Mengenal Loofah, Spons Alami yang Penuh Manfaat

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   18 Oktober 2022

“Loofah terbentuk dari labu luffah yang dikeringkan. Spons ini bermanfaat untuk mengangkat sel kulit mati dan membersihkan tubuh dengan lebih optimal.”

Mengenal Loofah, Spons Alami yang Penuh ManfaatMengenal Loofah, Spons Alami yang Penuh Manfaat

Halodoc, Jakarta – Tidak hanya membuat tubuh menjadi wangi dan segar, rutin mandi juga bisa membantu kamu mengoptimalkan kesehatan kulit. Untuk merasakan seluruh manfaat dari mandi, jangan lupa untuk menggunakan sabun yang sesuai dan spons alami yang bermanfaat, salah satunya loofah.

Penggunaan loofah untuk mandi sehari-hari ternyata bisa memiliki banyak manfaat untuk kesehatan kulit tubuh. Dengan menggunakan spons alami ini, kamu bisa mengangkat sel kulit mati sehingga kulit menjadi lebih halus dan cerah. Yuk, simak berbagai informasi mengenai loofah yang penuh manfaat untuk kulit tubuh berikut ini!

Ini Bahan Pembuat Loofah

Loofah menjadi salah satu jenis spons mandi yang terbuat dari bahan alami. Benda ini sangat terkenal untuk digunakan saat mandi karena manfaatnya yang begitu beragam.

Banyak orang berpikir bahwa spons alami ini terbuat dari karang kering atau spons laut. Hal ini disebabkan teksturnya yang kering, kasar, dan sedikit kenyal. Padahal, spons ini terbuat dari salah satu jenis labu yang masuk ke dalam keluarga mentimun dan dikenal sebagai labu luffa.

Labu luffa banyak dibudidaya pada negara yang memiliki iklim tropis dan subtropis serta memiliki bentuk seperti zucchini. Setelah labu dipanen, biasanya labu akan didiamkan hingga mengering kurang lebih membutuhkan waktu enam bulan.

Setelah labu mengering, maka labu akan dibersihkan dari kulit dan bijinya. Setelah benar-benar kering, maka labu bisa dipotong sebelum dijual menjadi loofah

Manfaat Loofah untuk Kesehatan Kulit

Ketika kamu menggunakan spons ini untuk membersihkan kulit, sebaiknya pastikan kamu menjaga spons dengan baik. Setelah digunakan, pastikan kamu membersihkannya dan menyimpannya di tempat yang kering dan bersih. 

Hindari menyimpannya di sembarang tempat karena dapat memicu kondisi lembap dan kotor. Hal ini bisa menyebabkan loofah menjadi sarang bakteri yang justru memicu berbagai gangguan dan kerusakan pada kulit.

Jika kamu dapat menjaga kualitasnya dengan baik, ada berbagai manfaat yang bisa dirasakan untuk kesehatan kulit, seperti:

  • Membantu kamu untuk mengangkat sel kulit mati.
  • Mengangkat kotoran pada kulit.
  • Membersihkan kulit secara optimal.
  • Membantu melancarkan pembuluh darah saat mandi.

Ketahui Penggunaan Loofah yang Tepat

Sebelum menggunakan spons ini, kamu harus membasahinya dengan air terlebih dahulu. Kemudian letakkan sabun cair di atas loofah dan peras hingga berbusa. Lanjutkan dengan membersihkan area tubuh yang ingin dibersihkan.

Untuk mendapatkan manfaatnya secara optimal, pastikan kamu mengetahui penggunaan loofah yang tepat, misalnya:

  • Jangan menggosok spon ini terlalu keras pada kulit.  Gosokan yang kasar dan keras dapat memicu iritasi kulit. Kondisi ini membuat kulit menjadi kemerahan dan nyeri. Jadi, sebaiknya gosok loofah secara lembut tanpa tekanan yang kuat.
  • Hindari menggunakan spons alami ini setiap hari karena dapat memicu kulit menjadi rusak dan kering. Sebaiknya gunakan sebanyak dua kali dalam satu minggu secara rutin.
  • Jangan lupa untuk mengganti spons alami yang kamu gunakan setiap satu bulan sekali agar kebersihannya tetap terjaga dengan baik.

Itulah beberapa cara penggunaan loofah yang tepat. Jika kamu mengalami iritasi kulit yang tidak membaik setelah menggunakan ini, segera kunjungi rumah sakit agar keluhan kesehatan pada kulit yang kamu alami bisa segera diatasi. 

Kamu bisa cari lokasi rumah sakit terdekat menggunakan Halodoc. Caranya download aplikasi Halodoc sekarang juga melalui App Store atau Google Play.

Referensi:
Reader’s Digest. Diakses pada 2022. Know Your Loofah And Its Dos And Don’ts.
Green Living SHK. Diakses pada 2022. The Benefits of Using a Loofah Sponge.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan