• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Manfaat Kayu Manis untuk Pengidap Diabetes

Manfaat Kayu Manis untuk Pengidap Diabetes

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani

Halodoc, Jakarta - Diabetes adalah salah satu penyakit yang dapat disebabkan oleh kebiasaan makan yang tidak terkontrol dan jarang berolahraga. Gangguan ini ditandai dengan kadar glukosa yang tinggi di dalam darah dan dapat menyebabkan pengidapnya lebih sulit untuk sembuh setelah mengalami luka dan memar.

Sampai saat ini, diabetes belum bisa disembuhkan. Namun, beberapa cara bisa dilakukan untuk membantu menangani dan mengontrol diabetes. Salah caranya adalah dengan rutin mengonsumsi infused water kayu manis. Beberapa sumber menyatakan jika kandungan yang terdapat dalam kayu manis dapat membantu menurunkan kadar gula darah dalam tubuh. Untuk lebih lengkapnya, simak penjelasan berikut!

Baca juga: 5 Manfaat Infused Water bagi Tubuh

Kayu Manis Bisa Mengendalikan Kadar Gula Darah

Kayu manis banyak digunakan untuk menambah rasa dalam berbagai hidangan. Bumbu dapur ini ternyata juga baik untuk dikonsumsi oleh pengidap diabetes. Saat seseorang mengidap diabetes, tubuhnya tidak dapat memproduksi insulin yang cukup untuk mengolah glukosa, sehingga zat tersebut bertumpuk. Nah, dengan rutin mengonsumsi kayu manis, kadar gula dalam tubuh pun dapat terkontrol dengan baik.

Seseorang yang mengonsumsi kayu manis, tubuhnya akan mengalami peningkatan pelepasan insulin dari pankreas dan meningkatkan sensitivitasnya yang berguna untuk memproses glukosa. Selain itu, kayu manis juga dapat menurunkan laju masuknya glukosa ke dalam tubuh. Hal yang terakhir adalah kayu manis juga dapat meningkatkan sistem pencernaan, sehingga kadar gula dapat dicerna lebih baik dan tetap terkendali.

Untuk mendapatkan khasiatnya, salah satu cara terbaik mengonsumsi kayu manis adalah dengan membuatnya menjadi infused water. Caranya adalah rendam dua batang kayu manis tersebut ke sebuah botol air dan tinggalkan dalam waktu satu malam. Setelah itu, konsumsi cairan tersebut di pagi hari saat perut masih dalam keadaan kosong. Kamu juga dapat memanfaatkan kayu manis sebagai pengganti gula, lho. 

Baca juga: Waktu Paling Baik Mengonsumsi Infused Water

Manfaat Lain Kayu Manis

Selain baik untuk pengidap diabetes, beberapa manfaat lain bisa kamu dapatkan dengan rutin mengonsumsi kayu manis. Beberapa di antaranya adalah:

  1. Mengatasi Infeksi

Salah satu manfaat mengonsumsi kayu manis secara rutin adalah mengatasi infeksi secara alami. Beberapa penelitian menyatakan bahwa kandungan dalam kayu manis dapat efektif menghilangkan beberapa bakteri, termasuk H. Pylori yang dapat menyebabkan diare. 

  1. Menurunkan Kolesterol

Jika kamu mempunyai kebiasaan mengonsumsi makanan berlemak, kamu sebaiknya berhati-hati karena kolesterol bisa menumpuk di dalam tubuh. Apalagi jika kamu jarang berolahraga. Untuk membantu mengatasinya, kamu bisa mengonsumsi kayu manis dalam bentuk infused water. Dengan menjaga kadar kolesterol dalam tubuh, risiko untuk mengidap penyakit jantung pun akan berkurang.

  1. Melancarkan Sistem Pernapasan

Kayu manis juga termasuk salah satu rempah-rempah yang dapat melancarkan dahak dengan cara menghasilkan banyak air liur. Maka dari itu, jika kamu merasa sering mengalami batuk atau pilek, ada baiknya untuk mengonsumsi kayu manis secara rutin. Dengan begitu, kesehatan sistem pernapasanmu pun akan terjaga dengan lebih baik. 

Itulah sedikit pembahasan mengenai manfaat kayu manis yang baik untuk pengidap diabetes. Diabetes adalah salah satu penyakit yang sulit untuk disembuhkan, sehingga perubahan gaya hidup menjadi lebih sehat penting untuk dilakukan. Meski demikian, kayu manis hanya bermanfaat pada pengidap diabetes tahap awal. Pada pengidap diabetes tahap lanjut, kayu manis tidak membantu menurunkan kadar gula darah. Jadi, tidak dianjurkan memanfaatkan kayu manis ini sebagai obat tunggal. Obat-obat yang diresepkan oleh dokter tetap harus dikonsumsi.

Baca juga: Bisa Jadi Pemanis Infuse Water, Kenali 6 Manfaat Kayu Manis

Jika kamu mengalami masalah kesehatan, jangan ragu untuk membicarakannya dengan dokter di Halodoc untuk mendapatkan saran penanganan yang tepat. Diskusi dengan dokter di Halodoc dapat dengan mudah dilakukan kapan dan di mana saja. Enggak perlu ragu lagi, ayo download aplikasinya sekarang juga!

Referensi:
NDTV. Diakses pada 2020. 5 Effective Ways To Use Cinnamon (Dalchini) In Diabetes Diet.
Healthline. Diakses pada 2020. How Cinnamon Lowers Blood Sugar and Fights Diabetes.