Mengenal Jenis dan Fungsi Pelindung Lutut untuk Olahraga

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   20 Januari 2023

“Pelindung lutut ada banyak jenisnya dan memiliki fungsi sesuai dengan kebutuhan. Misalnya ada functional braces yang fungsinya untuk melindungi lutut orang yang sudah mengalami cedera sebelumnya.”

Mengenal Jenis dan Fungsi Pelindung Lutut untuk OlahragaMengenal Jenis dan Fungsi Pelindung Lutut untuk Olahraga

Halodoc, Jakarta –  Buat kamu yang pernah mengalami cedera lutut pasti sudah tidak asing lagi dengan benda yang satu ini. Namun, buat kamu yang masih awam, informasi ini bisa jadi menarik untuk ditelisik. Pelindung lutut tidak hanya digunakan untuk cedera saja, tetapi sebagai pelindung untuk mencegah kecelakaan olahraga. 

Orang yang kerap melakukan olahraga kontak fisik, yang juga dalam aktivitas fisiknya mengandalkan tendangan ataupun gerakan berulang, perlu menggunakan pelindung lutut untuk mencegah terjadinya cedera. Yuk, simak selengkapnya di sini jenis dan fungsi pelindung lutut saat olahraga!

Jenis Pelindung Lutut

Ternyata, pelindung lutut tidak hanya satu jenis saja, melainkan ada beberapa jenis, sesuai dengan kebutuhannya. Apa sajakah jenisnya?

1. Functional braces

Pelindung lutut jenis functional braces berfungsi untuk memberikan dukungan untuk lutut yang telah terluka di masa lalu. Biasanya, jenis pelindung lutut ini sering dipakai oleh atlet yang pernah mengalami cedera di masa lalu. Walaupun sudah sembuh, untuk menstabilkan gerakan lutut dan menghindari cedera tambahan, functional braces digunakan. 

2. Rehabilitative braces

Jenis pelindung lutut ini biasanya digunakan beberapa minggu setelah cedera atau operasi. Fungsinya untuk menjaga lutut tetap stabil, tetapi memungkinkan untuk orang yang mengalami cedera tetap melakukan gerakan–walau terbatas. 

3. Unloader braces

Unloader braces dirancang untuk menghilangkan rasa sakit pada orang yang mengalami radang sendi di lutut. Pelindung lutut jenis ini dapat membantu memindahkan beban dari area lutut yang terganggu ke area yang lebih kuat. 

4. Prophylactic braces

Pelindung lutut prophylactic braces dirancang untuk melindungi lutut dari cedera selama olahraga kontak seperti sepak bola. Jenis pelindung lutut ini cukup populer di kalangan atlet, tidak hanya pesepak bola melainkan juga atlet mixed martial arts (MMA), ataupun muaythai. 

5. Knee sleeves

Knee sleeves bisa dibilang sebagai pelindung lutut yang paling umum. Knee sleeves dirancang untuk memberikan kompresi di sekitar sendi lutut. Kompresi ini dapat membantu menopang lutut, dan dapat mengontrol rasa sakit dan bengkak.

Fungsi Pelindung Lutut

Sebenarnya dari penjelasan mengenai jenis pelindung lutut, kita sudah bisa tahu apa saja fungsinya. Namun, supaya lebih jelas lagi, ada baiknya dijabarkan sebagai berikut:

1. Perlindungan 

Fungsi yang paling umum tentu saja melindungi sendi lutut. Pelindung lutut yang baik adalah pelindung yang dapat membantu meminimalkan benturan pada lutut, mencegah patah tulang patella (tempurung), termasuk juga melindungi terhadap penetrasi benda tajam. 

Beberapa pelindung lutut juga dirancang untuk meminimalkan guncangan, yang bila terpapar secara berulang bisa membuat lutut mengalami kerusakan serius.

2. Menghemat biaya

Mencegah lebih baik ketimbang mengobati. Begitu jugalah penggunaan pelindung lutut ini. Bantalan lutut dapat membantu kamu menghemat biaya pengobatan bila cedera lutut terjadi. 

3. Menjadi percaya diri ketika bergerak atau berolahraga

Penggunaan pelindung lutut dapat membuat kamu lebih bisa beraktivitas dengan leluasa, tanpa harus takut akan mengalami cedera. Atau, kalau sebelumnya sudah pernah mengalami cedera.

Demikianlah jenis dan fungsi pelindung otot untuk olahraga. Punya masalah dengan gangguan otot atau cedera spesifik saat berolahraga? Sekarang kamu bisa buat janji pemeriksaan ke rumah sakit lewat aplikasi Halodoc. Yuk, download aplikasinya sekarang juga!

Referensi:
Active Work Wear Head to Toe Protection. Diakses pada 2023. Why You Should Wear Kneepads at Work? 
Very Well Health. Diakses pada 2023. When to Wear a Knee Brace.
Family doctor.org. Diakses pada 2023. Knee Bracing: What Works?

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan