• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Manfaat Essential Oil Geranium untuk Wajah dan Tubuh
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Manfaat Essential Oil Geranium untuk Wajah dan Tubuh

Manfaat Essential Oil Geranium untuk Wajah dan Tubuh

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 12 Oktober 2022

“Selain untuk aromaterapi, minyak geranium ternyata banyak digunakan juga untuk produk kecantikan. Minyak ini dipercaya efektif untuk mengatasi beberapa masalah pada kulit.”

Manfaat Essential Oil Geranium untuk Wajah dan TubuhManfaat Essential Oil Geranium untuk Wajah dan Tubuh

Halodoc, Jakarta – Minyak geranium banyak digunakan sebagai bahan dalam parfum dan kosmetik. Minyak ini digunakan dalam aromaterapi sebagai minyak esensial hirup yang menggunakan diffuser, atau diencerkan dengan minyak dan dioleskan ke kulit untuk menciptakan sensasi menenangkan.

Selain itu, minyak geranium ternyata banyak digunakan juga untuk produk perawatan wajah dan kulit. Minyak ini sejak dulu telah dipercaya membawa manfaat bagi wajah dan tubuh. Sebab, minyak ini mengandung sifat antioksidan, antibakteri, anti-inflamasi, antimikroba, dan astringent.

Berbagai Manfaat Minyak Geranium

Minyak geranium dapat tumbuh di banyak wilayah, termasuk Eropa dan Asia. Ada banyak jenis geranium dengan aroma yang segar. Setiap jenis akan memiliki aroma yang berbeda, tetapi untuk hal komposisi, manfaat, dan kegunaan setiap jenis tetap sama.

Nah, berikut beberapa manfaat geranium untuk wajah dan tubuh:

1. Mengurangi Kerutan dan Tanda Penuaan

Hadir dalam bentuk krim wajah, minyak geranium secara alami dapat mengencangkan kulit wajah. Ia juga terbukti secara dermatologis dalam mengurangi munculnya garis-garis halus dan kerutan. 

Pasalnya, secara alami, minyak ini bisa mengencangkan kulit tanpa mengurangi kelembapan dan kekenyalan. Alhasil, minyak ini dapat mengurangi banyak tanda umum penuaan kulit. Untuk mendapatkan hasil yang cepat dan maksimal, kamu harus menggunakan secara teratur dan idealnya digunakan bersama dengan campuran bahan lain.

2. Mengatasi Iritasi Kulit dan Membuatnya Lebih Berkilau

Karena minyak geranium mengandung anti-oksidan dan anti-inflamasi alami, minyak ini dapat secara aktif meningkatkan kesehatan kulit dan membuatnya lebih berkilau. Dengan menenangkan kulit yang teriritasi atau berjerawat, ini dapat melawan kulit yang terpengaruh oleh kondisi cuaca yang keras atau rentan terhadap jerawat.

Minyak ini sering digunakan untuk mengatasi dermatitis dan kondisi kulit yang merusak lainnya. Ini pun bisa membantu sel-sel kulit untuk beregenerasi secara alami, dan membuat kulit lebih bersih dan berkilau. 

3. Mengurangi Jaringan Parut dan Bekas Luka

Seseorang yang memiliki kulit sensitif akan rentan terhadap iritasi. Kulit mereka juga sering memunculkan tanda kemerahan yang mengganggu dan bintik-bintik jaringan parut akibat luka pada kulit.

Nah, karena minyak geranium adalah cicatrisant alami yang berguna untuk mempercepat penyembuhan luka dan membantu sel-sel kulit baru beregenerasi, maka minyak ini bisa membantu. Minyak ini dapat mengobati jaringan parut, bintik hitam, bekas jerawat, dan kulit terbakar. Minyak ini juga dapat digunakan dalam bentuk balsem, pembersih, atau pelembap.

4. Mengontrol Minyak Berlebih 

Bagi mereka yang mengidap kulit berminyak, minyak geranium telah terbukti mengurangi minyak berlebih dan membantu kesehatan kulit tetap terjaga. Antiseptik dan anti-oksidan dapat membuka pori-pori dan mengembalikan keseimbangan sebum alami di permukaan kulit. Oleh karena itu, ini bisa membantu kulit bernapas dan membuatnya tampak lebih segar dan lebih muda.

5. Mengatasi Depresi dan Kecemasan

Sifat aromaterapi geranium telah terbukti bekerja dengan baik. Minyak ini sangat efektif dalam mengobati kecemasan dan depresi. Bahkan, minyak ini banyak digunakan pada wanita hamil dan pasca-melahirkan untuk mengurangi kecemasan selama persalinan dan membantu melawan tanda-tanda depresi pasca-melahirkan.

6. Meningkatkan Sistem Pernapasan

Minyak geranium dapat mengatasi beberapa masalah sistem pernapasan seperti infeksi hidung dan tenggorokan karena mengandung beberapa bahan kimia yang memiliki efek antibiotik. Ketika digunakan pada hidung atau tenggorokan secara topikal, minyak ini memiliki efek menenangkan dan akan mengurangi rasa sakit.

Itulah pembahasan mengenai manfaat essential oil dari geranium untuk kesehatan kulit dan tubuh. Apabila kamu perlu berkonsultasi ke dokter, kamu bisa mengunjungi rumah sakit pilihan melalui aplikasi Halodoc. Tunggu apa lagi, yuk segera download Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Alex Carro. Diakses pada 2022. Geranium Oil.
Healthline. Diakses pada 2022. Geranium Oil Benefits.