Mengenal Manfaat Menanam Sayur Bebas Pestisida di Rumah

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   27 Desember 2022

“Ada banyak sekali manfaat dari mengonsumsi sayur bebas pestisida bagi kesehatan. Maka dari itu, memastikan diri sendiri dan keluarga untuk menghindarinya sangat perlu untuk dilakukan.”

Mengenal Manfaat Menanam Sayur Bebas Pestisida di RumahMengenal Manfaat Menanam Sayur Bebas Pestisida di Rumah

Halodoc, Jakarta – Sayuran adalah salah satu makanan yang dibutuhkan oleh tubuh agar tetap sehat. Selain itu, kamu juga perlu memastikan sayuran yang dikonsumsi bebas pestisida, agar terjamin kebersihannya. 

Nah, salah satu caranya adalah dengan menanam sayuran di rumah. Sebab, ada banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan oleh tubuh dengan mengonsumsi sayur bebas pestisida.

Manfaat dari Konsumsi Sayur Bebas Pestisida

Pestisida adalah bahan kimia yang digunakan untuk membunuh serangga, jamur, dan semua hal yang dapat membuat sayur gagal panen. Namun, zat ini tidak dapat membedakan antara hama dengan organisme tanah atau mikroba yang ternyata bermanfaat bagi tanaman.

Jika kamu memiliki anak kecil atau hewan peliharaan yang bermain di area paparan pestisida, risiko untuk mengalami komplikasi kesehatan lebih tinggi. Beberapa penyakit yang bisa terjadi, seperti kanker, alzheimer, dan masih banyak lagi.

Lalu, apa saja sih manfaat dari mengonsumsi sayur bebas pestisida?

1. Aman untuk Lingkungan Sekitar

Dengan menghindari konsumsi sayur yang menggunakan pestisida, kamu dapat memastikan jika bayi, hewan peliharaan, dan serangga lainnya tidak mendapatkan efek buruk dari penggunaan zat kimia tersebut. Sebab, zat kimia ini memiliki sifat keras dan termasuk bahan penyebab kanker (karsinogenik) di dalam kandungannya.

2. Mengurangi Gas Rumah Kaca

Dengan menolak penggunaan pupuk kimia, kamu dapat mengurangi pelepasan gas rumah kaca serta membantu lapisan ozon tidak mudah memudar. Zat kimia ini dapat melepaskan nitro oksida, zat yang jauh lebih berbahaya dibandingkan karbon dioksida terhadap kelangsungan bumi.

3. Menghemat Biaya

Untuk seseorang yang menanam sayur di rumah, penggunaan pestisida mungkin tidak diperlukan, sehingga dapat menghemat biaya. Sebab, jika sayuran yang ditanam sehat, kemampuannya dalam melawan hama dan berbagai penyakit bisa dilakukan tanpa penggunaan zat kimia tersebut.

4. Menghindari Risiko Penyakit Tertentu

Seseorang yang terus-menerus terpapar pestisida, zat kimia racun ini dapat bertumpuk di dalam tubuh dapat menyebabkan masalah kesehatan. Berbagai masalah yang bisa terjadi, seperti iritasi mata, masalah kulit, hingga kelainan kronis layaknya gangguan saraf.

5. Kandungan Antioksidan Lebih Tinggi

Sayuran yang tidak menggunakan pestisida memiliki kandungan antioksidan lebih tinggi. Hal ini mampu membantu melindungi tubuh dari radikal bebas, sehingga risiko untuk mengalami penyakit serius lebih kecil. Bahkan kandungannya mencapai 69% dari satu tanaman, sehingga sangat baik untuk sistem kekebalan tubuh.

6. Rasa Lebih Segar dan Nikmat

Tidak menggunakan bahan pengawet membuat produk organik ini bertahan lebih lama serta rasanya lebih segar dan nikmat saat disantap. Sayuran ini memiliki struktur dan nutrisi yang lebih baik, sebab membutuhkan lebih banyak waktu untuk tumbuh. Maka dari itu, sayuran tanpa pestisida memiliki tampilan yang baik dan rasa yang lebih nikmat.

Itulah berbagai manfaat mengonsumsi sayur bebas pestisida yang ditanam di rumah. Kamu bisa memastikan sayuran ini tumbuh dengan baik, sehingga jerih payah kamu selama ini terbayar dengan baik. Selain itu, hal ini juga memastikan keluarga mendapatkan asupan makanan yang bersih dari zat kimia apa pun.

Jika masih memiliki pertanyaan lainya terkait manfaat dari konsumsi sayur bebas pestisida, fitur tanya dokter dari Halodoc bisa digunakan untuk mendapatkan interaksi langsung dengan ahlinya. Cukup dengan download aplikasi Halodoc, segala kemudahan dalam akses kesehatan bisa didapatkan melalui smartphone di tangan. Unduh sekarang juga!

Referensi:
Nature Zedge. Diakses pada 2022. The Ultimate Guide To Gardening Without Pesticides.
Outlook India. Diakses pada 2022. Here’s How The Pesticide-Free Food Products Can Be A Part Of Your Good Health.
Refresh Your Life. Diakses pada 2022. Why Consume Pesticide-Free Food?

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan