Mengenali Karakter dan Tipe dari Kepribadian INFJ

Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   05 Oktober 2021
Mengenali Karakter dan Tipe dari Kepribadian INFJMengenali Karakter dan Tipe dari Kepribadian INFJ

“Orang dengan kepribadian INFJ dikenal sebagai seorang idealis, tetapi santai, lembut, dan penyayang. Meski keras kepala, mereka tahu apa yang mereka inginkan, dan sangat senang bila bisa menolong orang lain.”

Halodoc, Jakarta – Pernah dengar tentang kepribadian INFJ? Ini adalah salah satu dari 16 tipe kepribadian Myers-Briggs Type Indicator (MBTI), penilaian kepribadian yang sangat populer belakangan ini. Kepanjangan dari introvert, intuitive, feeling, and judging, seorang INFJ juga biasa disebut sebagai Advokat atau Idealis. 

Menurut data Centers for Applications of Psychological Type, tipe kepribadian ini termasuk yang paling langka, yaitu hanya 1-3 % dari populasi di Amerika Serikat. Ingin tahu seperti apa karakteristik orang dengan kepribadian ini? Yuk simak pembahasannya!

Baca juga: 4 Tes Psikologi untuk Mengetahui Kepribadian Diri

Karakteristik Kepribadian INFJ

Berikut ini beberapa karakteristik utama dari kepribadian INFJ yang perlu diketahui:

  1. Welas Asih

INFJ adalah orang yang lembut, penuh kasih, dan bisa berempati pada orang lain. Hal ini karena mereka punya intuisi dan pemahaman emosional yang kuat. 

  1. Penolong

Meskipun pada dasarnya introvert, INFJ dapat membentuk hubungan yang kuat dengan orang lain. Mereka senang membantu orang lain, tetapi juga membutuhkan waktu dan ruang untuk sendiri.

  1. Idealis

Tak sekadar dalam berpikir, orang dengan kepribadian ini mampu menerjemahkan idealisme mereka ke dalam tindakan. Mereka tidak hanya bermimpi untuk mengubah dunia, tetapi juga berusaha mewujudkannya.

Baca juga: Akuratkah Tes Kepribadian dengan MBTI?

  1. Terorganisir

Orang dengan tipe kepribadian INFJ sangat suka melakukan kontrol terhadap segala hal. Ini membuat mereka selalu merencanakan, mengatur, dan membuat keputusan sedini mungkin.

  1. Emosional tapi Logis

Saat membuat keputusan, orang dengan kepribadian ini lebih menekankan emosi mereka daripada fakta objektif. Namun, mereka juga logis, karena memahami baik dan buruk segala hal dan berharap dapat membuatnya lebih baik.

Itulah beberapa karakteristik orang dengan kepribadian INFJ secara umum. Selain yang tadi dijelaskan, seorang INFJ juga sangat kreatif dan artistik, fokus pada masa depan, peka terhadap kebutuhan orang lain, serta senang memikirkan arti kehidupan. 

Beberapa kelemahan dari orang dengan kepribadian ini adalah keras kepala, bisa jadi terlalu sensitif, sering memiliki harapan yang terlalu tinggi, dan tidak suka konfrontasi. 

Baca juga: Inilah Kepribadian Menurut Golongan Darah

Namun, itu semua hanya gambaran umum saja. Setiap orang tentu punya keistimewaan masing-masing yang membuatnya spesial dan berbeda dari orang lain. Bila kamu butuh bantuan ahli untuk mengenali tipe kepribadian yang kamu miliki, kamu bisa download aplikasi Halodoc untuk bicara pada psikolog kapan saja.

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg
Referensi:
16 Personalities. Diakses pada 2021. Advocate Personality.
Very Well Mind. Diakses pada 2021. INFJ: The Advocate (Introverted, Intuitive, Feeling, Judging).
Centers for Applications of Psychological Type. Diakses pada 2021. Estimated Frequencies of the Types in the United States Population.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan