Mengenal Bedah Mohs, Pengobatan Kanker Kulit yang Efektif

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   13 Januari 2023

“Bedah Mohs merupakan prosedur untuk mengobati kanker kulit. Prosedur ini dilakukan dengan cara mengangkat dan memeriksa lapisan tipis kulit hingga tidak ditemukan lagi tanda-tanda kanker.”

Mengenal Bedah Mohs, Pengobatan Kanker Kulit yang EfektifMengenal Bedah Mohs, Pengobatan Kanker Kulit yang Efektif

Halodoc, Jakarta – Ibu Negara Amerika Serikat (AS), Jill Biden, baru saja menjalani operasi kanker kulit hari Rabu kemarin (11/1/2023), di Rumah Sakit Militer National Walter Reed, Bethesda. Dokter kepresidenan, Kevin O’Connor, menjelaskan bahwa ada semacam luka kecil di atas mata kanan Jill. Bagian tersebut harus diangkat melalui operasi.

Operasi yang dijalani oleh Ibu Negara ini disebut bedah Mohs yang dilakukan untuk mengangkat dan memeriksa jaringan secara rinci. Tujuannya adalah memastikan tidak ada kanker yang tertinggal. Yuk, kenali lebih jauh tentang bedah Mohs di sini!

Mengenal Bedah Mohs dan Kelebihannya

Bedah Mohs adalah prosedur yang dilakukan untuk mengobati kanker kulit. Operasi ini melibatkan pemotongan lapisan tipis kulit.

Setiap lapisan tipis diamati dengan cermat untuk mencari tanda-tanda kanker. Proses tersebut terus dilakukan sampai tidak ditemukan lagi tanda-tanda kanker.

Sebagai pengobatan kanker kulit, bedah ini memiliki keunggulan yang unik. 

Selama operasi, ahli bedah bisa melihat sampai di mana tanda-tanda kanker berhenti yang tidak bisa dilakukan oleh jenis pengobatan lainnya untuk kanker kulit. 

Keunggulan ini membuat tindakan bedah satu ini sangat efektif untuk menyembuhkan kanker kulit. Selain itu, prosedur medis ini juga bisa menghilangkan kanker tanpa membuat kulit sehat di sekitarnya rusak.

Hal itu karena ahli bedah hanya mengangkat kulit yang terdapat sel kanker. Keunggulan ini  sangat penting ketika kanker kulit berkembang di area dengan sedikit jaringan di bawahnya. Misalnya, kelopak mata, telinga, atau tangan.

Berbagai Kanker Kulit yang Bisa Diatasi Prosedur Ini

Bedah Mohs bisa mengobati jenis kanker kulit yang umum, seperti karsinoma sel basal dan karsinoma sel skuamosa. Bedah ini juga mengatasi jenis kanker kulit yang kurang umum, seperti melanoma dan kanker kulit lainnya.

Tindakan bedah ini paling bermanfaat untuk kanker kulit dengan kondisi khusus, seperti:

  • Memiliki risiko tinggi untuk muncul kembali atau yang sudah muncul kembali setelah pengobatan sebelumnya.
  • Berada di area di mana kamu ingin menjaga jaringan sehat sebanyak mungkin. Ini termasuk area di sekitar mata, telinga, hidung, mulut, tangan, kaki, dan alat kelamin.
  • Memiliki tepi yang sulit untuk didefinisikan.
  • Berukuran besar atau tumbuh dengan cepat.

Ketahui Prosedur Bedah Mohs

Bedah Mohs dilakukan oleh dokter bedah yang sudah terlatih. Selama prosedur, pasien akan tetap dalam kondisi terjaga, karena dokter hanya akan memberi suntikan anestesi pada area yang akan dioperasi. 

Setelah anestesi bekerja, dokter akan memulai operasi dengan memotong kanker kulit yang terlihat terlebih dahulu.

Selanjutnya, ahli medis tersebut akan mengangkat lapisan tipis kulit di sekitarnya. Pasien kemudian akan diperban sehingga mereka bisa menunggu dengan nyaman.

Sementara pasien menunggu, ahli bedah akan melihat kulit yang diangkat di bawah mikroskop untuk mencari sel kanker.

Jika sel kanker ditemukan, dokter perlu mengangkat lapisan kulit lainnya. Proses menghilangkan lapisan tipis kulit dan melihatnya di bawah mikroskop ini terus berlanjut sampai ahli medis tersebut tidak lagi melihat sel kanker.

Setelah sel kanker tidak terlihat lagi, dokter bedah akan memutuskan apakah akan merawat luka pasien atau tidak.

Beberapa luka bisa sembuh dengan baik tanpa jahitan dan beberapa luka yang lain bisa saja membutuhkan jahitan.

Untuk meminimalkan bekas luka dan membantu penyembuhan area tersebut, beberapa pasien memerlukan cangkok kulit atau jenis operasi lainnya.

Amankah Bedah Mohs?

Bedah Mohs sebetulnya cukup aman untuk dilakukan. Namun, sama seperti prosedur medis lainnya, operasi kanker kulit ini juga memiliki risiko.

Masalah yang bisa terjadi selama dan setelah bedah ini, antara lain:

  • Pendarahan.
  • Rasa sakit atau nyeri di sekitar tempat operasi dilakukan.
  • Infeksi.

Selain itu, ada juga risiko kesehatan yang bisa terjadi tapi jarang:

  • Mati rasa sementara atau permanen pada area bedah. Ini bisa terjadi jika ujung saraf kecil dipotong.
  • Kelemahan sementara atau permanen pada area bedah. Ini bisa terjadi jika saraf otot dipotong untuk mengangkat kanker kulit yang besar.
  • Rasa sakit seperti ditembak di daerah tersebut.
  • Bekas luka yang besar.

Itulah penjelasan mengenai bedah Mohs. Bila kamu mengalami masalah kulit yang mencurigakan atau mengkhawatirkan, coba hubungi saja dokter melalui aplikasi Halodoc.

Melalui Video/Voice Call dan Chat, kamu bisa  tanya dokter dan minta saran kesehatan pada ahlinya kapan saja dan di mana saja.

Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga di Apps Store dan Google Play.

Referensi:
Mayo Clinic. Diakses pada 2023. Mohs surgery.
American Academy of Dermatology Association. Diakses pada 2023. What Is Mohs Surgery?

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan