• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Mengenali Karakter dan Tipe dari Kepribadian ENFJ

Mengenali Karakter dan Tipe dari Kepribadian ENFJ

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Mengenali Karakter dan Tipe dari Kepribadian ENFJ

“Kepribadian ENFJ dibagi menjadi dua, yaitu ENFJ-A dan ENFJ-T. Secara umum, kedua jenis kepribadian ini memiliki karakter yang sama. Perbedaannya ada pada huruf A dan T yang menyertainya. A merupakan singkatan dari assertive dan T merupakan singkatan dari turbulent. Perbedaan utama dari keduanya terletak pada tingkat kepercayaan diri.

Halodoc, Jakarta – Kepribadian ENFJ atau dikenal juga dengan sebutan kepribadian Protagonis adalah orang-orang yang memiliki sejumlah ciri kepribadian. Secara umum, orang dengan kepribadian ini dikenal sebagai orang yang extravert, intuitive, feeling, serta judging. ENFJ disebut sebagai tipe yang hangat, suka berterus terang, serta senang membantu orang lain. 

Orang dengan kepribadian ENFJ juga cenderung memiliki ide dan nilai-nilai yang kuat sehingga disebut terlahir sebagai seorang pemimpin. Hal ini juga diperkuat dengan energi dan kreativitas tinggi yang bisa membantu pemilik kepribadian ini dalam mencapai tujuan. ENFJ dibedakan menjadi dua tipe, yaitu ENFJ-A dan ENFJ-T. Apa perbedaannya? Cari tahu di artikel berikut ini!

Baca juga: Adakah Hubungan Golongan Darah dengan Kepribadian?

Membedakan Tipe Kepribadian ENFJ 

Orang dengan kepribadian ini dikenal memiliki tujuan yang besar dalam hidup, bijaksana, serta idealis. Karena itu, pemilik kepribadian ENFJ selalu berusaha untuk memberikan dampak positif pada orang lain di sekitarnya. Tipe kepribadian ini dibedakan menjadi dua, yaitu ENFJ-A dan ENFJ-T. Secara umum, karakter yang ditunjukkan pada pemilik kepribadian ini sama.

Pebedaannya ada pada ciri A (assertive) dan T (turbulent) yang menyertai. Berikut penjelasannya! 

  1. ENFJ-A
ENFJ-A

Tipe yang pertama adalah ENFJ A, huruf A merupakan singkatan dari assertive. Orang dengan kepribadian ini digambarkan memiliki pembawaan yang lebih tenang serta tidak mudah merasa khawatir secara berlebihan. Kepribadian ENFJ tipe A cenderung lebih percaya diri dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Sayangnya, hal ini bisa menjadi kelemahan di mana pemilik kepribadian ini seringkali menjadi terlalu percaya diri. Kelemahan lainnya adalah ENFJ-A seringkali tidak memiliki empati, karena terbiasa memilih dan mengambil keputusan sendiri, berkat rasa percaya dirinya yang tinggi. Namun, hal ini yang membuat pemilik kepribadian ini menjadi pemimpin yang bisa diandalkan.

Baca juga: 4 Tes Psikologi untuk Mengetahui Kepribadian Diri

  1. ENFJ-T 
ENFJ-T

Sementara huruf T pada ENFJ-T berarti turbulent. Orang dengan tipe kepribadian ini biasanya lebih perfeksionis, memiliki keinginan yang kuat untuk sukses, tetapi cenderung memiliki rasa percaya diri yang tidak terlalu tinggi. Namun, hal tersebut membuatnya menjadi pemimpin yang rendah hati. ENFJ-T juga memiliki rasa empati yang cukup tinggi. Dalam mengambil keputusan, orang dengan kepribadian ini juga cenderung membutuhkan nasihat serta masukan dari orang lain. Hal itu bisa menjadi kelemahan pemilik kepribadian ini. Pemilik kepribadian ENFJ-T cenderung memikirkan kritikan orang lain dan terkadang menyesali keputusan yang pernah dibuatnya. 

Baca juga: 5 Tanda Kondisi Psikologis Sedang Terganggu

Masih penasaran tentang tipe kepribadian atau mau membicarakan masalah terkait psikologis? Hubungi psikolog di aplikasi Halodoc saja. Lebih mudah menghubungi psikolog melalui Video/Voice Call atau Chat. Yuk, download Halodoc sekarang di App Store atau Google Play! 

This image has an empty alt attribute; its file name is Banner_Web_Artikel-01.jpeg
Referensi: 
16 Personalities. Diakses pada 2021. ENFJ-Personality.
Psychreel. Diakses pada 2021. ENFJ-A / ENFJ-T (How they differ).