Ini 5 Tanda Hubungan Asmara Enggak Sehat

Ditinjau oleh  Redaksi Halodoc   14 Februari 2019
Ini 5 Tanda Hubungan Asmara Enggak SehatIni 5 Tanda Hubungan Asmara Enggak Sehat

Halodoc, Jakarta – Terlalu merasa nyaman dan karena terlalu malas mencari sering membuat seseorang “terjebak” dalam sebuah hubungan. Padahal, bisa jadi hubungan asmara yang sedang dijalani dan dianggap biasa saja, sedang tidak baik sama sekali, tanda-tanda hubungan tidak sehat.

Seiring berjalannya waktu, hubungan yang awalnya terasa manis bisa saja mengalami perubahan. Dan dalam perjalanannya, pernahkah kamu merasa bahwa perubahan tersebut membuat kamu maupun Si Dia menjadi tidak nyaman? Atau yang paling parah, perubahan itu membuat kamu dan pasangan berpikir untuk mengakhiri hubungan yang sudah terjalin.

Untuk beberapa hal, perpisahan memang menjadi hal yang tak dapat dihindari dan merupakan satu-satunya jalan terbaik yang bisa diambil. Tapi jangan terburu-buru, sebelum membuat keputusan, coba cek 5 tanda hubungan kamu dan Si Dia sudah mulai “beracun” dan harus segera diakhiri!

1. Meributkan Hal Kecil

Pertengkaran dalam sebuah hubungan adalah hal yang wajar dan bisa menjadi “bumbu cinta”. Tapi harus berhati-hati, kalau ini sudah menjadi kebiasaan dan terlalu sering terjadi, bahkan hanya karena masalah kecil. Bisa jadi, itu adalah tanda bahwa hubungan kamu dan pasangan tak dapat lagi dilanjutkan. Jika konflik selalu muncul apalagi mulai mengarah pada kata-kata tindakan yang keras, itulah salah satu tanda besar bahwa hubungan yang dijalani mulai enggak sehat.  

Baca juga: 5 Hal Ini Baik untuk Pasangan yang Bertengkar

2. Dia Tidak Terbuka

Keterbukaan juga menjadi satu kunci sukses dalam menjalin sebuah hubungan. Memang tidak semua hal yang terjadi pada dirinya harus kamu ketahui, juga sebaliknya. Tapi untuk beberapa hal, terutama yang menyangkut soal hubungan, maka ada baiknya untuk selalu didiskusikan untuk menemukan jawaban yang terbaik. Kebiasaan tidak terbuka dalam hubungan ternyata bisa memicu kebiasaan saling menyembunyikan isi hati yang bisa menjadi tanda bahwa hubungan jatuh ke dalam bahaya.

3. Mementingkan Diri Sendiri

Pernahkah kamu merasa sudah melakukan banyak hal untuk membuat Si Dia bahagia, namun tidak dianggap? Alih-alih menunjukkan hal yang sama, pasangan malah merasa bahwa kamu tidak melakukan apapun dan hanya mementingkan dirinya sendiri. Jika jawabannya adalah iya, maka segera akhiri hubungan sebelum masalah menjadi lebih besar. Karena ini bisa menjadi tanda besar bahwa dia yang saat ini bersama kamu bukanlah pasangan yang terbaik.

4. Mulai Perhitungan

Tanda lain yang sering menjadi sinyal keretakan dalam hubungan adalah pasangan mulai perhitungan, bahkan pada hal-hal kecil. Misalnya, Si Dia selalu mengungkit apa saja yang pernah dilakukan untuk kamu atau sekadar membuka semua kesalahan-kesalahan yang pernah kamu lakukan tanpa memperhitungkan miliknya. Jika hal itu yang terjadi, kamu harus mulai memikirkan ulang hubungan, sebab sikap perhitungan adalah pertanda bahwa kamu dan pasangan sudah mulai saling berbalik dan melawan satu sama lain.

Baca juga: 5 Tips Agar Pernikahan Langgeng

5. Datar dan Membosankan

Perasaan bosan adalah hal yang wajar dan bisa menimpa hubungan asmara, apalagi setelah menjalani satu hubungan untuk waktu yang panjang. Pada beberapa kasus, kondisi tersebut bisa membuat hubungan tak lagi hangat, bahkan tak ada lagi topik untuk dibicarakan berdua. Kalau sudah begitu, bisa jadi kamu dan pasangan sudah sama-sama tidak nyaman dan harus segera mengakhiri hubungan.

Baca juga: Kini Kamu Tahu, Ada Orang Lain di Hati Pasanganmu, Pelajari Tanda-Tanda Ini!

Punya masalah kesehatan dan butuh saran dokter? Pakai aplikasi Halodoc saja. Kamu bisa menghubungi dokter lewat Video/Voice Call dan Chat. Dapatkan juga rekomendasi membeli obat biar lebih cepat sembuh. Download Halodoc sekarang di App Store dan Google Play!

 

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan