Mengenal Teknik Butterfly Hug yang Baik untuk Membuat Emosi Stabil

4 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   09 November 2023

“Butterfly hug adalah teknik yang cukup efektif untuk membantu meredakan emosi dan mengatasi kecemasan. Teknik ini melibatkan pernapasan yang dalam melalui diafragma dengan tangan disilangkan di depan dada untuk mengurangi emosi.”

Mengenal Teknik Butterfly Hug yang Baik untuk Membuat Emosi StabilMengenal Teknik Butterfly Hug yang Baik untuk Membuat Emosi Stabil

DAFTAR ISI

  1. Apa Itu Butterfly Hug?
  2. Manfaat Melakukan Butterfly Hug
  3. Cara Melakukan Butterfly Hug

Halodoc, Jakarta – Terkadang peristiwa-peristiwa tidak menyenangkan yang bisa terjadi dalam hidup yang bisa membuat kamu marah, stres, cemas, dan sangat sedih. Namun, ada berbagai cara yang bisa kamu lakukan untuk meredakan emosi, salah satunya adalah teknik butterfly hug atau pelukan kupu-kupu.

Dalam dunia psikologi, metode ini sudah terkenal sebagai bentuk stimulasi mandiri untuk meredam rasa cemas yang berlebihan atau emosi yang meledak-ledak. Dengan begitu, kamu pun bisa menjadi lebih tenang dan berpikir dengan jernih.

Simak penjelasan mengenai butterfly hug dan cara melakukannya di sini!

Apa Itu Butterfly Hug?

Butterfly hug adalah adalah latihan terapeutik yang bisa membantu mengatasi kecemasan, stres, dan perasaan kewalahan.

Ini berasal dari suatu bentuk terapi yang bernama Eye Movement Desensitization Reprocessing (EMDR). Terapi ini penanganan kesehatan mental yang melibatkan menggerakkan mata dengan cara tertentu saat kamu memproses kenangan traumatis.

Perlu kamu ketahui bahwa tubuh kita memiliki respons stres alami. Tubuh akan mengirimkan sinyal “fight or flight” yang membantu kamu untuk menavigasi skenario bahaya dengan lebih baik.

Misalnya, ahli saraf Carolyn Leaf, PhD, menjelaskan bahwa pembuluh darah di sekitar jantung akan membesar saat kamu stres, sehingga meningkatkan aliran darah dan oksigen ke korteks frontal. Hal ini pada gilirannya bisa meningkatkan keterampilan pengambilan keputusan.

Nah, namun ketika kamu gagal mengelola stres kronis, respons stres yang terjadi berkepanjangan justru akan berdampak buruk pada kesehatan. Bila Stres Berat, Tubuh akan Alami Hal Ini.

Nah, mempelajari teknik menghilangkan stres bisa membantu mengurangi beban yang menekan tubuh dan pikiran kamu.

Menurut Hillary Schoninger, Pekerja Sosial Klinis Berlisensi di Chicago, belajar butterfly hug akan membantu kamu terhubung ke sisi sistem saraf yang lebih tenang, yang dikenal sebagai sistem parasimpatis.

Saat berada di zona ini, kamu menjadi lebih rileks secara fisik dan emosional. Selain itu, kamu juga bisa menurunkan kortisol, yang merupakan hormon stres utama yang kamu produksi saat sedang mengalami kecemasan atau stres.

Manfaat Melakukan Butterfly Hug

Berikut manfaat melakukan butterfly hug untuk menjaga kesehatan mental:

1. Membantu memulihkan trauma

Butterfly hug cukup efektif sebagai terapi pemulihan trauma. Ketika mengalami trauma, orang cenderung akan sering teringat kejadian buruk terus menerus. Kondisi itu tentu bisa menyebabkan kecemasan dan depresi.

Nah, dengan melakukan teknik pelukan ini secara konsisten, kamu bisa menghilangkan rasa cemas dan trauma masa lalu, serta membuat perasaan jauh lebih tenang.

2. Mengatasi rasa cemas

Manfaat butterfly hug lainnya adalah mengatasi rasa cemas. Kecemasan yang berlebihan bisa membuat seseorang tidak tenang, sehingga mengganggu kehidupan sehari-hari.

Nah, terapi ini bisa membantu mengurangi kecemasan, yaitu mengendalikan pikiran dan tubuh untuk membangun perasaan tenang.

Nah, untuk mengetahui masalah kesehatan mental lainnya, kamu bisa cek di sini: Jelajahi Topik Konseling Umum.

3. Membantu mengendalikan emosi

Biasanya ketika seseorang marah atau sedih berlebihan, ia cenderung kesulitan mengelola emosinya.

Terapi pelukan kupu-kupu bisa menyeimbangkan senyawa kimia di otak yang berfungsi mengatur suasana hati. Selain itu, terapi ini juga memunculkan hormon endorfin atau pereda stres.

Cara Melakukan Butterfly Hug

Cara melakukan butterfly hug cukup mudah dan bisa kamu lakukan kapan saja dan di mana saja.

Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah kenali dulu semua emosi dan perasaan yang kamu alami saat itu, dan jangan menghakimi emosi yang kamu rasakan. 

Lalu, berikut langkah-langkah melakukan butterfly hug:

  • Carilah lokasi yang nyaman, tenang, dan duduk tegak dengan punggung yang tegap.
  • Tutup atau turunkan sedikit mata kamu dan mulailah mengambil napas dalam-dalam dan fokus. Cobalah bernapas dari diafragma kamu jika memungkinkan.
  • Perhatikan emosi atau tekanan apa pun yang mungkin muncul dan teruslah bernapas melaluinya.
  • Silangkan tangan kamu dan letakkan di dada sehingga setiap jari tengah berada tepat di bawah tulang selangka yang berlawanan. Regangkan jari-jari kamu, letakkan di dada dan ibu jari mengarah ke dagu.
  • Kamu dapat mengaitkan ibu jari, sehingga terlihat seperti tubuh kupu-kupu dan tangan sebagai sayapnya.
  • Sekarang, tepukkan tangan kamu di dada secara bergantian, perlahan dan berirama (kiri, kanan, kiri, kanan, dan seterusnya) selama minimal 8 putaran. Jangan lupa bernapas dalam-dalam saat mengepakkan sayap kupu-kupu.
  • Lalu, berhentilah dan periksa tingkat emosi kamu. Jika belum membaik, cobalah beberapa set lagi yang terdiri dari 8 set. Berhentilah setelah setiap set untuk memeriksa tingkat stres kamu, lanjutkan jika tekanan kamu mulai berkurang atau lebih rileks.

Kamu juga bisa coba melakukan Cara Menghilangkan Stres yang Mudah dan Ampuh ini bila sedang mengalami stres.

Itulah penjelasan mengenai butterfly hug. Bila kamu mengalami stres dan kesulitan untuk mengelolanya, jangan ragu untuk menghubungi psikolog ahli di Halodoc.✔️

Melalui Video/Voice Call dan Chat, kamu bisa curhat dengan ahlinya kapan saja dan di mana saja.

Yuk, download aplikasinya sekarang juga untuk memperoleh solusi kesehatan terlengkap.

Referensi:
Today. Diakses pada 2023. Butterfly hugs, rainbow breathing and more ways to combat stress in minutes.
Counseling Connection. Diakses pada 2023. Try the Butterfly Hug to Help with PTSD Symptoms.
VOI. Diakses pada 2023. Getting To Know Butterfly Hug For Emotional Therapy, Here’s How To Do It.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan