Mengenal Anatomi Lidah Manusia dan Fungsinya

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   04 Desember 2023

"Setiap bagian anatomi lidah memiliki fungsi yang berbeda-beda dalam menghasilkan suara dan mengecap rasa. Karena fungsi penting ini, kamu perlu menjaga kesehatan organ tersebut setiap harinya!"

Mengenal Anatomi Lidah Manusia dan FungsinyaMengenal Anatomi Lidah Manusia dan Fungsinya

DAFTAR ISI

  1. Bagian-Bagian Lidah
  2. Fungsi Lidah

Halodoc, Jakarta – Lidah merupakan organ yang terletak di dalam mulut dan memainkan peran penting dalam berbagai aspek kehidupan sehari-hari. Organ ini terlibat dalam proses berbicara dan mengecap rasa.

Bukan itu saja, lidah juga berperan dalam fungsi pencernaan. Yuk, ketahui lebih mendalam tentang anatomi lidah dan bagaimana organ yang kecil punya pengaruh yang luar biasa untuk kehidupan kita!

Bagian-Bagian Lidah

Lidah terdiri dari beberapa bagian yang masing-masing punya fungsi tersendiri. Berikut bagian-bagian lidah yang perlu kamu ketahui:

1. Pangkal 

Bagian pangkal terletak di bagian belakang mulut, dekat dengan tenggorokan. Fungsinya membantu menelan makanan dan mengarahkannya ke kerongkongan.

2. Tubuh

Bagian utama lidah ini paling terlihat dan punya berbagai fungsi penting. Mulai dari menghasilkan bunyi dan bicara, hingga mengatur gerakan makanan selama proses menelan.

Gerakan yang presisi memungkinkan kamu untuk mengucapkan bunyi-bunyi yang berbeda saat berbicara.

3. Ujung

Kemudian ada bagian ujung yang paling sensitif karena memiliki banyak papila rasa. Fungsi utamanya adalah mengecap rasa makanan.

Bagian ini mampu mendeteksi rasa manis, asam, asin, dan pahit, sehingga memberikan pengalaman sensorik saat kamu menikmati makanan.

Apabila kamu melihat adanya perubahan warna pada bagian ujung lidah, sebaiknya Kenali Arti Warna Lidah yang bisa menandakan suatu kondisi kesehatan.

4. Sisi lidah

Bagian sisi tentunya terletak di kedua sisi tubuh lidah. Sisi ini membantu menahan dan memindahkan makanan di dalam mulut ketika kamu mengunyah.

Tak hanya itu, bagian sisi juga membantu membersihkan sisa makanan yang mungkin menempel pada permukaan gigi.

5. Permukaan atas

Permukaan atas juga memiliki banyak papila atau tonjolan kecil. Papila berfungsi  dalam mengecap rasa. Permukaan atas juga berperan dalam membantu mengarahkan makanan selama proses menelan dan berkontribusi dalam pembentukan bunyi saat bicara.

6. Permukaan bawah

Sedangkan permukaan bawah tentu saja terletak di bawah lidah yang dekat dengan langit-langit mulut. Bagian ini membantu dalam mengarahkan makanan ke belakang tenggorokan selama menelan dan memindahkan air liur.

Fungsi Lidah

Lidah memiliki beberapa fungsi penting dalam tubuh manusia, di antaranya sebagai berikut:

1. Bicara

Organ ini memainkan peran kunci dalam membuat bunyi dan bicara. Gerakan presisi, baik saat bersentuhan dengan langit-langit, gigi, atau bibir, membantu  mengucapkan berbagai bunyi dan membentuk kata-kata yang berbeda. 

2. Mengecap rasa

Lidah termasuk organ sensorik yang memiliki kemampuan mengecap rasa. Permukaannya dilapisi dengan papila, yang mengandung kumpulan sel rasa.

Fungsi ini memungkinkan kamu untuk mengecap dan membedakan rasa makanan, seperti manis, asam, asin, dan pahit.

3. Menelan

Fungsi lainnya adalah membantu proses menelan makanan. Gerakan lidah membantu mengarahkan makanan dari mulut ke belakang tenggorokan dan menuju kerongkongan. 

4. Membersihkan mulut

Organ kecil ini ternyata juga membantu dalam menjaga kebersihan mulut. Selama mengunyah makanan, organ ini membantu membersihkan sisa makanan yang mungkin menempel pada permukaan gigi dan memindahkannya ke posisi yang lebih mudah dijangkau oleh gigi.

Hal ini membantu mencegah penumpukan makanan dan perkembangan bakteri di mulut.

5. Membantu dalam produksi air liur

Produksi air liur juga bergantung pada peran lidah. Pergerakan dan sentuhan ke langit-langit mulut memicu pengiriman sinyal ke kelenjar saliva untuk memproduksi air liur. 

6. Membantu dalam mengenali tekstur makanan

Organ ini juga membantu kamu untuk mengenali tekstur makanan. Permukaannya yang sensitif dapat merasakan tekstur makanan yang berbeda, seperti lembut, keras, atau kenyal. 

Jangan lupa juga untuk konsumsi vitamin dan suplemen yang dibutuhkan oleh kamu dan anggota keluarga, beli produknya hanya di Toko Kesehatan Halodoc melalui banner di bawah ini.

Referensi:
Carilon. Diakses pada 2023. 6 Things You Should Be Doing to Take Care of Your Tongue.
Cleveland Clinic. Diakses pada 2023. Tongue.
National Library of Medicine. Diakses pada 2023. Anatomy, Head and Neck, Tongue.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan