7 Mainan Bayi yang Mampu Tingkatkan Kecerdasan Anak

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   29 Desember 2022

“Ada berbagai mainan bayi yang tidak hanya seru untuk dimainkan, tapi juga bisa meningkatkan kecerdasan mereka. Misalnya seperti menumpuk cincin, bermain drama, flash cards, dan masih banyak lagi.”

7 Mainan Bayi yang Mampu Tingkatkan Kecerdasan Anak7 Mainan Bayi yang Mampu Tingkatkan Kecerdasan Anak

Halodoc, Jakarta – Selain tidur dan makan, bayi menghabiskan sebagian besar waktunya untuk bermain. Nah, ternyata kegiatan ini bukan hanya sekadar untuk hiburan saja lho, tapi juga bermanfaat untuk meningkatkan kecerdasan anak.

Ketika ibu melihat ekspresi konsentrasi di wajah Si Kecil saat ia mencoba memasukkan balok persegi ke dalam lubang persegi, atau menangkap bola di udara, ibu akan tahu bahwa bermain bukan hanya tentang bersenang-senang saja. 

Aktivitas ini juga bisa melatih daya pikir anak, kemampuan motoriknya, dan lain-lain. Pertanyaannya apa saja jenis mainan bayi yang mampu meningkatkan kecerdasannya?

Berbagai Macam Mainan Bayi yang Bisa Meningkatkan Kecerdasan

Bermain bisa memenuhi kebutuhan anak untuk menggunakan imajinasinya, bereksplorasi, berpura-pura, dan berbagi. Mainan tidak hanya menyenangkan, tapi juga bisa menjadi alat yang efektif untuk membuat anak cerdas, dan membantu mengembangkan keterampilan yang dibutuhkannya untuk menjadi dewasa nanti.

Berikut berbagai macam mainan bayi yang baik untuk meningkatkan kecerdasan:

1. Menumpuk cincin

Mainan bayi yang klasik ini terdiri dari kerucut dengan sejumlah cincin berwarna-warni dengan ukuran yang berbeda. Pada awalnya, bayi mungkin senang memegang dan memainkan cincin tersebut. Kemudian, mereka bisa melatih keterampilan motorik halus dengan memasukkan cincin ke dalam kerucut. Anak-anak juga bisa belajar tentang warna dan berhitung ketika ibu mengajaknya untuk menghitung cincin warna-warni tersebut saat menumpuknya.

2. Mainan yang mendorong permainan drama

Misalnya, peralatan dapur atau dokter, mainan rumah, kendaraan, hewan dan lain-lain yang bisa digunakan untuk menciptakan sebuah drama yang mirip dengan kehidupan nyata. Dengan mainan tersebut, anak bisa berpura-pura menjadi seorang ibu yang menyisiri bonekanya sebagai anak, atau menggerakkan mainan hewan beserta dengan suaranya, dan lain-lain. Hal ini bisa membantu anak mengembangkan idenya sendiri tentang dunia.

3. Flash cards

Flash cards adalah cara yang sederhana sekaligus menyenangkan bagi anak untuk belajar. Hal itu karena mainan tersebut bisa membantu anak mengidentifikasi suatu hal, seperti nama-nama binatang, angka, dan lain-lain, dengan cara pengulangan. Bahkan flash cards juga memungkinkan anak-anak berlatih dengan mudah, tanpa bantuan orang tua. 

Jadi, bila ibu ingin mengajarkan Si Kecil suatu bidang, kartu flash cards adalah cara yang bagus untuk melakukannya. Ibu bisa dengan mudah membuatnya sendiri atau membelinya berdasarkan topik pembelajaran yang diinginkan.

4. Mainan dorong-tarik

Mainan bayi ini membantu keseimbangan dan perkembangan otot besar saat Si Kecil mulai belajar berjalan. Semakin banyak bayi mendorong dan menarik, semakin mereka melatih otot yang diperlukan untuk berlari dan memanjat. Kemudian, di masa balita, anak-anak bisa menggunakan mainan tersebut untuk membantu mengontrol kecepatan mereka yang meningkat.

5. Bola

Baik dipantulkan, dilempar, atau ditangkap, bola bisa mendorong keterampilan motorik kasar anak, koordinasi tangan dan mata, serta ketangkasan mereka.

6. Mainan pemilah bentuk

Mainan kotak dengan lubang untuk balok dengan berbagai bentuk bisa menantang koordinasi tangan dan mata, serta keterampilan memecahkan masalah.

7. Mainan mekanik

Mainan bayi pop up dan kotak bermain yang lengkap dengan tombol untuk dipencet, tuas untuk ditarik, dan kancing untuk dipindah-pindahkan, bisa meningkatkan kecerdasan anak dengan mendorong keterampilan motorik halusnya dan pemecahan masalah.

Itulah beberapa mainan bayi yang bermanfaat untuk meningkatkan kecerdasan anak. Bila Si Kecil mengalami keterlambatan dalam perkembangannya atau memiliki masalah kesehatan lainnya, tidak usah khawatir. 

Coba hubungi saja dokter melalui aplikasi Halodoc. Melalui Video/Voice Call dan Chat, ibu bisa tanya dokter dan minta saran kesehatan pada dokter anak kapan saja dan di mana saja. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga.

Referensi:
Kids Health. Diakses pada 2022. Smart Toys for Every Age.
Baby Gaga. Diakses pada 2022. 10 Toys And Activities That Can Help Enhance Your Child’s Intelligence
Raise Smart Kid. Diakses pada 2022. How To Choose Toys To Make Kids Smarter.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan