Mengenal Love Bombing, Bentuk Manipulasi yang Berbahaya

5 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   30 Oktober 2023

“Love bombing merupakan bentuk pelecehan psikologis dan emosional yang biasanya dilakukan oleh pasangan romantis untuk memanipulasi seseorang. Ciri orang yang love bombing adalah memberikan perhatian dan hadiah secara berlebihan agar bisa mengendalikan pasangannya.”

Mengenal Love Bombing, Bentuk Manipulasi yang BerbahayaMengenal Love Bombing, Bentuk Manipulasi yang Berbahaya

Halodoc, Jakarta – Memiliki pasangan yang romantis tentunya akan terasa membahagiakan. Perhatian dan kasih sayang yang tidak pernah putus membuat kamu lebih merasa dihargai oleh pasangan.

Namun, sebaiknya waspada jika pasangan kerap terus berlaku romantis dan berlebihan, bisa jadi hal tersebut menjadi tanda love bombing.

Love bombing adalah tindakan yang pasangan berikan berupa rasa kagum, perhatian, dan kasih sayang yang berlebihan dengan tujuan memanipulasi hubungan yang kalian jalani.

Yuk, kenali lebih banyak mengenai tindakan ini agar kamu bisa terhindar dari jenis hubungan seperti ini!

Apa Itu Love Bombing?

Love bombing adalah bentuk pelecehan (abuse) psikologis dan emosional yang seseorang berikan secara berlebihan kepada kamu sebagai upaya memanipulasi kamu untuk menjalin hubungan dengannya.

Bentuk tindakannya bisa berbeda-beda pada tiap orang, tapi biasanya melibatkan:

  • Memberikan pujian yang berlebihan.
  • Mengkomunikasikan perasaannya secara berlebihan kepada kamu.  
  • Menghujani kamu dengan hadiah yang tidak kamu butuhkan atau inginkan.
  • Pembicaraan intens yang terlalu dini tentang masa depan kamu bersama.

Love bombing bisa terjadi secara disengaja maupun tidak disengaja. Meskipun orang yang paling sering melakukan hal ini biasanya adalah pasangan romantis, tapi anggota keluarga dan teman juga bisa melakukannya.

Tindakan tidak sehat ini biasanya terpicu oleh rasa tidak aman, ketidakmampuan untuk percaya, dan ketergantungan pada orang lain.

Orang yang berisiko tinggi menjadi pelaku love bombing adalah mereka yang memiliki gaya keterikatan cemas atau tidak aman atau gangguan kepribadian narsistik (NPD). 

Bila kamu menolak hadiah atau perhatian dari seorang love bomber, ia bisa memaki-maki kamu bahkan mengancam. Hal ini karena mereka menginginkan kepastian terus menerus bahwa mereka dicintai dan berharga, dan ini berasal dari rasa tidak aman yang pelaku miliki.

Kenali Ciri-Ciri Love Bombing

Berikut adalah beberapa tanda kamu menjalin hubungan dengan pasangan yang melakukan love bombing:

1. Memberikan berbagai jenis hadiah

Mendapatkan hadiah dari pasangan tentu membuat kamu senang. Namun, jika pasangan memberikan hadiah terus menerus atau secara berlebihan, hati-hati itu bisa menjadi ciri love bombing

Misalnya, ia memberikan kamu karangan bunga, tas setiap hari hingga tiket liburan. 

Biasanya, pasangan tidak mau menerima penolakan dari kamu, sehingga kamu harus terus menerus menerima hadiah yang ia berikan. 

Hal ini bertujuan untuk memanipulasi kamu agar merasa berhutang sehingga pasangan akan lebih mudah untuk mengendalikan dan mengontrol kegiatan kamu. 

Tindakan ini juga sering seseorang lakukan sebagai sifat narsistik seseorang untuk menarik perhatian orang lain.

2. Tidak berhenti untuk menelpon atau mengirimkan pesan singkat

Seorang love bombers selalu menuntut perhatian dari kamu. Ia memiliki kebiasaan menelpon kamu terus menerus.

Tidak hanya itu, mereka juga kerap mengirimkan pesan singkat untuk mengetahui apa saja yang kamu lakukan secara mendetail.

Tentunya hal ini lama kelamaan bisa membuat kamu terganggu, tidak nyaman bahkan memicu stres hingga gangguan cemas.

