Manfaat Gerakan Cobra Pose bagi Kesehatan Tulang Belakang

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   06 Februari 2023

“Gerakan cobra pose dapat memanjangkan tulang punggung ke belakang saat dilakukan. Hal ini kemungkinan besar akan melatih otot punggung dan membantu meringankan sakit punggung kronis.”

Manfaat Gerakan Cobra Pose bagi Kesehatan Tulang BelakangManfaat Gerakan Cobra Pose bagi Kesehatan Tulang Belakang

Halodoc, Jakarta – Yoga dikenal sebagai salah satu latihan yang melibatkan olah pikiran dan tubuh. Dalam pelaksanaannya, ada berbagai pose dalam yoga yang menggabungkan berbagai aspek. Mulai dari postur fisik, teknik pernapasan, dan meditasi atau relaksasi. Kombinasi beberapa aspek tersebut bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan mental dan fisik. Setiap pose dalam yoga juga diklaim memiliki manfaatnya masing-masing bagi tubuh. Salah satunya adalah pose kobra atau cobra pose yang diyakini bermanfaat bagi kesehatan tulang belakang. 

Bagaimana Cara untuk Melakukan Pose ini?

Sebelum mengetahui manfaatnya, ketahuilah bagaimana langkah cobra pose dilakukan, yaitu: 

  • Mulailah dengan berbaring telungkup.
  • Arahkan jari-jari kaki ke belakang dan letakkan tangan di bawah bahu.
  • Jaga siku dekat dengan tulang rusuk.
  • Tarik napas dan tekan telapak tangan ke lantai saat mengangkat dada dari lantai.
  • Tekuk siku sedikit dan peluk ke samping.
  • Tarik perut ke dalam dan putar bahu Anda ke bawah dan ke belakang.
  • Jaga agar leher tetap netral dan pandangan ke atas.
  • Buang napas dan kembali untuk memulai.

Manfaat Cobra Pose bagi Kesehatan Tulang Belakang

Gerakan cobra pose dapat memanjangkan tulang punggung ke belakang saat dilakukan. Hal ini kemungkinan besar akan melatih otot punggung. Jika kamu mengikuti petunjuknya dengan hati-hati, pose ini juga bermanfaat dalam memperkuat otot panggul, serta otot perut bagian bawah. Selain itu, cobra pose juga diklaim dapat membantu meringankan sakit punggung kronis. Sebab, gerakan olahraga yoga ini adalah bentuk peregangan yang luar biasa untuk tulang belakang dan dada tubuh. 

Hal ini berdasarkan studi yang dilakukan pada  2016 silam. Studi ini menjelaskan bahwa berlatih yoga selama 12 minggu dapat membantu memperbaiki nyeri punggung bawah. Para partisipan dari penelitian ini juga mencatat kecemasan terkait rasa sakit yang lebih rendah. 

Tak Hanya Bermanfaat untuk Tulang Belakang

Selain kesehatan tulang belakang, cobra pose juga diklaim dapat memberikan sejumlah manfaat kesehatan lainnya, yaitu: 

1. Dapat Membantu Mengelola Gejala Depresi

Latihan yoga jangka panjang memiliki beberapa manfaat kesehatan mental yang terbukti. Nah studi yang dipublikasikan pada Plos One Journal pada 2017 silam, menemukan hasil menarik. Studi ini dilakukan dengan meminta para partisipannya untuk menyelesaikan program yoga Hatha yang mencakup cobra pose dua kali seminggu. Setelah 8 minggu, peserta mengalami perbaikan gejala depresi ringan hingga sedang.

2. Dapat Mengurangi Peradangan

Pose Cobra dapat membantu memerangi peradangan kronis. Lantaran satu penelitian kecil menemukan bahwa berlatih yoga 5 kali seminggu selama 8 minggu sangat membantu mengurangi peradangan pada orang dengan rheumatoid arthritis. Ada juga kemungkinan Pose Cobra dapat mengurangi peradangan pada pengidap kanker. Hal ini berdasarkan sebuah studi pada 2014 dengan memiliki 200 penyintas kanker payudara menghadiri kelas yoga 90 menit dua kali seminggu. Setelah 12 minggu, para peserta menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam peradangan mereka.

3. Meningkatkan Kualitas Tidur

Latihan cobra pose secara teratur diklaim dapat membantu seseorang untuk tidur dengan lebih baik. Sebuah studi kecil menemukan bahwa yoga membantu meningkatkan kualitas tidur pada wanita dengan diabetes tipe 2.  Pose cobra pun dianggap bekerja lebih baik daripada latihan aerobik dalam meningkatkan kualitas tidur. Studi tahun 2014 lainnya menemukan bahwa yoga yang konsisten selama 18 minggu membantu orang dengan menopause untuk tidur.

Itulah manfaat cobra pose bagi kesehatan tulang belakang dan manfaat lainnya pada tubuh. Meski cobra pose secara umum aman untuk dilakukan, penting untuk melakukannya secara berhati-hati. Jika saat melakukannya kamu mengalami cedera, segeralah periksakan kondisimu. 

Nah melalui aplikasi Halodoc kamu bisa membuat janji medis di rumah sakit untuk memeriksakan kesehatan. Tentunya tanpa perlu mengantre atau menunggu lama. Jadi tunggu apa lagi? Yuk download Halodoc sekarang juga!

Referensi: 
Verywell Health. Diakses pada 2023. Yoga Cobra Pose Modifications for Back Pain. 
Greatist. Diakses pada 2023. The Ultimate Guide to Cobra Pose. 
Plos One Journal. Diakses pada 2023. Treating major depression with yoga: A prospective, randomized, controlled pilot trial. 
NIH. Diakses pada 2023. Effect of an 8-Week Yoga-Based Lifestyle Intervention on Psycho-Neuro-Immune Axis, Disease Activity, and Perceived Quality of Life in Rheumatoid Arthritis Patients: A Randomized Controlled Trial. 
NIH. Diakses pada 2023. Yoga’s Impact on Inflammation, Mood, and Fatigue in Breast Cancer Survivors: A Randomized Controlled Trial. 
NIH. Diakses pada 2023. A Randomized Controlled Trial to Assess Pain and Magnetic Resonance Imaging-Based (MRI-Based) Structural Spine Changes in Low Back Pain Patients After Yoga Practice. 

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan