Mengenal Operasi Bariatric pada Pengidap Obesitas

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   07 Desember 2022

“Prosedur operasi bariatric bisa jadi solusi untuk mencegah komplikasi akibat obesitas. Namun, ini bukan prosedur untuk tujuan kosmetik.”

Mengenal Operasi Bariatric pada Pengidap ObesitasMengenal Operasi Bariatric pada Pengidap Obesitas

Halodoc, Jakarta – Operasi bariatric adalah bagian dari program penurunan berat badan multidisiplin. Ini juga mencakup pola makan sehat, olahraga, dan perawatan kondisi seperti diabetes tipe 2 atau penyakit tiroid. 

Ada beberapa jenis operasi bariatric, yaitu bypass lambung, pengikatan lambung, dan lainnya. Semuanya memiliki tujuan akhir yang sama, yaitu mengurangi jumlah makanan yang dapat tubuh serap untuk mendorong penurunan berat badan. 

Tujuan Operasi Bariatric

Operasi bariatric adalah prosedur medis untuk membantu menghindari komplikasi kesehatan akibat obesitas, bukan karena alasan kosmetik. Prosedur ini bertujuan untuk mengurangi jumlah kalori yang tubuh serap untuk mendorong penurunan berat badan.

Obesitas dapat menyebabkan komplikasi seperti diabetes tipe 2, hipertensi, penyakit jantung, kolesterol, masalah tidur, dan lain-lain. Operasi bariatric dapat mengecilkan perut dan/atau merestrukturisasi bukaan perut untuk mengurangi jumlah makanan yang dapat kamu makan. 

Biasanya, operasi membuat makan berlebihan menjadi tidak nyaman, yang mendorong kamu makan lebih sedikit. Namun kamu tetap harus menjaga pola makan sehat yang rendah kalori, kaya nutrisi, dan tidak menyebabkan kembung berlebihan atau malabsorpsi.

Seperti Apa Prosedurnya?

Dokter bedah akan memulai prosedur operasi bariatric dengan membuat sayatan di kulit. Jika kamu menjalani laparotomi terbuka, dokter akan membuat sayatan besar di perut dan mungkin juga usus kecil. Ukuran dan lokasi sayatan tergantung pada jenis prosedur yang kamu jalani.

Jika kamu menjalani prosedur laparoskopi invasif minimal, dokter akan membuat empat hingga enam sayatan perut kecil, yang panjangnya masing-masing sekitar 2,5 atau 5 cm.

Setelah itu, dokter akan membuat sayatan di mesothelium atau penutup pelindung di bawah kulit yang membungkus organ perut. Dokter bedah kemudian akan memiliki akses ke perut dan area sekitarnya.

Langkah selanjutnya dari operasi dapat bervariasi, tergantung pada jenis prosedur bariatric yang kamu jalani. Namun, secara umum, operasi bariatric akan mencakup satu atau beberapa langkah berikut:

  • Penempatan balon di perut.
  • Penempatan band di sekitar perut.
  • Reseksi sebagian perut dan menutup perut dengan jahitan untuk mencegah bocornya isi perut.
  • Memotong bukaan usus jauh dari bukaan lambung dan dengan pembedahan, dan memindahkannya ke bukaan baru yang lebih tinggi di lambung.

Setelah dokter memposisikan perut dan usus kecil secara optimal dan semua sayatan di organ tersebut ditutup, dokter juga akan menutup semua sayatan yang dibuat di mesothelium.

Setelah itu, dokter menempatkan saluran pembuangan sementara di perut, dengan tabung memanjang ke luar tubuh untuk mengumpulkan cairan peradangan. Saluran pembuangan mungkin tetap terpasang sampai peradangan mereda, mungkin beberapa minggu setelah operasi.

Dokter akan menutup sayatan di kulit dan membalut luka operasi dengan pembalut bedah. Lalu, dokter akan menghentikan anestesi dan melepas tabung pernapasan. Tim anestesi akan mengecek dan memastikan kamu bernapas secara mandiri sebelum membawa kamu ke area pemulihan bedah.

Ketahui Risikonya

Saat menimbang pro dan kontra operasi bariatric, penting untuk mempertimbangkan risiko operasi itu sendiri. Selain itu juga kemungkinan efek samping yang mungkin terjadi setelahnya.

Semua operasi pasti memiliki risiko tertentu. Operasi yang lebih lama dan lebih kompleks mungkin memiliki lebih banyak risiko. Untuk operasi bariatric, risiko yang dapat terjadi meliputi:

  • Perdarahan.
  • Infeksi.
  • Gumpalan darah.
  • Hernia.
  • Obstruksi usus kecil.
  • Kebocoran anastomosis.

Itulah pembahasan mengenai operasi bariatric, yang bisa jadi solusi untuk mencegah komplikasi akibat obesitas. Jika kamu ingin mengetahui lebih lanjut mengenai operasi ini, download Halodoc saja untuk bertanya pada dokter melalui chat.

Referensi:
Cleveland Clinic. Diakses pada 2022. Bariatric Surgery.
Very Well Health. Diakses pada 2022. Bariatric Surgery: Everything You Need to Know.
WebMD. Diakses pada 2022. What is Bariatric Surgery?

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan