• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Mengenal Snorkeling dan Teknik Dasar untuk Para Pemula
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Mengenal Snorkeling dan Teknik Dasar untuk Para Pemula

Mengenal Snorkeling dan Teknik Dasar untuk Para Pemula

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 07 November 2022

“Snorkeling menjadi kegiatan yang menyenangkan untuk menikmati pemandangan bawah laut. Namun, ketahui teknik dasarnya agar kamu bisa melakukan kegiatan ini dengan aman.”

Mengenal Snorkeling dan Teknik Dasar untuk Para PemulaMengenal Snorkeling dan Teknik Dasar untuk Para Pemula

Halodoc, Jakarta – Menjelajah alam di bawah laut menjadi hal yang tidak kalah seru dibandingkan dengan perjalanan alam di daratan. Jika kamu belum bisa melakukan penyelaman dengan jarak yang cukup dalam, tidak perlu khawatir karena kamu bisa melakukan snorkeling untuk menikmati vegetasi bawah laut.

Namun, saat kamu melakukan snorkeling, kamu juga perlu mengetahui berbagai tips dan cara melakukannya dengan tepat untuk menghindari berbagai kecelakaan kecil. Untuk itu, ketahui berbagai teknik dasar snorkeling yang tepat untuk para pemula agar kamu bisa menikmati keindahan bawah laut dengan lebih aman berikut ini!

Apa Itu Snorkeling?

Snorkeling adalah salah satu kegiatan yang bisa dilakukan untuk menikmati pemandangan bawah laut dari permukaan yang tidak terlalu dalam. Saat melakukan kegiatan ini, kamu hanya disarankan untuk melakukan penyelaman sedalam 1-3 meter. Jika kamu terus melakukan penyelaman tanpa alat tabung oksigen, hal ini dapat memicu gangguan pada paru-paru.

Meski sangat terbatas, kamu tetap dapat menikmati pemandangan bawah laut. Bahkan kamu tetap bisa menikmati terumbu karang hingga ikan-ikan kecil yang berada di sekitar terumbu karang.

Kegiatan ini juga bisa dilakukan siapa saja, karena saat melakukannya, kamu akan dilengkapi dengan berbagai alat, seperti baju pelampung. Selain baju pelampung, saat melakukan snorkeling kamu juga membutuhkan peralatan lainnya, seperti fin atau kaki katak, snorkel, kacamata menyelam, hingga pakaian renang.

Jangan lupa untuk menjaga kesehatan kulit dari paparan sinar matahari dengan menggunakan tabir surya. Namun, pastikan memilih produk yang ramah lingkungan. Hal ini dilakukan untuk mencegah paparan bahan kimia berbahaya yang bisa saha memicu kerusakan pada terumbu karang dan makhluk hidup lainnya. 

Teknik Dasar Snorkeling untuk Pemula

Setelah semua peralatan lengkap, tentunya kamu perlu melakukan pengecekan terhadap kecocokan peralatan yang akan kamu gunakan. Pastikan masker selam, fin, hingga snorkel sesuai dan tidak kebesaran atau kekecilan.

Selain itu, pastikan kamu juga menggunakan jaket pelampung. Alat ini bukan hanya untuk orang-orang yang kurang mahir dalam berenang, jaket pelampung bisa mencegah kecelakaan ketika kamu mengalami kelelahan saat snorkeling.

Selain itu, jangan lupa untuk mengetahui teknik dasar yang perlu dilakukan oleh pemula sebelum melakukan snorkeling, yaitu:

  • Gunakan masker selam hingga menutup mata dan hidung. Posisikan ujung snorkel dekat dengan mulut.
  • Dengan jaket pelampung, cobalah untuk mengambang secara datar di permukaan air. Kemudian, perlahan masukkan ujung snorkel ke dalam mulut.
  • Bernapaslah perlahan melalui mulut menggunakan snorkel.
  • Jika kamu ingin menikmati pemandangan bawah laut, tetaplah tenang. Namun, jika ingin berpindah lokasi, kamu bisa melakukan gerakan renang untuk menuju lokasi yang ingin kamu capai.

Itulah beberapa teknik yang perlu kamu ketahui untuk melakukan snorkeling. Jika kamu pemula, sebaiknya hindari melakukan kegiatan ini sendirian. Lakukan kegiatan ini berkelompok untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

Lakukan kegiatan ini saat cuaca sedang cerah dan pastikan kamu berada di laut dengan kondisi ombak yang tenang. Dengan begitu, kegiatan ini bisa dilakukan dengan lebih aman dan pastinya menyenangkan.

Selain itu, meskipun kamu kagum dengan keindahan bawah laut, sebaiknya hindari menyentuh terumbu karang atau berdiri di atasnya. Hal tersebut dapat memicu kerusakan lingkungan yang merugikan banyak orang.

Snorkeling bisa menyebabkan kamu mengalami paparan sinar matahari atau bahkan cedera. Jika kamu mengalami cedera setelah melakukan kegiatan ini, segera konsultasikan dengan dokter spesialis olahraga. Caranya download aplikasi Halodoc melalui App Store atau Google Play.

Banner aplikasi Halodoc
Referensi:
Sandals Blog. Diakses pada 2022. Amazing Snorkeling Tips For Beginners That Will Make You Look Like a Pro.
Deep Blue Diving. Diakses pada 2022. How Deep Can You Snorkel? – Underwater Snorkeling Guide.
Sea Paradise. Diakses pada 2022. What Is Snorkeling? Is It Fun?