Mengenal Kromosom, Fungsi dan Perbedaannya antara Pria dan Wanita

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   01 November 2023

“Kamu mungkin sudah tahu tentang DNA yang menjadi salah satu komponen yang menyusun sel pada tubuh manusia. Namun, tak banyak yang tahu kalau DNA terletak pada inti sel, tepatnya pada bagian kromosom.”

Mengenal Kromosom, Fungsi dan Perbedaannya antara Pria dan WanitaMengenal Kromosom, Fungsi dan Perbedaannya antara Pria dan Wanita

Halodoc, Jakarta – Kromosom adalah suatu struktur yang memiliki bentuk seperti benang pada bagian dalam inti sel manusia. Struktur ini berperan sebagai tempat untuk menyimpan karakteristik genetik pada makhluk hidup. 

Kromosom sendiri tersusun dari rantai DNA yang melingkari protein. Rantai ini akan membawa informasi genetik yang berasal dari kedua orang tua. Beberapa sifat yang terbawa dari molekul ini termasuk tinggi badan, warna mata, kulit, jenis kelamin, dan beberapa penyakit keturunan. 

Jumlah Kromosom pada Manusia

Kromosom pada manusia memiliki struktur yang terdiri dari beberapa bagian. Setiap kromosom punya dua lengan p (lengan pendek) dan lengan q (lengan panjang). Kedua lengan ini terhubung oleh sentromer.

Selain itu, setiap bagian akan saling bekerja sama guna memastikan kalau proses pembelahan sel manusia berlangsung dengan tepat. 

Sebenarnya, setiap makhluk hidup mempunyai struktur sel ini. Namun, bentuknya dan jumlahnya tidak sama. Pada manusia, jumlah kromosom ada 23 pasang atau 46 buah. Susunannya adalah 22 pasang autosom atau kromosom tubuh, dan sepasang untuk menentukan jenis kelamin. 

Susunan gonosom yang terdapat pada sel kelamin tidak sama dengan autosom. Sebab, gonosom hanya mengangkut satu salinan untuk setiap sel pada pria dan wanita. 

Jadi, gonosom yang terdapat pada wanita tersusun dari dua kromosom X (XX). Namun, pria hanya memiliki masing-masing satu X dan Y (XY). Keduanya selanjutnya akan bertemu dan melakukan pembelahan sel yang berujung pada terbentuknya individu baru.

Fungsi Kromosom

Terdapat sekumpulan sel yang menyusun tubuh manusia. Supaya bisa tetap hidup, sel perlu melakukan pembaharuan secara kontinyu sebagai pengganti sel yang mengalami kerusakan. 

Pada proses pembaruan sel inilah kromosom memainkan peran yang sangat penting. Bagian ini akan memastikan kalau DNA salinan pada inti sel tersebar dengan tepat. 

Namun, tidak menutup kemungkinan terjadi kesalahan ketika proses pembelahan ini berlangsung. Kondisi inilah yang selanjutnya memicu gangguan kesehatan tertentu, salah satunya kanker

Perbedaannya pada Pria dan Wanita

Tak hanya perbedaan dari aspek fisik, baik pria maupun wanita, juga mempunyai DNA yang tidak sama. Ini mengacu pada sel reproduksi. 

Seperti telah tertulis pada bab sebelumnya, sel reproduksi pada wanita tersusun atas dua kromosom X (XX). Sementara itu, pria memiliki sel reproduksi yang tersusun atas satu buah X dan Y (XY).

Jumlah salinan pada sel reproduksi yang tidak tepat bisa menyebabkan munculnya masalah kesehatan. Baik jumlahnya lebih sedikit maupun lebih banyak. 

Misalnya, salinan pada kromosom X (XXX) bukan tidak mungkin menjadi pemicu beberapa kondisi kelainan mental, seperti sulit fokus, masalah suasana hati, dan terjadi keterlambatan pada perkembangan fisik serta mental. 

Selain itu, wanita yang mempunyai satu kromosom X saja bisa mengalami Sindrom Turner. Kelainan ini muncul dengan gejala berupa tubuh yang terlampau pendek, dada yang rata, dan gangguan jantung serta ginjal. 

Sementara itu, jumlah X yang berlebihan pada pria (XXY) dapat memicu terjadinya Sindrom Klinefelter. Gejalanya berupa payudara membesar (ginekomastia), testis yang mengecil, dan pinggul yang terlihat melebar seperti halnya wanita. Lebih lengkapnya, ini Yang Terjadi pada Pria Kalau Kelebihan Kromosom X.

Inilah mengapa, pasangan yang merencanakan kehamilan sebaiknya melakukan pemeriksaan DNA guna mengurangi risiko terjadinya masalah medis yang terjadi karena kelainan kromosom. Baca selanjutnya pada Tes DNA untuk Perencanaan Kesehatan yang Tepat

Atau, kamu bisa chat dokter langsung dari Halodoc untuk mengetahui lebih lanjut seputar DNA dan kelainan yang mungkin terjadi.

Referensi:
National Human Genome Research Institute. Diakses pada 2023. Chromosome fact sheet.
National Human Genome Research Institute. Diakses pada 2023. Transcription.
MedlinePlus. Diakses pada 2023. What is a chromosome?

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan