• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Mengenal Lebih Jauh Mengenai Yogurt Kelapa

Mengenal Lebih Jauh Mengenai Yogurt Kelapa

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Mengenal Lebih Jauh Mengenai Yogurt Kelapa

Halodoc, Jakarta – Yoghurt dikenal sebagai makanan sehat yang baik untuk dikonsumsi. Namun, karena masih merupakan produk turunan susu, tidak semua orang bisa menikmatinya, contohnya orang yang memiliki alergi susu.

Bagi kamu yang punya alergi susu tapi ingin mendapatkan manfaat kesehatan dari yoghurt, sekarang ini sudah ada produk yoghurt non-susu yang bisa kamu pilih, yaitu yoghurt kelapa. Produk kelapa yang diperkaya ini juga mengandung banyak mikronutrien yang sama dengan susu, termasuk kalsium. Yuk, kenalan lebih jauh dengan yoghurt kelapa di sini.

Apa Itu Yoghurt Kelapa?

Pelatih Kesehatan Bersertifikat Nutrisi Integratif dan Direktur Operasi di Modern Sanctuary Wellness Spa di Manhattan menjelaskan bahwa yoghurt kelapa mirip yoghurt pada umumnya, berwarna putih dan rasanya seperti yoghurt. Pada dasarnya, yoghurt kelapa terdiri dari dua bahan, yaitu santan berlemak penuh dan probiotik aktif.

Santan adalah cairan non susu yang dihasilkan dari daging kelapa yang dihaluskan dan dikombinasikan dengan air. Cairan tersebut memiliki konsistensi yang sedikit lebih kental dari susu murni biasa. Sementara probiotik adalah mikroflora yang melimpah atau “bakteri baik” yang mengubah susu menjadi yoghurt melalui fermentasi alami. Beberapa produk yoghurt kelapa juga mengandung pemanis, stabilisator, perasa atau elemen penguat nutrisi seperti kalsium.

Baca juga: Ketahui Manfaat Minuman Probiotik Bagi Kesehatan

Kandungan Nutrisi Yoghurt Kelapa

Berikut kandungan nutrisi yang terkandung dalam 1 cangkir yoghurt kelapa tanpa pemanis, menurut Kementerian Pertanian Amerika Serikat (USDA):

  • Karbohidrat: 19,5 gram

Yoghurt kelapa hanya mengandung kurang dari 20 gram karbohidrat per cangkir, yang sebagian besar berasal dari gula. Bila kamu memilih produk yang diberi rasa atau pemanis (seperti vanilla atau stroberi), kemungkinan kandungan gulanya lebih tinggi. 

  • Lemak: 8,6 gram

Kelapa adalah makanan yang mengandung lemak tinggi. Secangkir yoghurt kelapa mengandung 8-9 gram lemak total, yang sebagian besar merupakan lemak jenuh. Orang-orang yang memiliki kolesterol tinggi atau penyakit jantung dianjurkan untuk mengurangi asupan lemak jenuh dan minyak sawit.

  • Protein: 0,8 gram

Tidak seperti yoghurt susu, yoghurt kelapa rendah akan protein, yaitu kurang dari 1 gram per cangkir.

  • Vitamin dan Mineral

Yoghurt kelapa yang diperkaya bisa memberikan banyak zat gizi mikro yang sama seperti yoghurt susu. Secangkir yoghurt kelapa yang diperkaya mengandung 416 miligram kalsium, jumlah yang sama yang bisa kamu temukan dalam yoghurt susu. Selain itu, terkandung juga beberapa kalium, seng, selenium, dan vitamin B.

Baca juga: 5 Makanan Pengganti Produk Susu untuk Anak-Anak

Manfaat Yoghurt Kelapa

Yoghurt kelapa bisa menjadi alternatif yang baik bagi kamu yang tidak bisa mengonsumsi produk susu atau memilih untuk menghindarinya. Yoghurt kelapa bisa memberikan manfaat kesehatan yang tidak kalah banyak dengan yoghurt susu, antara lain:

  • Meningkatkan Penglihatan Malam

Kelapa secara alami mengandung beberapa karoten yang merupakan bentuk awal vitamin A. Vitamin tersebut sangat penting untuk kesehatan mata dan penglihatan yang baik. Selain itu, kandungan lemak kelapa yang tinggi memudahkan tubuh kamu untuk menyerap vitamin A dan vitamin larut lemak lainnya.

Misalnya, bila kamu mengonsumsi yoghurt kelapa bersama dengan labu atau mangga, kamu akan menyerap lebih banyak vitamin A dari makanan tersebut.

  • Memperbaiki Demensia

Ada banyak penelitian baru-baru ini tentang efek trigliserida rantai menengah (MCT) pada kesehatan otak dan perkembangan penyakit Alzheimer. Kelapa secara alami kaya akan minyak MCT. Meskipun masih diperlukan lebih banyak penelitian, uji coba eksperimental menggunakan MCT menunjukkan peningkatan kognitif dalam memori dan kecepatan pemrosesan pada pasien Alzheimer.

Baca juga: Manfaat Yoghurt untuk Ibu Hamil

Itulah penjelasan mengenai yoghurt kelapa. Umumnya, yoghurt kelapa adalah pilihan yang aman bagi sebagian besar orang. Namun, kamu dianjurkan untuk memantau kadar kolesterol bila ingin meningkatkan asupan kelapa secara drastis.

Selain itu, bagi kamu yang ingin mengganti sebagian besar asupan susu dengan alternatif susu seperti yoghurt kelapa, penting untuk memastikan kamu tetap mendapatkan asupan kalsium yang cukup dari makanan lain atau suplemen.

Bila kamu ingin mulai memasukan yoghurt kelapa ke dalam diet kamu, ada baiknya bicarakan dulu dengan dokter gizi lewat aplikasi Halodoc. Melalui Video/Voice Call dan Chat, kamu bisa minta saran kesehatan dari dokter ahli kapan saja. Yuk, download Halodoc sekarang juga.

Referensi:
Verywell Fit. Diakses pada 2020. Coconut Yogurt Nutrition Facts and Health Benefits.
Chowhound. Diakses pada 2020. What Is Coconut Yogurt and Is It Really Good for You?