Mengenal Home Care dan Daftar Layanan Serta Manfaatnya

4 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   27 Desember 2023

“Home care bisa menjadi pilihan untuk membantu perawatan keluarga di rumah. Selain memastikan kondisi kesehatan dan pemulihan lebih baik, layanan ini juga bisa membantu keluarga untuk menambah informasi seputar pelayanan medis yang tepat.”

Mengenal Home Care dan Daftar Layanan Serta ManfaatnyaMengenal Home Care dan Daftar Layanan Serta Manfaatnya

DAFTAR ISI

  1. Apa Itu Layanan Home Care?
  2. Manfaat Layanan Home Care
  3. Jenis-Jenis Layanan Home Care

Halodoc, Jakarta – Layanan home care sudah cukup terkenal di Indonesia. Pelayanan ini mengandalkan perawat yang siap menjalankan proses pelayanan rumah sakit bersama pasien yang membutuhkan perawatan intensif di rumah.

Pelayanan berlaku sesuai dengan kontrak dan perjanjian yang dibuat oleh kedua belah pihak. Namun, sebelum memastikan jenis layanan yang akan kamu gunakan, cari tahu lebih banyak mengenai manfaat dan jenis-jenis home care melalui artikel ini!

Apa Itu Layanan Home Care?

Ketika kamu atau anggota keluarga baru saja kembali dari rumah sakit ke rumah tapi masih membutuhkan perawatan, tentunya kamu perlu memperhatikan keamanan dan kenyaman di rumah. Pastikan kamu memberikan perlindungan kepada keluarga dengan memberikan dukungan medis yang tepat, seperti menggunakan layanan home care.

Pelayanan home care dapat direncanakan, dikoordinasikan, dan disediakan oleh jasa pemberi pelayanan yang diorganisir. Tujuannya adalah untuk memberi pelayanan di rumah, berdasarkan perjanjian kerja atau kontrak atas kesepakatan bersama.

Tidak ada salahnya untuk mengetahui lebih banyak mengenai layanan ini melalui artikel ini “Kenali Lebih Dekat dengan Layanan Home Care”.

Manfaat Layanan Home Care

Ada berbagai manfaat layanan ini yang bisa kamu rasakan untuk keluarga di rumah, seperti:

1. Keamanan akan kesehatan yang tepat

Saat kamu menggunakan layanan home care untuk melakukan perawatan di rumah, tentunya pasien akan mendapatkan keamanan yang lebih baik. 

Penyedia layanan ini dapat mengurangi risiko kecelakaan, cedera, hingga gangguan kesehatan yang lebih buruk. Dengan begitu, proses pemulihan juga akan berjalan dengan lebih baik.

2. Memberikan informasi dan pelatihan penting untuk keluarga

Tentu dengan adanya layanan home care keluarga akan lebih terbantu dengan mendapatkan informasi-informasi penting, seputar menjaga dan merawat keluarga di rumah. Mulai dari cara memberikan pengobatan, berbagai gizi yang diperlukan, hingga memberikan perawatan tepat.

3. Manfaat lain dari home care

Selain kedua manfaat tersebut, ada berbagai manfaat lainnya yang bisa kamu rasakan ketika menggunakan layanan ini, seperti:

  • Menurunkan jumlah kunjungan ke rumah sakit.
  • Lebih hemat dan ekonomis.
  • Lebih nyaman.
  • Membuat pemulihan lebih cepat.
  • Menurunkan tingkat stres pasien maupun keluarga.
  • Meningkatkan hubungan yang lebih baik antar keluarga.

Cari tahu waktu yang terbaik untuk menggunakan layanan ini melalui artikel ini “Kapan Waktu Terbaik untuk Menggunakan Jasa Home Care?

Jenis-Jenis Layanan Home Care

Ada banyak jenis pelayanan perawatan home care yang bisa kamu gunakan, beberapa di antaranya yaitu:

1. Layanan perawatan pasca operasi

Pelayanan ini bisa berlaku untuk seseorang yang baru saja melewati masa operasi. Contohnya, operasi untuk kasus stroke. Pasca operasi pengidapnya membutuhkan proses perawatan yang cukup lama dan membutuhkan perhatian khusus. 

Layanan home care pada pengidap stroke biasanya akan meliputi fisioterapi. Selain itu, pelayanan ini juga dapat berguna untuk pengidap kanker, gangguan mental, infeksi paru, depresi, meningitis, atau pneumonia.

2. Layanan perawatan luka

Pelayanan ini khusus bagi pengidap diabetes, karena luka pada penyakit ini membutuhkan perawatan yang benar dan telaten. Selain pengidap diabetes, pengidap luka bakar juga sebaiknya mengambil layanan ini, apalagi jika pengidapnya mengalami luka bakar serius.

3. Layanan perawatan untuk lansia

Pelayanan jenis ini biasanya bermanfaat bagi orang-orang yang sibuk, dan tidak mempunyai waktu di rumah untuk merawat orang tua yang membutuhkan perhatian lebih. Dengan layanan ini, perawat akan standby menemani lansia di rumah. Perawat harus memiliki sifat yang penyabar tentunya.

4. Layanan perawatan untuk pendamping

Home care yang satu ini khusus bagi orang yang memerlukan pendamping medis yang siap sedia, seperti pada acara travelling atau bakti sosial. Pada event tersebut akan memerlukan tenaga medis yang bisa membantu masalah gawat darurat medis yang membutuhkan perawatan yang cepat dan tepat.

5. Layanan perawatan baby care

Layanan home care ini khusus untuk merawat bayi dan ibu pasca melahirkan. Perawatan ini bermanfaat bagi ibu yang belum mengerti cara merawat pada bayi yang baru lahir. Kebanyakan layanan jenis ini dilakukan oleh bidan, kemudian bidan akan melatih  ibu untuk merawat merawat bayi yang baru lahir.

Cari tahu tips tepat untuk memilih layanan home care melalui artikel ini: 4 Tips Memilih Layanan Home Care.

Dengan menggunakan jasa layanan home care, perawat dapat membantu pelanggan dalam memenuhi kebutuhan yang diperlukan, terkait dengan masalah kesehatan yang telah disepakati bersama. 

Kini kamu bisa mendapatkan layanan home care dengan menggunakan Halodoc Home Lab (tersedia di Jabodetabek dan Surabaya. Praktis bisa dilakukan di mana saja, pemeriksaan juga dilakukan oleh tenaga medis tepercaya. Untuk informasi lebih lanjut, klik gambar berikut:

layanan home care
Referensi:
Amedisys. Diakses pada 2023. Benefits of Home Health Care.
Georgetown Home Care. Diakses pada 2023. 6 Reasons Home Care is Important.
BMJ Quality and Safety Journal. Diakses pada 2023. Home Care: More Than Just A Visiting Nurse.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan