu meredakan gejala tersebut, sehingga pengidap bisa merasa lebih baik. Hal itu berkat kandungan dalam air kelapa yang bisa mengurangi asam di perut dan menyeimbangkan pH.”

Manfaat Air Kelapa saat Alami Penyakit Asam LambungManfaat Air Kelapa saat Alami Penyakit Asam Lambung

Halodoc, Jakarta – Bukan tanpa alasan air kelapa menjadi minuman favorit banyak orang. Selain menyegarkan, minum air kelapa juga diketahui bisa memberi banyak manfaat kesehatan. Salah satunya adalah meredakan gejala asam lambung.

Ya, air kelapa merupakan salah satu minuman yang baik bagi pengidap asam lambung. Kandungan alami yang ada dalam minuman tersebut bisa membantu kamu untuk merasa lebih baik saat penyakit tersebut kambuh. Yuk, simak manfaat air kelapa untuk penyakit asam lambung lebih jauh di sini.

Manfaat Air Kelapa untuk Asam Lambung

Penyakit asam lambung adalah penyakit yang umum yang bisa dialami siapa saja, baik anak-anak maupun orang dewasa. Penyakit tersebut disebabkan karena sfingter esofagus bagian bawah mengendur atau terlalu sering terbuka, sehingga asam yang diproduksi oleh lambung bisa naik kembali ke kerongkongan. Hal ini bisa menyebabkan gejala berupa rasa tidak nyaman di dada dengan sensasi seperti terbakar yang disebut heartburn. Bila penyakit asam lambung terjadi lebih dari dua kali dalam seminggu, kamu mungkin mengidap penyakit gastroesophageal reflux disease (GERD).

Ketika asam lambung kambuh, kamu dianjurkan untuk menghindari makanan atau minuman yang mengandung asam. Sebab, hal itu bisa memperparah gejala. Sebaliknya, kamu dianjurkan untuk mengonsumsi makanan netral atau basa yang bisa membantu mengurangi gejala asam lambung dan menetralkan pH tubuh kamu.

Nah, air kelapa secara alami merupakan cairan alkali yang bisa membantu mengurangi asam di perut dan menjaga pH tubuh agar tidak terlalu asam. Minuman ini merupakan sumber yang baik dari elektrolit bermanfaat seperti potasium.

Elektrolit ini berperan dalam menjaga keseimbangan pH tubuh yang sangat penting untuk mengendalikan asam lambung. Itulah mengapa air kelapa tanpa tambahan gula baik untuk pengidap asam lambung karena bisa meredakan gejala.

Manfaat Kesehatan Lain Air Kelapa

Selain bisa meredakan penyakit asam lambung, air kelapa juga memiliki banyak manfaat kesehatan lainnya.

Bila kamu suka mengonsumsi minuman yang berasa, tetapi ingin mencari alternatif yang rendah kalori, air kelapa adalah pilihan yang baik. Dengan hanya 45 kalori per delapan ons, kamu bisa minum lebih banyak air kelapa dengan kalori yang lebih sedikit daripada jus atau minuman olahraga lainnya. Air kelapa juga memiliki lebih sedikit karbohidrat dan gula daripada minuman lainnya, sehingga bisa menjadi pilihan yang baik bagi kamu yang sedang menjaga atau menurunkan berat badan.

Tidak hanya itu saja, kandungan potasium dalam kelapa yang cukup tinggi juga bisa membantu mencegah kram otot dan menjaga tubuh kita berfungsi dengan baik. Tahukah kamu bahwa satu gelas yang berisi 8 ons air kelapa mengandung potasium sebanyak pisang berukuran sedang lho! Jadi, bila kamu sering mengalami kram otot atau kekurangan kalium, cobalah untuk minum air kelapa secara teratur.

Air kelapa juga menjadi minuman yang sering dikonsumsi oleh para atlet atau orang yang sering berolahraga. Hal ini bukan tanpa alasan. Selain sebagai alternatif minuman olahraga yang enak, air kelapa juga mengandung asam amino esensial. Kandungan ini diperlukan untuk memperbaiki jaringan dan merupakan bahan pembentuk protein dalam tubuh manusia.

Air kelapa mengandung asam amino yang lebih banyak dari susu sapi. Minuman ini kaya akan arigin, yaitu asam amino yang membantu tubuh merespons stres seperti stres fisik setelah melakukan olahraga yang berat.

Nah, itulah berbagai manfaat kesehatan air kelapa yang salah satunya bisa meredakan asam lambung. Penyakit ini sebenarnya bisa diatasi secara alami dengan melakukan perubahan gaya hidup, seperti makan dalam porsi kecil, tidak langsung berbaring setelah makan, tidak merokok, dan tidak mengonsumsi makanan pemicu asam lambung.

Namun, bila kamu sering mengalami asam lambung atau gejala yang kamu rasakan parah, coba bicarakan saja ke dokter melalui aplikasi Halodoc. Melalui Video/Voice Call dan Chat, dokter ahli dan terpercaya bisa memberi kamu saran kesehatan dan meresepkan obat yang tepat. Yuk, download aplikasinya sekarang juga di App Store dan Google Play.

Referensi:
WebMD. Diakses pada 2021. What Is Acid Reflux Disease?.
Food Faq. Diakses pada 2021. Is Coconut Water Good For Acid Reflux?.
Healthline. Diakses pada 2021. What to Drink for Acid Reflux

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan