• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Manfaat Menu Vegan Ketika Berpuasa
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Manfaat Menu Vegan Ketika Berpuasa

Manfaat Menu Vegan Ketika Berpuasa

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc : 23 Mei 2018
Manfaat Menu Vegan Ketika BerpuasaManfaat Menu Vegan Ketika Berpuasa

Halodoc, Jakarta – Menjadi vegan nyatanya bukan penghalang bagi kamu untuk melakukan ibadah puasa. Terbiasa mengonsumsi makanan yang mengandung banyak serat bisa menjadi nilai tambah untuk kamu. Sebab kamu akan merasa kenyang lebih lama dibandingkan yang tidak menjadi vegetarian atau vegan. Selain itu banyak manfaat yang bisa kamu rasakan dengan menikmati menu-menu vegan saat berpuasa, lho.

(Baca juga: Penuh Tantangan, Coba Diet ala Vegetarian)

 

  • Kesehatan Tubuh akan Lebih Terjaga

 

Saat puasa, tubuh kamu mendetoksifikasi racun-racun yang ada di dalam tubuh. Sebaiknya saat berbuka puasa, kamu juga memperhatikan asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh kamu agar kesehatan tubuh kamu tetap terjaga.

Banyak sekali makanan berbuka yang ditawarkan dengan berbagai macam variasi. Mulai dari makanan berlemak, minyak berlebih, bahkan makanan dengan pewarna buatan. Makanan-makanan tersebut selain tidak sehat untuk tubuh kamu, juga dapat menyebabkan kenaikan berat badan. Belum lagi ditambah dengan konsumsi makanan dan minuman manis yang berlebihan, sebab kamu merasa pantas untuk mengonsumsinya setelah seharian menahan haus dan lapar.

Siapa sangka, berbuka dengan menu vegan nyatanya malah bermanfaat untuk kesehatan tubuh kamu. Mengonsumsi makanan yang mengandung banyak serat nyatanya bisa menjaga sistem pencernaan kamu menjadi lebih baik. Selain itu, makanan yang bersih dan terhindar dari bahan kimia juga dapat membuat tubuh kamu semakin sehat. Oleh sebab itu, makanan vegan baik untuk dikonsumsi saat berbuka puasa maupun sahur.

 

  • Rendahnya Risiko Diabetes

 

Menurut penelitian yang dilakukan di Loma Linda University, School of Public Health, nyatanya menjalani menu vegetarian atau vegan bisa menjauhkan kamu dari risiko diabetes. Biasanya saat berbuka puasa, orang-orang cenderung akan menikmati makanan yang manis terlebih dahulu. Namun terkadang, orang-orang menikmati makanan manis secara berlebihan, sehingga risiko penyakit diabetes akan meningkat.

Tidak ada salahnya kamu mencoba berbuka puasa dengan menu vegetarian atau vegan. Dengan menu vegetarian atau vegan, kamu masih bisa mendapatkan makanan manis alami yang berasal dari buah-buahan. Selain bisa menjaga kesehatan dan stamina kamu, kamu juga akan terhindar dari penyakit serius di masa yang akan datang.

 

  • Berat Badan Menjadi Ideal

 

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh Ghent University Hospital, Department of Paediatrics, pola makan vegetarian adalah cara yang paling baik untuk mengurangi risiko penyakit stroke dan obesitas. Bayangkan jika saat berbuka puasa, biasanya kamu akan tertarik untuk berbuka dengan makanan yang mengandung minyak berlebih atau santan, bukan? Hal ini nyatanya bisa memicu berbagai penyakit serius, termasuk salah satunya obesitas.

Dengan menikmati menu berbuka ala vegan, berat badan kamu akan terjaga dengan baik. Kamu tidak perlu khawatir berat badan kamu akan bertambah. Namun, saat berbuka puasa dengan menu vegan, kamu juga perlu memperhatikan asupan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh kamu.

Tidak ada salahnya mencoba berbuka dan sahur dengan menu vegetarian atau vegan. Selain bermanfaat untuk kesehatan tubuh, tubuh juga akan lebih terasa ringan saat kamu mengonsumsi makanan vegetarian atau vegan. Selain itu, kamu tidak memerlukan banyak waktu untuk menyajikan makanan vegetarian atau vegan saat berbuka, sehingga kamu akan memiliki waktu lebih banyak untuk menjalankan ibadah.

(Baca juga: Mau Sehat dan Langsing? Perhatikan Cara Diet Vegetarian Ini)

Jika kamu ingin mengetahui menu vegetarian atau vegan apa saja yang baik dikonsumsi untuk berbuka maupun sahur, atau jika kamu ingin mengetahui manfaat menu vegan, kamu bisa bertanya melalui aplikasi Halodoc. Dokter terpercaya bisa kamu hubungi melalui Voice Call, Video Call, atau Chat. Yuk, download aplikasi Halodoc di App Store atau Google Play sekarang juga!