• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Mengenal Demisexual, Saat Seseorang Sulit Jatuh Cinta
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Mengenal Demisexual, Saat Seseorang Sulit Jatuh Cinta

Mengenal Demisexual, Saat Seseorang Sulit Jatuh Cinta

2 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 15 September 2022

“Seseorang yang berorientasi demisexual cenderung sulit jatuh cinta. Ia akan punya ketertarikan seksual saat memiliki ikatan emosional yang kuat dengan orang lain.”

Mengenal Demisexual, Saat Seseorang Sulit Jatuh CintaMengenal Demisexual, Saat Seseorang Sulit Jatuh Cinta

Halodoc, Jakarta – Demisexual adalah orientasi seksual seseorang yang hanya bisa jatuh cinta ketika ada ikatan emosional yang kuat. Menurut artikel Wired tahun 2015, istilah demisexual muncul pada tahun 2006, ketika seseorang menciptakan istilah tersebut di forum Asexual Visibility and Education Network (AVEN).

Seseorang yang berorientasi demiseksual umumnya tidak bisa merasakan cinta pada pandangan pertama.  Mereka butuh waktu lebih untuk merasa hubungannya sudah cukup erat sampai menyentuh sisi emosionalnya.  Ikatan emosional tersebut tak mesti berupa perasaan cinta, tetapi bisa juga dari hubungan persahabatan.

Perbedaan Demisexual dengan Orientasi Seksual Lainnya

Jika dipahami secara sekilas, demisexual terkesan sebagai hal yang lumrah atau lazim. Wajar bila seseorang bisa tertarik pada orang terdekatnya, dalam konteks ini mungkin teman atau sahabat. Faktanya, tak sedikit pula yang berhubungan intim dengan orang yang sudah dikenal dekat. 

Namun, demisexual ternyata tidak sesederhana itu. Jika kamu jatuh cinta dengan sahabat dekatmu, bukan berarti kamu termasuk demisexual.

Begini contoh sederhananya, seseorang umumnya bisa tertarik secara seksual dengan aktor berwajah tampan atau aktris bertubuh seksi. Seseorang dengan demisexual tidak bisa merasakan hal tersebut. Alasan terbesarnya karena mereka tidak mengenal atau merasakan ikatan emosional yang kuat hanya dari melihat fisiknya. 

Orang lain mampu merasakan ikatan emosional setelah berhubungan intim. Demisexual sebaliknya, mereka perlu merasakan hubungan yang erat terlebih dahulu sebelum bisa melakukan hubungan intim.

Karena alasan tersebut, pengidap demisexual sering dianggap sebagai aseksual karena terkesan tidak menginginkan seks. Padahal, mereka bukannya tidak mau berhubungan seks, tetapi karena belum mempunyai keterikatan emosional dengan orang lain.

Tanda Seseorang Berorientasi Demisexual

Seseorang yang punya orientasi demisexual umumya menunjukan tanda-tanda di bawah ini:

  • Tidak atau sulit merasakan ketertarikan seksual pada orang yang baru ditemui, baru dikenal atau orang asing.
  • Hanya mampu merasakan ketertarikan seksual dengan seorang yang sudah dianggap dekat, seperti teman dekat, sahabat, suami, atau istrinya.
  • Tingkatan hubungan emosional memengaruhi tingkat ketertarikan seksual. Semakin erat ikatan emosionalnya, semakin tinggi dorongan seks terhadap orang tersebut.
  • Tidak bergairah membayangkan hubungan seks dengan orang yang tidak dikenal dengan baik, walaupun orang tersebut berparas cantik atau tampan.

Bagi seseorang yang memiliki orientasi ini, kedekatan secara emosional punya makna yang lebih besar ketimbang hubungan seks semata. Namun, bukan berarti  mereka tidak menikmati hubungan seks. Mereka tetap bisa menikmatinya asalkan dengan seseorang yang sudah benar-benar terikat dengannya.

Fakta lainnya adalah demisexual bisa dimiliki oleh setiap gender dan orientasi seks lainnya, seperti heteroseksual, homoseksual, biseksual, maupun panseksual.

Jika kamu punya pertanyaan lain seputar demisexual atau kondisi lainnya, jangan ragu untuk menghubungi psikolog melalui aplikasi Halodoc. Psikolog yang ahli di bidangnya akan menjawab pertanyaan kamu sekaligus memberikan solusi terbaik. Jangan tunda sebelum kondisinya memburuk, download Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2022. What Does It Mean to Be Demisexual?
WebMD. Diakses pada 2022. What Is Demisexuality?
Verywell Mind. Diakses pada 2022. What Does ‘Demisexual’ Mean?