Manfaat Bermain di Playground untuk Tumbuh Kembang Anak

5 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   10 Maret 2023

“Memperbolehkan anak bermain di playground atau bermain bersama anak di taman dapat memiliki berbagai kelebihan. Manfaatnya ini dari mulai fisik hingga mental.”

Manfaat Bermain di Playground untuk Tumbuh Kembang AnakManfaat Bermain di Playground untuk Tumbuh Kembang Anak

Halodoc, Jakarta – Masa kanak-kanak adalah waktu yang penting untuk memerhatikan pertumbuhan si buah hati. Setiap kegiatan yang anak lakukan dapat menjadi kesempatan untuk mereka belajar hal baru sambil bersenang-senang.

Mengajak mereka bermain di playground adalah salah satu cara kreatif untuk mendorong tumbuh kembang anak. Tidak hanya menyenangkan, bermain di playground juga dapat membantu anak meningkatkan berbagai keterampilan yang krusial untuk pertumbuhan.

Memperbolehkan anak bermain di playground atau langsung bermain bersama orang tua dapat memiliki berbagai kelebihan untuk kesehatan anak. 

Baca juga: Ini Kemampuan Motorik Balita Usia 1–2 Tahun

Manfaat Bermain di Indoor Playground bagi Anak

Berikut ini manfaat-manfaat playground bagi pertumbuhan anak:

1. Meningkatkan kemampuan motorik anak

Kemampuan motorik adalah salah satu keterampilan yang harus diasah sedini mungkin. Anak membutuhkan kemampuan kemampuan motorik untuk melakukan aktivitas sehari-hari, mulai dari berjalan, bermain, hingga makan dan minum.

Indoor playground adalah cara yang efektif untuk melatih kemampuan motorik anak dengan aman. Permainan yang ada di dalam playground dapat mendorong tumbuh kembang anak mulai dari otak hingga otot. Cara ini juga menjamin bahwa anak-anak akan tetap merasa terhibur.

2. Melatih komunikasi dan keahlian bersosialisasi

Indoor playground yang bersih dan nyaman juga dapat menjadi area bagi anak untuk bersosialisasi dengan anak lain. Mereka dapat berlatih berbagi, berbicara, dan juga berinteraksi dengan teman sebaya.

Dalam jangka panjang, kemahiran bersosialisasi dapat membantu mereka dalam bergaul dan juga lebih berempati terhadap orang lain.

3. Kesempatan quality time dengan keluarga

Sebagai pengasuh utama, orang tua memiliki kemampuan terbesar untuk mempengaruhi pola pikir anak selama masa pertumbuhan awal. Interaksi orang tua dengan anak yang positif dan berkualitas dapat memberikan pengaruh baik untuk tumbuh kembang anak.

Bermain di playground menjadi cara yang menyenangkan dan kreatif untuk mengisi waktu luang bersama anak.

Bermain bersama anak dapat memberikan waktu bagi orang tua untuk meningkatkan hubungan emosional. Dengan begitu, anak juga dapat tumbuh dengan perilaku yang lebih baik dan kesehatan mental yang lebih stabil.

4. Membentuk ketahanan tubuh anak

Bermain di playground adalah bentuk aktivitas fisik yang termasuk sarana stimulasi anak. Alat dan permainan yang ada di playground dapat beraksi sebagai olahraga dapat mengasah daya tahan tubuh. 

Dengan olahraga, anak memiliki potensi lebih kecil untuk jatuh sakit. Hal ini dikarenakan keringat yang dihasilkan selama beraktivitas fisik beraksi sebagai medium untuk mengeluarkan bakteri yang ada di dalam tubuh. Selain itu, peningkatan temperatur tubuh selama beraktivitas juga dapat mencegah bakteri tumbuh di dalam tubuh.

Baca juga: 7 Mainan Bayi yang Mampu Tingkatkan Kecerdasan

Optimalkan Tumbuh Kembang Anak dengan Bermain di Indoor Playground

Nah, tertarik untuk mengajak anak bermain playground? Ajak Si Kecil mengunjungi Playtopia!

Playtopia menghadirkan indoor playground bersih dan nyaman untuk dikunjungi oleh anak umur 2–14 tahun. Tidak perlu khawatir bagi orang tua yang ini mendampingi si buah hati, orang dewasa minimal usia 18 tahun juga bisa ikut masuk ke dalam playground. Orang tua dapat memantau stimulasi tumbuh kembang anak melalui wahana-wahana yang menarik.

Anak dapat bermain di berbagai wahana seperti Ball Pool atau Sand Pool yang melatih keterampilan motorik dan kognitif. Selain itu, juga terdapat area Pretend Play di mana anak dapat berimajinasi dan bermain peran sesuai dengan yang mereka inginkan.

Tentu saja, permainan seperti ini dapat meningkatkan kreativitas anak. Untuk melatih fisik anak, terdapat pula wahana yang lebih menantang, seperti wahana memanjat, halang rintang, dan trampolin.

Tidak perlu khawatir bagi ibu dan ayah yang ingin membawa anaknya bermain playground, karena Playtopia memiliki 19 lokasi di penjuru Indonesia.

Catat beberapa lokasi Playtopia yang dapat ditemukan di Gandaria City Jakarta, Lotte Shopping Avenue, Pluit Village, Pesona Square Depok, Green Sedayu Mall, Pakuwon Mall Surabaya, PIK Avenue, AEON Mall BSD City, Palembang Icon, dan masih banyak lagi. 

Baca juga: Cegah Kecanduan Gadget, Ini Rekomendasi 5 Permainan untuk Balita

Sementara itu, jika ibu ingin memantau tumbuh kembang anak lebih jauh, jangan ragu untuk bertanya pada ahli di bidangnya, seperti menghubungi dokter anak melalui aplikasi Halodoc

Praktis bukan? Tunggu apa lagi? Ayo download Halodoc sekarang!

Referensi: 
MedlinePlus. Diakses pada 2023. Exercise and immunity.
Verywellfamily. Diakses pada 2023. Fine and Gross Motor Skills in Children.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan