Mengenal Tes Visus Mata untuk Menguji Ketajaman Penglihatan

4 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   29 Desember 2023

“Tes visus mata berfungsi untuk menguji ketajaman penglihatan. Dengan menggunakan tabel Snellen, tes ini membantu mendeteksi masalah penglihatan dan memastikan koreksi yang tepat untuk menjaga kesehatan mata.”

Mengenal Tes Visus Mata untuk Menguji Ketajaman PenglihatanMengenal Tes Visus Mata untuk Menguji Ketajaman Penglihatan

DAFTAR ISI

1. Apa itu Pemeriksaan Visus Mata?

2. Tes Visus Mata Snellen Chart

3. Prosedur Pemeriksaan Visus Mata


Halodoc, Jakarta – Tes visus mata atau yang lebih dikenal dengan ‘pemeriksaan mata’ merupakan langkah preventif dan pemeliharaan kesehatan mata. Tujuannya untuk mendeteksi dini masalah pada penglihatan.

Prosedur visus mata juga dapat memantau kesehatan mata bagi mereka yang sudah menggunakan kacamata dalam waktu yang lama. Pemeriksaan dapat memantau perkembangan dan memastikan koreksi penglihatan.

Untuk lebih jelasnya, simak di bawah ini pengertian dan prosedur selengkapnya!

Apa itu Pemeriksaan Visus Mata?

Pemeriksaan visus mata adalah evaluasi atau pengukuran kemampuan penglihatan seseorang. Tujuannya untuk menilai sejauh mana seseorang dapat melihat objek dengan jelas, baik dari dekat maupun jarak jauh. 

Pemeriksaan visus mata melibatkan penggunaan tabel Snellen atau grafik dalam berbagai ukuran. Hasilnya dapat membantu menentukan apakah seseorang memiliki masalah penglihatan atau butuh koreksi penglihatan, seperti kacamata atau lensa kontak.

Ketahui waktu yang tepat untuk melakukan visus mata pada anak dalam artikel ini: Catat, Ini Waktu yang Tepat Melakukan Pemeriksaan Mata Anak.

Tes Visus Mata Snellen Chart

Snellen chart atau grafik mata berguna untuk mengukur seberapa baik penglihatan seseorang dalam jarak tertentu. Prosedur ini ditemukan oleh Herman Snellen, dokter mata asal Belanda pada tahun 1862 untuk rekannya, Dr. Franciscus Donders. 

Dr. Donders melakukan pemeriksaan mata dengan meminta orang-orang melihat grafik di dinding dan menjelaskan apa yang dapat mereka lihat. Dr. Snellen membuat bagannya dengan skala geometris untuk mengetahui ketajaman penglihatan seseorang. 

Bagan yang dibuat oleh Dr. Snellen itu memiliki 11 baris huruf kapital, yang dikenal sebagai optotipe. Di bagian atas grafik hanya ada satu huruf, yaitu huruf “E” besar. Saat bergerak ke bawah baris grafik, huruf-hurufnya secara bertahap menjadi lebih kecil.

Bagan tersebut merupakan standar yang digunakan dokter mata saat mengukur penglihatan pasien. Lebih dari 100 tahun setelah penemuannya, peta Snellen masih digunakan oleh dokter mata di seluruh dunia.

Prosedur Pemeriksaan Visus Mata

Prosedur visus mata biasanya dilakukan oleh dokter spesialis mata. Pertama-tama, pasien akan duduk di kursi yang nyaman agar lebih rileks. Selanjutnya, dokter akan mengajukan beberapa pertanyaan, seperti:

  • Pernah atau sedang mengalami masalah mata di masa lalu atau saat ini.
  • Pernah mengalami masalah kesehatan umum dalam beberapa tahun terakhir.
  • Apakah lahir secara prematur.
  • Mengenakan kacamata atau lensa kontak sekarang dan seberapa baik cara kerja alat tersebut.
  • Pernah mengalami masalah kesehatan akhir-akhir ini.
  • Minum obat secara teratur.
  • Memiliki alergi terhadap obat, makanan, atau zat lain.
  • Pernah menjalani operasi mata.
  • Siapa saja anggota keluarga yang memiliki masalah mata, seperti degenerasi makula atau glaukoma.
  • Siapa saja anggota keluarga yang mengidap diabetes, tekanan darah tinggi, penyakit jantung, atau masalah kesehatan lain yang dapat mempengaruhi fungsi tubuh.

Setelah diskusi tersebut selesai, pengujian akan dimulai dengan:

  • Ketajaman penglihatan. Ini adalah ukuran kejernihan penglihatan untuk mengetahui seberapa baik penglihatan seseorang.
  • Tes respon pupil. Prosedur ini bertujuan untuk mengetahui cara pupil membesar dan mengecil sebagai respons terhadap cahaya. Reaksi pupil tertentu dapat menunjukkan masalah neurologis.
  • Confrontation visual field test. Tujuannya untuk mengetahui bidang penglihatan, termasuk penglihatan tengah dan samping (perifer) dengan mengukur otot-otot yang mengontrol pergerakan mata.
  • Cover test. Tes sederhana ini mengukur seberapa baik kedua bola mata dalam bekerja sama. Tujuannya untuk mendeteksi mata juling (strabismus) dan mata malas (ambliopia).
  • Tes buta warna. Tes ini merupakan evaluasi gejala yang mungkin mengindikasikan masalah retina atau saraf optik, seperti penurunan penglihatan atau melihat bintik hitam atau putih secara terus-menerus. Ketahui faktanya di sini: Ini 4 Fakta Menarik yang Perlu Diketahui Seputar Tes Buta Warna
  • Retinoskopi. Tujuannya untuk mengukur rabun jauh, rabun jauh, astigmatisma (ketidakteraturan pada kelengkungan kornea), dan presbiopia.

Visus mata juga dapat mendeteksi mata silinder dan menentukan jenis kacamata yang cocok untuk pengidap. Ketahui selengkapnya dalam artikel ini: Mengenal Pemeriksaan Tes Mata Silinder dan Jenis-Jenisnya.

Itulah penjelasan mengenai tes visus mata dan prosedur yang umum dilakukan.  Bila kamu atau anggota keluarga mengalami keluhan berupa gatal atau kemerahan pada mata, berikut obat yang bisa digunakan: “11 Rekomendasi Obat Tetes Mata untuk Redakan Gatal dan Kemerahan

chat dokter halodoc
Referensi:
American Academy of Ophthalmology. Diakses pada 2023. All About the Eye Chart.
All About Vision. Diakses pada 2023. Snellen chart: What it is, how it works and printable download.
Cleveland Clinic. Diakses pada 2023. Eye Exam: What to Expect.
Very Well Fit. Diakses pada 2023. What Is an Eye Exam?

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan