• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Manfaat Jalan Kaki Sesudah Sahur
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Manfaat Jalan Kaki Sesudah Sahur

Manfaat Jalan Kaki Sesudah Sahur

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 25 Maret 2022

“Jalan kaki sesudah sahur bisa meredakan tingkat stres yang kamu alami. Selain itu, olahraga ini juga bermanfaat untuk meningkatkan imun tubuh, memperbaiki suasana hati, hingga meningkatkan energi.”

Manfaat Jalan Kaki Sesudah Sahur

Halodoc, Jakarta – Memasuki bulan Ramadan, umat Islam akan menjalankan ibadah puasa. Berbuka puasa dan sahur menjadi pola makan baru untuk dijalankan. Selain memastikan asupan makanan dan cairan dapat memenuhi kebutuhan tubuh, kamu juga melakukan olahraga ringan untuk meningkatkan kesehatan tubuh selama menjalani ibadah puasa.

Ada berbagai jenis olahraga ringan yang bisa dilakukan, salah satunya dengan berjalan kaki. Kamu bisa melakukan olahraga ini setelah menjalani sahur pada pagi hari. Dengan begitu kamu dapat merasakan manfaat dari olahraga ini, misalnya menurunkan tingkat stres yang dirasakan. Yuk, simak ulasannya dalam artikel ini!

Jalan Kaki Sesudah Sahur Bisa Usir Stres

Melakukan olahraga saat berpuasa mungkin saja dilakukan. Kamu bisa melakukan olahraga ringan menjelang berbuka atau setelah sahur. Banyak manfaat yang bisa kamu rasakan saat kamu berolahraga setelah sahur. 

Pada waktu sahur, kamu masih bisa mendapatkan udara yang segar, tidak terpapar polusi, dan cuaca yang belum begitu terik. Sehingga olahraga yang kamu lakukan tidak terlalu menguras energi, apalagi kamu sedang menjalankan ibadah puasa.

Lalu, mengapa jalan kaki sesudah sahur bisa mengusir stres? Ketika berjalan kaki, tubuh dapat meningkatkan hormon endorfin. Hormon ini menjadi salah satu hormon yang dapat mengurangi gejala depresi dan mengurangi hormon stres. 

Sangat baik jika dilakukan setelah sahur, sehingga kamu bisa merasakan manfaat dari hormon endorfin selama kamu menjalankan ibadah puasa. Kamu bisa menjalani puasa dengan tenang. Sehingga, ibadah kamu akan berjalan dengan lancar serta badan kamu juga akan tetap sehat dan bugar.

Manfaat Jalan Kaki Sesudah Sahur

Bukan hanya menurunkan tingkat stres yang kamu rasakan, ada berbagai manfaat lainnya yang bisa kamu rasakan ketika rutin melakukan jalan kaki sesudah sahur selama bulan Ramadan. 

  1. Meningkatkan Energi

Memulai hari dengan berjalan kaki membantu kamu meningkatkan energi selama satu hari untuk beraktivitas. Dengan begitu, kamu akan lebih semangat menjalani ibadah puasa ditengah kesibukan aktivitas sehari-hari.

Melansir dari Physiology and Behavior, 10 menit berjalan kaki khususnya berjalan melalui anak tangga dapat meningkatkan energi lebih baik dibandingkan dengan mengonsumsi kopi di pagi hari. 

Jadi, kita kamu merasa kelelahan atau lemas saat bangun pagi, tidak ada salahnya mencoba untuk berjalan kaki di sekitar rumah.

  1. Membuat Suasana Hati Menjadi Lebih Baik

Bukan hanya menurunkan stres, jalan kaki sesudah sahur juga bisa membuat suasana hati menjadi lebih baik. Hal ini bisa meningkatkan rasa percaya diri hingga menurunkan rasa cemas yang kamu rasakan.

Untuk hasil yang maksimal, cobalah jalan kaki sesudah sahur selama 5 hari dengan durasi jalan kaki 30 menit. Tidak perlu terlalu jauh, kamu bisa berjalan kaki di halaman rumah.

  1. Meningkatkan Imun Tubuh

Selama berpuasa, kamu perlu memastikan imun tubuh dalam kondisi yang optimal. Kamu bisa jalan kaki sesudah sahur untuk membantu meningkatkan imun tubuh.

Imun tubuh yang rendah dapat memicu berbagai gangguan kesehatan. Tentunya keluhan kesehatan yang kamu rasakan bisa mengganggu ibadah puasa yang akan dijalani. Jadi, tidak ada salahnya lakukan jalan kaki sesudah sahur secara rutin.

Kamu bisa bertanya pada dokter melalui aplikasi Halodoc jika mengalami keluhan kesehatan selama menjalankan ibadah puasa. Yuk, download aplikasi Halodoc untuk mengetahui penanganan pertama dari keluhan kesehatan yang kamu rasakan.

Referensi:

Physiology and Behavior. Diakses pada 2022. Stair Walking is More Energizing Than Low Dose Caffeine in Sleep Deprived Young Women.
Healthline. Diakses pada 2022. The Benefits of Starting Your Day with a Walk.
Firstcry Parenting. Diakses pada 2022. 25 Surprising Health Benefits of Morning Walks.
Diperbarui pada 25 Maret 2022.