Mengenal Peranan Asisten Dokter Gigi dalam Ilmu Kesehatan

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   01 Maret 2023

“Keberadaan asisten dokter gigi sangat penting untuk memastikan bahwa segala tindakan berjalan lancar. Asisten dokter gigi adalah tenaga ahli yang bekerja di bawah dokter gigi untuk membantu segala keperluan yang berkaitan dengan pasien.”

Mengenal Peranan Asisten Dokter Gigi dalam Ilmu KesehatanMengenal Peranan Asisten Dokter Gigi dalam Ilmu Kesehatan

Halodoc, Jakarta – Segala prosedur yang dokter gigi lakukan tidak bisa berjalan tanpa bantuan. Oleh sebab itu, keberadaan asisten gigi sangat penting untuk memastikan bahwa segala tindakan berjalan lancar. Asisten dokter gigi adalah tenaga ahli yang bekerja di bawah dokter gigi untuk membantu segala keperluan yang berkaitan dengan pasien. 

Ruang lingkup deskripsi pekerjaannya cukup luas, mulai dari awal hingga akhir prosedur gigi. Berikut penjelasan lebih jauh tentang tugas mereka secara detail.

Tugas Asisten Dokter Gigi

Tugas yang harus asisten gigi lakukan bisa jadi berbeda-beda tergantung klinik gigi tempat mereka bekerja, ketentuan di negara tersebut, dan kebutuhan dokter gigi itu sendiri. Akan tetapi, berikut tugas asisten dokter gigi secara umum:

1. Membantu dokter gigi selama prosedur

Tugas yang paling umum diketahui tentang posisi pekerjaan ini adalah membantu dokter gigi selama tindakan berlangsung. Hal ini termasuk:

  • Menyiapkan alat-alat yang dokter gigi butuhkan. 
  • Mengambil alat sesuai kebutuhan.
  • Mengoleskan anestesi jika butuh.
  • Membersihkan mulut dan mengontrol saliva pasien.
  • Memegang alat-alat medis selama tindakan berlangsung.
  • Mengatur pencahayaan dari lampu dental unit selama tindakan.

2. Mensterilkan alat dan perlengkapan dokter gigi

Menghindari bakteri yang dapat menyebabkan infeksi adalah tugas yang sangat penting. Oleh karena itu, seluruh alat dan perlengkapan di klinik gigi harus disterilkan secara berkala. Asisten dokter gigi bertugas untuk membersihkan area tindakan sebelum dan sesudah pemakaian serta mensterilisasi alat-alat tindakan. 

3. Mengerjakan keperluan administratif dan interpersonal

Selain membantu ketika dokter gigi sedang melakukan tindakan pada pasien, asisten dokter gigi juga akan membantu keperluan administratif. Kegiatan administratif yang dimaksud seperti menulis rekam medis, menjadwalkan waktu konsultasi dengan dokter, dan menjelaskan prosedur kesehatan baik sebelum atau sesudah tindakan. 

Selain itu, tugas mereka juga termasuk memastikan seluruh bahan-bahan dan material untuk tindakan selalu tersedia dalam jumlah yang cukup.

4. Melakukan tugas laboratorium

Asisten gigi juga bertugas untuk keperluan laboratorium, tentunya berdasarkan permintaan dokter gigi. Mereka harus bisa melakukan rontgen gigi, membuat mahkota gigi sementara, dan mengambil cetakan gigi dan mulut dari gips. Oleh karena itu, asisten gigi harus sudah memiliki pengetahuan sebelumnya tentang cara melakukan rontgen gigi. 

Selain itu, kamu juga bisa baca artikel ini untuk lebih mengenal Dokter Gigi dan Penyakit serta Tindakan yang Bisa Ditangani.

Cara Menjadi Asisten Dokter Gigi

Menjadi asisten dokter gigi tentunya membutuhkan keahlian teknis dan juga kepribadian yang sesuai. Oleh karena itu, tidak bisa sembarang orang bisa menjadi asisten dokter gigi. 

Untuk mendapatkan pengetahuan dasar dan keterampilan yang dibutuhkan, ada beberapa tahap yang harus kamu tempuh.

Kamu dapat memperoleh pendidikan formal untuk menjadi asisten gigi melalui Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Kini sudah banyak SMK yang membuka jurusan asisten kesehatan gigi. Selain SMK, juga sudah ada beberapa universitas baik dalam negeri atau luar negeri yang dapat memberikan pengajaran formal. 

Setelah itu, yang harus kamu lakukan adalah memenuhi persyaratan praktik dengan mendapatkan sertifikasi. Jika sertifikasi sudah kamu dapatkan, baru secara resmi kamu dapat bertugas.

Nah, itulah informasi seputar asisten gigi yang bisa membantu kamu mengenal mereka lebih jauh. Apabila kamu ingin berkomunikasi secara langsung tentang masalah gigi, jangan khawatir! 

Kini, kamu dapat melakukan konsultasi kesehatan dengan mudah. Kamu pun bisa mendapatkan kebutuhan kesehatan untuk perawatan gigi langsung dari aplikasi Halodoc.

Tunggu apa lagi? Ayo download Halodoc sekarang juga!

Referensi: 
U.S. Bureau of Labor Statistics. Diakses pada 2023. Dental Assistants
ExploreHealthCareers. Diakses pada 2023. Dental Assistant

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan