Mengenali Karakter dan Tipe dari Kepribadian ENFP

Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   07 Oktober 2021
Mengenali Karakter dan Tipe dari Kepribadian ENFPMengenali Karakter dan Tipe dari Kepribadian ENFP

“Apakah kamu atau orang terdekat memiliki tipe kepribadian ENFP? Ada beberapa karakter yang paling menonjol dari mereka, seperti memiliki kemampuan sosial yang baik, tidak menyukai rutinitas, mudah terganggu, dan fleksibel. Selain banyak keunggulannya, mereka juga punya beberapa kelemahan.”

Halodoc, Jakarta – Tipe kepribadian ENFP adalah salah satu dari 16 jenis kepribadian yang diidentifikasi oleh indikator tipe Myers-Briggs (MBTI). Akronim dari ENFP adalah extraverted, intuitive, feeling, dan perceiving. Tipe kepribadian ini disebut juga sebagai campaigner atau juru kampanye.

Orang dengan tipe kepribadian ini sering digambarkan sebagai orang yang penuh antusias, karismatik, dan kreatif. Orang dengan tipe kepribadian ENFP juga sangat menawan, energik, dan mandiri. Mereka kreatif dan melakukan yang terbaik dalam situasi di mana mereka memiliki kebebasan untuk menjadi kreatif dan inovatif. Diperkirakan 5 hingga 7 persen populasi manusia memiliki kepribadian ENFP.

Baca juga: Pola Asuh Anak Berpengaruh pada Perkembangan Karakternya

Karakter Kepribadian ENFP

Berikut ini beberapa ciri utama dari tipe kepribadian ENFP

  1. Kemampuan Sosial yang Baik
Mengenali Karakter dan Tipe dari Kepribadian ENFP

Tipe kepribadian ENFP memiliki keterampilan sosial yang sangat baik. Selain memiliki banyak antusiasme, mereka juga benar-benar peduli dengan orang lain. Mereka pandai memahami apa yang dirasakan orang lain. Mengingat mereka memiliki semangat, karisma, dan kreativitas yang luar biasa merupakan keunggulannya, selain itu mereka juga dapat menjadi seorang pemimpin yang hebat.

  1. Tidak Menyukai Rutinitas
tidak suka rutinitias

Tipe kepribadian ENFP yang paling menonjol lainnya adalah sangat tidak menyukai rutinitas dan lebih suka fokus pada masa depan. Ini karena mereka cukup hebat dalam menghasilkan ide-ide baru, tetapi mereka terkadang menunda tugas-tugas penting sampai menit terakhir. 

Baca juga: Pentingnya Peran Ibu dalam Membentuk Karakter Anak

  1. Mudah Terganggu
mudah terganggu

Seperti yang disebutkan sebelumnya, tipe kepribadian ENFP sangat tidak menyukai rutinitas, sehingga ia dapat dengan mudah terganggu saat melakukan pekerjaan. Terutama ketika mereka mengerjakan sesuatu yang tampaknya membosankan atau tidak menarik.

  1. Fleksibel
fleksibel

ENFP cukup fleksibel dan suka membuka pilihan mereka. Mereka bisa spontan dan sangat mudah beradaptasi untuk berubah. Namun, mereka mungkin memiliki masalah dengan disorganisasi dan kerap menunda pekerjaan. 

Baca juga: 4 Tanda Seseorang Punya Karakter Sosiopat

Selain itu, berikut ini keunggulan dan kelemahan dari tipe kepribadian ENFP:

  1. Keunggulan:
  • Hangat dan antusias.
  • Empati dan peduli.
  • Keterampilan orang yang kuat.
  • Keterampilan komunikasi yang kuat.
  • Menyenangkan dan spontan.
  • Sangat kreatif.
  1. Kelemahan:
  • Perlu persetujuan dari orang lain
  • Agak berantakan.
  • Cenderung dengan mudah stres.
  • Bisa terlalu emosional.
  • Overthinking
  • Sangat kesulitan untuk mengikuti aturan.

Itulah beberapa karakter utama dari tipe kepribadian ENFP. Salah satu kelemahan yang paling menonjol dari ENFP adalah sering overthinking. Kadang kebiasaan ini bisa sangat mengganggu dan menyebabkan stres dan depresi jika tidak dikontrol. Nah, jika kamu atau orang terdekat kamu sedang mengalami depresi dan membutuhkan pertolongan, sebaiknya ajak mereka menemui psikolog di rumah sakit. Kamu pun bisa dengan mudah buat janji di rumah sakit atau klinik dengan aplikasi Halodoc. Praktis bukan? Yuk download aplikasi Halodoc sekarang!

This image has an empty alt attribute; its file name is Banner_Web_Artikel-01.jpeg
Referensi:
NERIS Analytics Limited. Diakses pada 2021. Campaigner Personality: ENFP-A / ENFP-T.
Very Well Mind. Diakses pada 2021. ENFP: The Champion (Extraverted, Intuitive, Feeling, Perceiving).

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan