• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Masalah Wajah yang Biasa Dialami Perempuan Metropolitan
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Masalah Wajah yang Biasa Dialami Perempuan Metropolitan

Masalah Wajah yang Biasa Dialami Perempuan Metropolitan

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc : 02 Juli 2018
Masalah Wajah yang Biasa Dialami Perempuan MetropolitanMasalah Wajah yang Biasa Dialami Perempuan Metropolitan

Halodoc, Jakarta – Tinggal di kota metropolitan terkadang membuat wanita memiliki kegiatan yang lebih banyak. Ya, tentu kepadatan metropolitan terkadang membuat stres dengan kemacetan yang dihadirkan setiap harinya. Belum lagi polusi udara dan sinar matahari yang terkadang kamu temui saat akan berangkat kerja maupun pulang kerja.

Baca juga: Inilah Manfaat 8 Ragam Mineral untuk Kesehatan Kulit

Kegiatan ini terkadang menyebabkan masalah kulit pada perempuan metropolitan apalagi yang bekerja.

 

  • Kulit Kusam

 

Polusi tidak hanya dihasilkan oleh kendaran bermotor saja, lho. Polusi udara juga bisa dihasilkan dari orang-orang sekitar kamu yang merokok atau bahkan asap pabrik yang ada di sekitar lingkungan kamu. Tentu asap-asap yang dihasilkan sebagai polusi udara ini bisa membuat masalah pada kulit kamu, khususnya kulit wajah.

Seringnya terpapar udara yang kotor bisa menyebabkan wajah kamu terlihat kusam jika dibandingkan perempuan yang tinggal di kawasan yang udaranya tidak terpapar polusi udara. Belum lagi ditambah paparan sinar matahari langsung ke kulit wajah. Jika sudah begini, sebaiknya kamu gunakan pelembap kulit yang mengandung beberapa kandungan untuk melindungi kulit dari polusi udara dan paparan sinar matahari.

 

  • Berkurangnya Elastisitas Kulit

 

Sinar matahari yang baik untuk kebutuhan vitamin D pada kulit adalah sinar matahari pagi. Namun, paparan sinar matahari secara terus menerus nyatanya juga membuat kadar elastisitas pada kulit berkurang. Sinar ultraviolet matahari nyatanya dapat merusak kolagen dan kandungan elastin pada kulit, sehingga elastisitas kulit akan berkurang dan menyebabkan kulit terlihat lebih kendur.

 

  • Penuaan Dini

 

Apabila elastisitas dan kolagen kulit sudah berkurang, kulit akan semakin rentan untuk mengalami penuaan dini, seperti terlihat kerutan halus dan keriput, khususnya pada sekitar wajah. Selain itu, pori-pori wajah juga akan membesar dan akan semakin terlihat. Tidak ada salahnya untuk selalu mengonsumsi makanan yang sehat dan menjaga pola makan sehat agar kesehatan kulit tetap terjaga.

 

  • Jerawat

 

Tentu pori-pori yang membesar akan menyebabkan kotoran lebih mudah masuk ke dalam kulit. Kalau sudah begini, pasti akan muncul jerawat pada wajah. Sementara wajah terus menerus terpapar sinar matahari, polusi udara, dan keringat, inilah yang menjadi salah satu faktor mengapa wajah perempuan metropolitan terkadang tidak bisa terlepas dari masalah jerawat. Padahal, munculnya jerawat pada wajah terkadang menjadi salah satu hambatan penampilan kamu pada saat bekerja.

Untuk mencegah munculnya jerawat, sebaiknya kamu rajin mencuci tangan dan gunakan masker saat bepergian keluar ruangan. Sehingga, wajah kamu akan terhindar dari paparan sinar matahari dan polusi udara.

 

  • Kulit Belang

 

Mungkin masalah ini tidak sering kamu sadari, tapi jika wajah kamu sering terpapar sinar matahari, kemungkinan kamu akan mengalami kulit belang pada wajah. Biasanya, hidung atau bagian dahi wajah kamu akan lebih gelap dibandingkan bagian wajah lainnya jika kamu tidak menutupi wajah dengan penutup wajah saat keluar rumah pada siang hari. Maka sebaiknya gunakan topi untuk menghindari wajah belang.

Baca juga: 5 Makanan yang Dapat Membantu Kesehatan Kulit

Selain menggunakan penutup wajah, kamu juga bisa mengonsumsi beberapa makanan yang dapat membantu menjaga kesehatan kulit kamu, khususnya bagian wajah. Melakukan perawatan wajah untuk mengembalikan kesehatan kulit wajah juga dianjurkan bagi perempuan yang bekerja di kawasan metropolitan. Jika kamu memiliki keluhan terhadap kesehatan kulit wajah, kamu bisa tanya dokter melalui aplikasi Halodoc. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga melalui App Store atau Google Play!