Manfaat Sauna untuk Kesehatan Fisik dan Mental

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   14 Juni 2023

“Melakukan sauna secara teratur dapat memberikan manfaat positif bagi kesehatan fisik dengan meningkatkan sirkulasi darah dan detoksifikasi tubuh, serta memberikan manfaat juga bagi kesehatan mental seperti relaksasi dan pengurangan stres.”

Manfaat Sauna untuk Kesehatan Fisik dan MentalManfaat Sauna untuk Kesehatan Fisik dan Mental

Halodoc, Jakarta – Sauna hadir selama berabad-abad sebagai alat relaksasi dan sebagai obat tradisional. Namun, dalam beberapa dekade terakhir, manfaat kesehatan fisik dan mental dari sauna menjadi semakin nyata. Suhu tinggi di sauna berdampak positif bagi tubuh kita.

Beragam manfaat yang dapat kita rasakan setelah menggunakan sauna. Bahkan, beberapa orang setelah melakukan sesi gym, masuk ke sauna panas untuk dapat membuat rileks dan mendetoksifikasi tubuh. Kira-kira apa saja manfaatnya? Simak penjelasannya!

Beragam Manfaat Sauna Bagi Kesehatan Tubuh

Berikut adalah manfaat kesehatan yang bisa kamu dapatkan ketika melakukan sauna.

1. Detoksifikasi dan pembersihan tubuh

Paparan suhu tinggi dalam sauna dapat memicu proses detoksifikasi tubuh. Keringat yang dihasilkan dapat mengeluarkan racun dan sisa metabolisme dari tubuh, sehingga membantu membersihkan pori-pori kulit dan meningkatkan sirkulasi darah. 

Sauna juga dapat membantu mengurangi stres oksidatif dengan menghilangkan radikal bebas dari tubuh kita. Ini dapat meningkatkan kesehatan kulit, mengurangi jerawat dan meningkatkan cahaya keseluruhan kulit.

2. Peningkatan sistem kardiovaskular

Suhu panas yang dirasakan ketika melakukan sauna dapat memengaruhi sistem kardiovaskular dengan detak jantung mengalami peningkatan. Paparan panas tersebut membuat pembuluh darah melebar dan aliran darah meningkat, sehingga bisa meningkatkan suplai oksigen dan nutrisi ke seluruh tubuh. 

Efek ini mirip dengan olahraga ringan dan dapat membantu menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah kita. Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa kunjungan sauna secara teratur dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular seperti penyakit arteri koroner dan tekanan darah tinggi.

3. Relaksasi dan pengurangan stres

Salah satu manfaat sauna yang terkenal adalah efek relaksasinya. Paparan panas dapat membantu mengurangi ketegangan otot, menghilangkan rasa sakit dan meningkatkan kualitas tidur. 

Sauna juga dapat merangsang pelepasan endorfin, hormon yang bertanggung jawab atas perasaan bahagia dan relaksasi. Di lingkungan sauna yang tenang dan menyenangkan, banyak orang mengalami kesempatan untuk menghilangkan stres dan meningkatkan kesehatan mental mereka.

4. Peningkatan sistem imunitas tubuh

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kunjungan sauna secara teratur dapat memperkuat sistem imunitas tubuh. Suhu tubuh yang meningkat saat sesi sauna dapat merangsang produksi sel darah putih yang berperan dalam melawan infeksi.

Kamu juga bisa membaca artikel mengenai 5 Langkah Meningkatkan Imunitas Tubuh.

5. Berperan sebagai pereda nyeri

Menggunakan sauna kering dapat membuat orang merasa berenergi. Karena pembuluh darah mengendur dan melebar di sauna, aliran darah meningkat, dan pengalaman tersebut dapat membantu mengurangi ketegangan pada persendian dan meredakan nyeri otot. Penggunaan sauna juga dapat membantu mereka yang menderita sakit kronis dan artritis.

Meski sauna menawarkan banyak manfaat kesehatan, penting juga untuk selalu memperhatikan penggunaannya. Pastikan untuk minum air dengan cukup sebelum, selama, dan setelah sesi sauna untuk menghindari terjadinya dehidrasi. Selain itu, penting juga untuk mengikuti petunjuk teknis di sauna untuk mendapatkan manfaat yang optimal.

Untuk mengetahui tips kesehatan lainnya, kamu bisa bertanya langsung dengan dokter ahli melalui Halodoc via chat maupun voice/video call. Selain itu, bisa juga mendapatkan kebutuhan vitamin dan suplemen jika perlu untuk meningkatkan imunitas tubuh tanpa perlu keluar rumah.

Sangat praktis, bukan? Jadi tunggu apalagi, segera download aplikasi Halodoc dan nikmati kemudahannya!

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2023. Are Saunas Good for You? Understanding the Benefits vs. the Risks.
US Health. Diakses pada 2023. Surprising Benefits of Sauna Therapy.
WebMD. Diakses pada 2023. What to Know About Saunas and Your Health.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan