• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 7 Manfaat Konsumsi Makanan Olahan Telur untuk Sahur

7 Manfaat Konsumsi Makanan Olahan Telur untuk Sahur

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani

Halodoc, Jakarta - Saat sahur, mengonsumsi makanan bergizi sangatlah disarankan. Hal ini agar selama menjalani puasa di siang hari, tubuh tetap fit dan berenergi. Salah satu makanan sehat yang telah lama dikenal memiliki banyak manfaat bagi tubuh adalah telur. Saking banyaknya manfaatnya, telur juga dijuluki sebagai salah satu superfood. 

Dibanding makanan sumber protein hewani lainnya, seperti daging sapi dan ayam, telur memang jauh lebih murah. Selain itu, telur juga sangat mudah dikreasikan menjadi berbagai olahan makanan. Itulah sebabnya makanan olahan telur sangatlah cocok dijadikan sebagai menu santap sahur. 

Baca juga: Pilihan Menu Sahur Sehat Saat Puasa

Ini Manfaat Konsumsi Telur saat Sahur

Berikut beberapa manfaat mengonsumsi makanan olahan telur saat sahur:

1. Mengandung Nutrisi yang Lengkap

Alasan pertama mengapa kamu harus sering makan telur saat sahur adalah karena nutrisinya yang sangat lengkap. Dalam setiap butirnya, terkandung vitamin A, vitamin B5, vitamin B12, vitamin K, vitamin D, vitamin E, kalsium, zinc, asam amino, fosfor, selenium, omega 3, serta folat. Kandungan nutrisi yang lengkap ini membuat telur masuk dalam kategori superfood. Dengan menyantap telur saat makan sahur, kamu bisa mendapatkan banyak sekali manfaat bagi tubuh ketika sedang berpuasa.

2. Menjaga Berat Badan

Menjaga berat badan di bulan puasa memang tidaklah mudah. Meski tidak makan dan minum seharian, ketika berbuka puasa dan sahur, biasanya apa yang ada di atas meja ingin segera kamu santap. Nah, daripada saat sahur kamu juga makan sembarangan, lebih baik perbanyak konsumsi telur saja. Sebab, kandungan asam amino dalam telur bisa membuat berat badan tetap terjaga.

Jika ingin lebih rendah kalori lagi, kamu bisa mengolahnya menjadi telur rebus. Dibanding telur yang digoreng, telur rebus lebih rendah kalori, karena tidak ada tambahan minyak saat mengolahnya. Selain itu, telur juga mengandung kolesterol baik yang bermanfaat bagi tubuh.

Baca juga: Kapan Waktu Terbaik untuk Makan Sahur?

3. Mudah Diolah

Kalau alasan yang satu ini tentu kamu sudah tahu, ya. Telur adalah bahan makanan yang mudah diolah menjadi hidangan apa saja. Mulai dari sunny side up, omelet, egg benedict, fuyunghai, hingga dijadikan olahan masakan Indonesia seperti telur balado, semur, opor, dan masih banyak lagi. Jadi, kamu tak perlu takut bosan mengonsumsi telur saat sahur, karena kamu tinggal mengganti-ganti jenis olahannya.

4. Membuat Kenyang Lebih Lama

Pernah dengar tentang skor satiety index? Skor ini adalah nilai yang menunjukkan kemampuan bahan makanan tertentu, untuk memberikan rasa kenyang lebih lama, sehingga bisa mengurangi asupan kalori yang berlebihan. Skor satiety index biasanya lebih tinggi pada jenis makanan berserat.

Meski tidak terlalu memiliki kandungan serat yang tinggi, telur adalah salah satu bahan makanan yang punya skor satiety index tinggi. Dengan begitu, mengonsumsi telur saat sahur dapat membuat kamu kenyang lebih lama selama berpuasa.

Telur juga tinggi protein dan asam amino, yang diperlukan tubuh untuk meningkatkan metabolisme tubuh. Hal ini dapat membantu memperbaiki sel-sel tubuh dan membuat proses pengubahan makanan menjadi energi meningkat. Hasilnya, tubuh jadi tidak mudah lemas saat berpuasa.

5. Mengurangi Rasa Lelah

Kandungan asam lemak omega 3, vitamin B, dan iodium dalam telur ternyata mampu mengurangi rasa lelah, letih, dan lesu akibat terlalu padatnya aktivitas yang dilakukan. Dengan menyantap telur saat sahur, suasana hati kamu juga bisa menjadi lebih baik, sehingga rasa lelah yang ada mendera tubuh menjadi hilang seketika.

Baca juga: Begini Pola Makan yang Sehat saat Sahur

6. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Selain mengandung lemak, kuning telur juga mengandung seng dan selenium, yang merupakan mineral penting untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Jadi, mengonsumsi telur saat sahur sangat baik menjaga tubuh dari serangan penyakit selama berpuasa.

7. Mengurangi Kembung

Kebiasaan makan yang buruk saat berbuka puasa sering kali menyebabkan perut kembung atau bergas, sehingga tidak nyaman saat puasa. Nah, mengonsumsi telur rebus sangat baik mengurangi kembung pada perut, karena seratnya membantu membersihkan perut dan melindungi ekosistem bakteri baik di dalam perut.

Itulah beberapa manfaat yang bisa didapatkan jika kamu mengonsumsi olahan telur saat sahur. Jangan lupa juga untuk emngimbanginya dengan konsumi berbagai makanan bergizi lainnya dan minum air putih yang cukup. Kalau tidak enak badan, segera download aplikasi Halodoc untuk berdiskusi dengan dokter lewat chat, kapan dan di mana saja.

Referensi:
NDTV Foods. Diakses pada 2020. Ramadan 2020: Foods to Eat At Suhoor To Remain Hydrated And Energised.
Healthy Muslimah. Diakses pada 2020. Best Food to Eat for Suhoor.
Healthline. Diakses pada 2020. Top 10 Health Benefits of Eating Eggs.