Mengatasi Bosan dalam Hubungan Asmara Agar Mental Sehat

Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   05 Oktober 2021
Mengatasi Bosan dalam Hubungan Asmara Agar Mental SehatMengatasi Bosan dalam Hubungan Asmara Agar Mental Sehat

Bosan bukanlah alasan kalau hubungan harus berakhir. Jenuh adalah hal yang biasa dalam relasi, tinggal bagaimana cara mengatasinya yang perlu dilakukan. Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan mulai dari mendiskusikannya dengan pasangan, me time, mengingat kembali momen jatuh cinta serta hal-hal lainnya.”

Halodoc, Jakarta – Ada banyak penyebab kebosanan dalam hubungan asmara, tetapi tidak lantas rasa bosan menjadi alasan untuk mengakhiri hubungan. Kebosanan mungkin tidak dapat dihindari, alangkah baiknya pasangan melihat kondisi tersebut sebagai kesempatan untuk memperbaiki hubungan.

Strategi pasangan untuk mengatasi kebosanan dalam hubungan asmara bisa dengan cara mencoba aktivitas baru, jalan-jalan bersama teman, dan menghabiskan waktu sendirian. Informasi selengkapnya mengenai cara mengatasi bosan dalam hubungan asmara bisa dibaca di sini!

Membangun Kembali Chemistry

Pada tahap awal hubungan asmara, segala sesuatunya terlihat menarik dan menyenangkan. Semua yang dikatakan pasangan terdengar lucu, ceritanya menarik, dan menghabiskan waktu bersama akan selalu menyenangkan. 

Sayangnya, perasaan-perasaan yang mengiringi keberlangsungan hubungan asmara itu tidak akan bertahan selamanya. Ketika sudah menjadi rutinitas dan dibarengi dengan kewajiban-kewajiban yang lain, akan memunculkan rasa bosan. 

Baca juga: Hubungan Asmara juga Butuh Ilmu Psikologi

Kalau sudah bosan, bisa jadi emosi dan kesehatan mental kamu dan pasangan akan terganggu. Lantas, bagaimana mengatasi rasa bosan dalam hubungan asmara?

1. Diskusikan Perasaanmu ke Pasangan

Hal yang sering dilakukan pasangan adalah tidak mendiskusikan apa yang menjadi kendalanya. Lebih memilih mendiamkan ketimbang harus berdebat. Padahal, menghindari emosi-emosi yang seharusnya diungkapkan ini malah membuat hubungan tambah runyam.

2. Melakukan Hal Baru

Hal lain yang bisa dilakukan untuk mengatasi bosan dalam hubungan asmara adalah melakukan hal baru. Cobalah untuk melakukan kegiatan bersama yang sebelumnya tidak pernah kalian lakukan. Misalnya, melakukan arung jeram bersama, naik gunung, atau hal-hal lainnya.

Baca juga: Ini 5 Tanda Hubungan Asmara Enggak Sehat

3. Memaafkan Kesalahan

Terkadang, rasa bosan terjadi ketika sebenarnya kamu kesal dengan sikap pasangan yang menjengkelkan. Sikapnya ini tidak berubah, jadinya kamu mulai jenuh karena harus menghadapi sikap yang sama. Nah, dengan memaafkan dan berlapang dada bisa membuat kamu terhindar dari rasa bosan, begitu juga sebaliknya dengan pasanganmu. 

4. Konsultasikan ke Psikolog

Bila rasa bosan dalam hubungan asmara ini kerap mendatangkan percekcokan yang kian hari semakin memanas, ada baiknya kamu dan pasangan melakukan konsultasi dengan psikolog melalui aplikasi Halodoc, kamu bisa mendapatkan kemudahan berdiskusi mengenai masalah relasi dengan pasangan! Apalagi di masa-masa pandemi seperti ini, segera download aplikasinya ya.

5. Pikirkan Apa yang Sudah Pernah Kalian Lalui Bersama

Dengan mengingat momen-momen manis, dan apa saja yang sudah kalian lalui bersama, ini sedikit banyak akan membuat kamu dan pasangan sadar kalau rasa bosan tidak sepadan dengan ikatan yang sudah dibangun selama ini. 

6. Me Time Sendiri

Menjadi pasangan tidak harus melakukan segala sesuatunya bersama-sama kan? Cobalah untuk melakukan me time sendiri. Me time akan memberikan perspektif baru buatmu dalam memandang hubungan dan segala sesuatunya. Me time juga bisa membuat kamu menyadari apa yang sebenarnya kamu inginkan dalam hidup. Pun, dengan me time kamu bisa mengambil jeda dari pasangan. 

Baca juga: Pria Paling Tidak Tahan Kalau 7 Bagian Ini Disentuh

7. Melakukan Kembali Kencan Pertama

Cara lain untuk mengatasi bosan dalam hubungan asmara adalah dengan melakukan kembali kencan pertama. Misalnya, kencan pertama kalian dilakukan sambil nonton AADC, cobalah untuk melakukan kembali dengan memutar ulang film yang sama di rumah. Setidaknya dengan mengingat kembali memoria zaman dulu bisa lagi membawa kemesraan-kemesraan sebelumnya. Kalian pun bisa menemukan alasan untuk saling merekatkan hubungan kembali.

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg
Referensi:
Psychology Today. Diakses pada 2021. How to Beat Relationship Boredom
Bustle.com. Diakses pada 2021. 20 Things To Do When You Get Bored In Your Relationship

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan