Mau Sehat & Langsing? Perhatikan Cara Diet Vegetarian Ini!

Ditinjau oleh  Redaksi Halodoc   13 Januari 2018
Mau Sehat & Langsing? Perhatikan Cara Diet Vegetarian Ini!Mau Sehat & Langsing? Perhatikan Cara Diet Vegetarian Ini!

Halodoc, Jakarta - Diet vegetarian menjadi jenis diet yang sedang tren saat ini. Salah satu diet yang tetap menjaga kesehatan tubuh adalah diet vegetarian. Diet vegetarian merupakan salah satu program diet yang mampu menurunkan berat badan dan tetap menjaga kesehatan tubuh dengan mengonsumsi makanan nabati.

Begini Cara Diet Vegetarian yang Benar
Memenuhi kebutuhan nutrisi dan energi tubuh dengan sayur-sayuran, biji-bijian dan buah-buahan. Sebelum menjalankan program diet, ada baiknya kamu membuat perencanaan agar diet dapat dilakukan dengan baik dan benar. Hal ini membuat kamu berhasil dalam menjalankan diet dengan memenuhi rasa lapar melalui nutrisi yang cukup sehingga tetap bisa menurunkan berat badan.

1.  Minum Campuran Madu dan Perasan Air Lemon
Bangun tidur dan perut masih dalam keadaan kosong, mulailah di pagi hari dengan meminum madu dan air lemon. Minuman ini sangat efektif sebagai detoks dalam menyingkirkan racun dalam tubuh.

2.  Sarapan
Jika pada menu sarapan terdapat telur mata sapi atau telur rebus, hindari kuningnya karena banyak mengandung lemak. Ganti kuning telur dengan jamur, paprika, bayam, atau bawang. Namun jika sarapan dengan sereal, kurangi porsinya atau gantikan dengan buah-buahan seperti apel, strawberry, pisang, pear, melon, atau pepaya. Kamu pun bisa memberikan variasi pada menu sarapan dengan buah dan memotongnya kecil-kecil.

3.  Makan Siang
Kurangi porsi makan siang yang mengandung karbohidrat tinggi seperti nasi atau mie. Gantikan makanan-makanan tersebut dengan sayuran segar seperti tomat, daun selada, dan timun. Bisa juga mengkukus sayuran seperti brokoli, wortel, asparagus, sawi putih, labu siam kecil, atau jagung manis. Porsi sayuran harus lebih dari 50 persen.

4.  Makan Malam
Untuk makan malam, ada baiknya menggunakan salah satu menu berikut ini:

  • Sup bening yang terdiri dari wortel, brokoli, jamur, dan jagung.
  • Semangkuk sayuran yang dikukus dengan pepes tahu.
  • Sepiring salad sayuran segar yang terdiri dari selada, paprika, tomat yang rendah kalori.

 5.  Camilan Malam
Untuk kamu yang belum bisa menghilangkan kebiasaan lama seperti nyemil di malam hari. Hal tersebut sangat diwajarkan pada program diet vegetarian. Hanya saja kamu perlu mengganti camilan dengan menggunakan kecambah, apel, mentimun, wortel, biskuit, atau talas kukus juga bisa dengan menggunakan jagung manis kukus.

Seperti Ini Makanan untuk Jalani Diet Vegetarian
Menyusun menu adalah salah satu cara melakukan diet. Inilah beberapa menu untuk diet vegetarian:

1.  Sayuran
Sayuran merupakan makanan yang mengandung banyak vitamin, mineral, fitonutrien, antioksidan, protein, dan serat yang sangat baik untuk kesehatan tubuh.

2.  Biji-bijian
Biji-bijian memiliki banyak kandungan serat, protein, vitamin, dan mineral. Biji-bijian juga mengandung asam lemak, namun lemak ini tergolong lemak sehat. Biji-bijian ini di antaranya adalah biji rami, wijen, biji bunga matahari (kwaci), dan biji labu. Biji-bijian dapat menjaga jantung agar tetap sehat. Selain itu karena seratnya, biji-bijian juga dapat mengurangi kolestrol dalam tubuh. Biji-bijian memiliki banyak manfaat. Selain menjaga kesehatan jantung, dan menurunkan kolestrol, juga mampu memberi kekuatan pada tulang dan kecerdasan otak karena mengandung omega 3.

3.  Susu Kedelai
Protein hewani dapat diganti dengan susu kedelai yang bermanfaat sebagai nutrisi dan serat yang membantu proses pembakaran lemak dalam tubuh. Makanan yang terbuat dari bahan kacang kedelai seperti tahu, tempe, dapat membantu meningkatkan metabolisme dalam tubuh. Metabolisme akan mengurangi nafsu makan, sehingga program diet vegetarian dapat berjalan dengan baik.

4.  Sereal dan Gandum
Diet Vegetarian bisa menambahkan menu roti gandum brown rice, oats, bubur, atau menggunakan roti barley yang merupakan makanan dengan kandungan akan kaya gizi yaitu zat besi dan zink sebagai penambah energi dalam tubuh.

5.  Buah-Buahan
Buah memiliki kandungan rendah kalori tapi kaya akan serat, vitamin, mineral, antioksidan, dan nutrisi lainnya. Selain meningkatkan metabolisme, buah-buahan juga dapat menurunkan tekanan darah, kolestrol, dan menyehatkan jantung.

Diskusikan langsung dengan dokter tentang cara diet vegetarian yang baik dan benar dengan berbagai dokter ahli terpercaya melalui aplikasi Halodoc. Bicara dengan dokter semakin mudah dengan Video/Voice Call dan Chat dan kamu juga bisa beli obat/vitamin untuk diet yang sampai dalam waktu 1 jam. Yuk, download Halodoc di App Store dan Google Play sekarang juga.

BACA JUGA: Inilah Fakta Diet Mayo Agar Diet Lebih Berfaedah

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan