5 Buah untuk Detoks Infused Water yang Mudah Ditemui

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
5 Buah untuk Detoks Infused Water yang Mudah Ditemui

Halodoc, Jakarta - Banyak hal yang harus dilakukan oleh seseorang yang ingin mendapatkan berat badan ideal. Selain berolahraga, kamu juga harus mengonsumsi makanan dan minuman yang rendah lemak dan kalori. Salah satu minuman yang memiliki kalori sangat sedikit dan bahkan tidak ada adalah infused water.

Infused water dapat menjadi solusi yang sehat untuk menurunkan berat badan, karena terbuat dari buah-buahan, sayur-sayuran, dan tanaman herbal. Berolahraga dan meminum infused water akan sangat cepat menghilangkan lemak di dalam tubuh. Berikut beberapa buah yang dapat kamu gunakan untuk membuat infused water.

Baca juga: 5 Manfaat Infused Water Bagi Tubuh

Buah untuk Campuran Infused Water yang Mudah Ditemui

Infused water adalah minuman yang berguna untuk detoksifikasi, sehingga racun yang berada di dalam tubuh akan hilang. Selain itu, tubuh kamu juga lebih sehat karena minuman tersebut dapat menghambat radikal bebas yang terkandung dalam udara akibat polusi.

Minuman ini memang terbilang mudah untuk dibuat, hanya perlu mencampurkan air dengan irisan buah, sayuran, atau rempah-rempah, kemudian direndam selama beberapa lama agar rasanya bercampur. Infused water juga membuat seseorang lebih banyak mengonsumsi cairan karena rasanya yang lebih nikmat.

Banyak jenis buah yang dapat kamu manfaatkan untuk membuat infused water. Bukan hanya buah yang mahal, buah yang mudah ditemukan dan relatif murah juga dapat kamu gunakan. Berikut buah yang terbilang mudah ditemukan untuk campuran infused water:

  1. Lemon

Buah pertama yang dapat kamu manfaatkan sebagai campuran minuman detoks tersebut adalah lemon. Kandungan dari buah tersebut dapat membersihkan tubuh dari racun, sehingga terasa lebih segar. Kamu hanya perlu memotong satu buah lemon dibagi menjadi beberapa bagian, lalu campurkan dengan air di dalam botol minum.

Baca juga: 2 Manfaat Infused Water Bagi Tubuh

  1. Mentimun

Buah lainnya yang dapat kamu manfaatkan sebagai campuran dari infused water adalah mentimun. Buah tersebut dapat menghasilkan rasa yang segar dan tidak mengubah rasa dari air ketika dicampurkan. Walau begitu, kamu harus memastikan kulit mentimun tetap bersih agar tidak ada kandungan pestisida saat meminumnya.

Mungkin kamu masih mempunyai hal-hal yang mengganjal di pikiran kamu tentang infused water, dokter dari Halodoc dapat membantu untuk menjawabnya. Kamu hanya perlu download aplikasi Halodoc di smartphone kamu! Selain itu, kamu juga dapat membeli obat secara online tanpa harus keluar dari rumah di aplikasi tersebut!

  1. Nanas

Buah lainnya yang nikmat untuk infused water dan relatif mudah ditemukan adalah nanas. Rasa yang khas dari buah tersebut dapat membuat kamu sangat suka untuk meminumnya. Walau begitu, nanas butuh waktu yang tidak sebentar untuk rasanya keluar ketika dicampurkan. Maka dari itu, kamu harus merendamnya selama 8 jam sebelum diminum.

  1. Semangka

Rasa manis yang terasa dari semangka dapat membuat kamu sangat menginginkan minuman tersebut. Buah ini dapat langsung menghasilkan rasa ketika dicampurkan dengan air sehingga tidak perlu berlama-lama untuk mengonsumsinya. Tenggorokan dan tubuh kamu akan merasakan kesegaran yang ditimbulkan.

Baca juga: Infused Water Mampu Turunkan Berat Badan, Mitos atau Fakta?

  1. Apel

Buah terakhir yang dapat kamu gunakan sebagai campuran infused water adalah apel. Untuk membuat infused water dengan campuran apel, kamu harus menyiapkan beberapa hal, seperti air dingin. Setelah potongan apel dicampurkan ke air dingin tersebut, kamu harus langsung menyimpannya di kulkas. Hal tersebut dilakukan untuk mencegah apel berubah warna menjadi cokelat.

Referensi:
Very Well Fit.Diakses pada 2019.Top 10 DIY Infused Detox Water Recipes
Lose Weight by Eating.Diakses pada 2019.Infused Water: The Ultimate Weight Loss Secret