• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Masker Alami untuk Menghilangkan Bekas Jerawat

Masker Alami untuk Menghilangkan Bekas Jerawat

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Masker Alami untuk Menghilangkan Bekas Jerawat

Halodoc, Jakarta - Bekas jerawat akan tampak seperti noda dan flek hitam pada wajah. Kondisi tersebut menjadi salah satu alasan penurunan rasa percaya diri pada sebagian wanita, karena membuat penampilan menjadi tidak maksimal. Bagi mereka dengan uang lebih, bukan hal yang sulit untuk melakukan treatment di klinik kecantikan. Memang mahal, tetapi efektif menghilangkan bekas jerawat dalam waktu singkat.

Di samping itu, ada juga wanita yang tidak ingin merogoh kocek lebih untuk pergi ke klinik kecantikan. Nah, mereka biasanya mengandalkan bahan alami sebagai penghilang noda bekas jerawat. Jika kamu adalah salah satunya, berikut ini tips menghilangkan bekas jerawat dengan bahan alami:

Baca juga: Jerawat Berulang di Tempat yang Sama, Apa Penyebabnya?

1. Masker Pisang

Bahan alami untuk menghilangkan bekas jerawat yang pertama adalah pisang. Buah ini mengandung vitamin A, B, E, potassium, dan antioksidan. Caranya adalah dengan mengombinasikan pemakaian bersamaan dengan bahan-bahan alami lainnya, seperti yoghurt dan madu. Kamu cukup mencampurkan satu buah pisang yang sudah dihancurkan dengan seperempat cangkir yoghurt dan setelah sendok makan madu. Aplikasikan pada wajah, tunggu hingga kering, lalu bilas.

2. Masker Cuka Apel

Cuka apel menjadi masker alami penghilang bekas jerawat selanjutnya. Bahan ini mampu menghilangkan sel kulit mati, serta meregenerasi kulit. Cuka apel juga mengandung antibiotik dan antiseptik yang ampuh membunuh kuman pada kulit. Selain itu, kandungan lactic acid dan amino acid mampu memudarkan noda hitam bekas jerawat. Untuk menggunakannya, kamu bisa mencampurkan cuka apel dengan madu. Kemudian, aplikasikan pada wajah, tunggu hingga kering, lalu bilas.

3. Masker Beri

Buah beri mengandung salicylic acid yang efektif dalam menghilangkan noda dan flek hitam pada wajah. Agar lebih efektif, kamu bisa mencampurnya dengan putih telur. Putih telur sendiri berkhasiat untuk mengecilkan pori-pori dan memudarkan noda hitam bekas jerawat. Caranya dengan menghaluskan segenggaman buah beri dan mencampurnya dengan satu sendok makan putih telur. Aplikasikan pada wajah, tunggu hingga kering, lalu bilas.

Baca juga: Jerawat Baru Muncul, Apa yang Harus Dilakukan?

4. Masker Lidah Buaya

Lidah buaya mampu mengatasi peradangan pada kulit. Untuk menghilangkan bekas jerawat, kamu bisa mencampurkan lidah buaya dengan air lemon. Caranya dengan mencampur gel lidah buaya dengan 1–2 sendok makan air lemon. Aplikasikan pada wajah, tunggu hingga kering, lalu bilas.

5. Masker Minyak Zaitun

Minyak zaitun mengandung banyak vitamin dan antioksidan yang mampu melindungi kulit dari penuaan dini, dan bakteri pemicu jerawat. Cara menggunakannya adalah kamu dapat mencampurnya dengan air lemon. Air lemon sendiri dapat membantu proses detoksifikasi kulit, sehingga kulit tampak lebih sehat. Kemudian, aplikasikan campuran tersebut pada wajah, diamkan hingga kering, lalu bilas.

6. Masker Oatmeal

Oatmeal dapat membantu proses eksfoliasi kulit, serta mengurangi kemerahan pada wajah. Bahan alami ini juga dapat menyerap minyak berlebih pada wajah yang menjadi penyebab jerawat. Caranya dengan mencampurkan oatmeal dan dua sendok madu. Aplikasikan pada wajah, tunggu hingga kering, lalu bilas.

7. Masker Alpukat

Alpukat memiliki banyak kandungan baik, seperti vitamin A, B, C, K, dan E. Selain itu, buah ini mengandung antioksidan dan omega fatty acids. Beragam kandungan baik di dalamnya efektif dalam menghilangkan bekas jerawat. Caranya dengan menumbuk alpukat hingga lembut, kemudian aplikasikan pada wajah. Tunggu hingga kering, lalu bilas.

Baca juga: Apa Penyebab Jerawat yang Membandel di Wajah?

Itulah sejumlah bahan alami yang efektif untuk menghilangkan bekas jerawat. Jika tidak sabar, kamu tidak disarankan untuk menggunakannya. Bahan-bahan yang disebutkan adalah bahan alami, sehingga membutuhkan waktu lebih lama agar hasilnya terlihat. Jika kamu justru mengalami masalah pada kulit setelah menggunakan sejumlah bahan alami tersebut, kamu bisa memeriksakan diri ke dokter kulit di rumah sakit terdekat, ya.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2021. 15 Best Face Masks for Acne-Prone Skin.
Thecuriousmillennial.com. Diakses pada 2021. 15 Best Homemade Face Masks For Acne Scars (That Actually Work!).
Swirlster.ndtv.com. Diakses pada 2021. How To Get Rid Of Acne Scars At Home: 5 DIY Face Packs For Blemish Free Skin.