3. Mengisolasi dari orang-orang sekitar

Pasangan yang love bombing juga akan mengisolasi kamu dari keluarga dan teman-teman agar mereka bisa memperkuat kendalinya atas kamu dan aktivitas yang kamu ikut. 

Terkadang, ciri love bombing ini terlihat sangat jelas. Misalnya, ketika pasangan tidak mengizinkan kamu melakukan aktivitas tertentu, pergi ke tempat tertentu atau menghabiskan waktu bersama orang lain tanpa kehadiran mereka.

Namun, di lain waktu, ciri ini bisa bersifat lebih halus, seperti pelaku akan menjadi murung, gelisah atau sedih setiap kali kamu mencoba melakukan sesuatu tanpa mereka.

Apa pun bentuknya, jika pasangan kamu mencoba memaksa kamu melakukan sesuatu yang tidak kamu sukai atau membuat kamu merasa tidak aman, ini adalah tanda pelecehan emosional.

4. Tidak bisa menerima kata “tidak”

Ini berlaku dalam setiap situasi. Bila kamu memberitahu pelaku love bombing bahwa kamu tidak setuju dengan perilakunya atau mencoba menetapkan batasan yang sehat, kemungkinan besar ia akan mengajak kamu berdebat, mempertanyakan cara berpikir kamu, bahkan mungkin membuat kamu percaya bahwa kamu salah karena mengatakan hal itu.

Ketahui juga Ciri-Ciri Pasangan Manipulatif yang Perlu Diwaspadai.

Ini Cara Terhindar dari Love Bombing

Bagi kamu yang menyukai pasangan romantis, mungkin akan sulit mengenali ciri-ciri pasangan love bombing pada awalnya.

Namun, agar kamu bisa terhindar dari jenis hubungan tidak sehat, berikut adalah beberapa tips agar terhindar dari love bombing:

  • Hati-hati dengan segala perhatian atau hadiah yang berlebihan di awal hubungan. Ingat, segala sesuatu yang terlalu indah untuk menjadi kenyataan, mungkin memang tidak baik.
  • Belajar untuk mengenali dan menghindari orang narsis. Seseorang dengan gangguan kepribadian narsistik akan menunjukkan kurangnya empati terhadap orang lain, ingin selalu mendapatkan perhatian, rasa penting yang berlebihan, dan lain-lain.
  • Waspadai kerentanan kamu sendiri. Bila kamu berasal dari keluarga yang tidak terikat secara emosional atau belajar untuk merasa dicintai dengan menerima hadiah, kamu mungkin sangat rentan terhadap pelaku love bombing. Cobalah untuk menjalin hubungan dengan perlahan dan ekstra hati-hati, serta beri diri waktu untuk pulih.
  • Coba buatlah daftar periksa mengenai seperti apa hubungan yang sehat. Menurut Shirin Peykar, LMFT, seorang terapis pernikahan dan keluarga berlisensi dari California, hubungan yang mapan dan berkembang harus melibatkan kemauan untuk mendengarkan, empati, rasa hormat, kasih sayang dan menghargai.

Kamu juga bisa intip Ini Cara Menghadapi Seseorang yang Kerap Lakukan Manipulasi agar kamu tahu bagaimana harus menghadapi pasangan manipulatif.

Itulah penjelasan mengenai love bombing. Bila kamu mengalami masalah dalam hubunganmu dengan pasangan, atau hubungan yang kamu jalani seringkali membuat kamu sedih atau stres, tidak ada salahnya untuk mendiskusikan hal ini dengan ahlinya. 

Kamu bisa coba menghubungi psikolog melalui aplikasi Halodoc. Melalui Video/Voice Call dan Chat, kamu bisa menjelaskan keadaan yang kamu alami dan minta saran kesehatan dari ahlinya.

Sementara itu, jika kamu ingin mengetahui masalah kesehatan mental lainnya, kamu bisa cek di sini: Jelajahi Topik Konseling Umum.

Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga melalui App Store atau Google Play!

Referensi:
Very Well Mind. Diakses pada 2023. What Is Love Bombing?
Healthline. Diakses pada 2023. Love Bombing: 10 Signs of Over-the-Top Love.
Cleveland Clinic. Diakses pada 2023. What Is Love Bombing?
Psycom. Diakses pada 2023. Love Bombing: What Is It And How to Protect Yourself.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan