Menggigit Makanan, Kenali Berbagai Fungsi Gigi Seri

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   27 Desember 2022

“Setiap jenis gigi manusia memiliki peran dan fungsinya masing-masing, termasuk gigi seri. Beberapa fungsi gigi seri antara lain mencerna makanan yang masuk ke tubuh, membantu saat bicara, dan estetika pada mulut.”

Menggigit Makanan, Kenali Berbagai Fungsi Gigi SeriMenggigit Makanan, Kenali Berbagai Fungsi Gigi Seri

Halodoc, Jakarta – Ketika kamu tersenyum atau berbicara, gigi seri menjadi jenis gigi yang paling terlihat, karena gigi ini berada pada barisan paling depan. Selain untuk membantu proses pencernaan makanan, masih banyak lagi fungsi gigi seri yang perlu kamu pahami. 

Mengenal Gigi Seri

Gigi seri menjadi jenis gigi yang berada pada bagian paling depan. Kamu biasanya menggunakan gigi satu ini untuk memotong, menggigit, dan merobek makanan. Anak-anak dan orang dewasa memiliki gigi seri dengan jumlah 8, yaitu empat gigi pada rahang bagian atas dan empat lainnya pada rahang bagian bawah. 

Ciri khas gigi seri ada pada ukurannya yang kecil dengan bagian ujungnya yang datar. Gigi ini juga memiliki satu akar seperti gigi taring, dan menjadi gigi susu yang muncul untuk pertama kali pada bayi mulai usia enam bulan. Gigi pada bagian rahang bawah akan tumbuh lebih dulu, tetapi bisa juga bersamaan dengan rahang bagian atas.

Seiring usia anak yang semakin bertambah, gigi seri susu akan berganti menjadi gigi tetap atau gigi permanen. Biasanya, gigi tetap akan mulai muncul saat anak berusia 6 sampai 8 tahun. 

Apa Saja Fungsi Gigi Seri?

Tidak hanya untuk merobek, memotong, dan menggigit makanan, berikut beberapa fungsi gigi seri lainnya:

1. Membantu mencerna makanan 

Mulut menjadi awal mula dari proses pencernaan makanan, sekaligus menjadi organ paling utama dari proses tersebut. Semua gigi dalam mulut, tidak terkecuali gigi seri akan membantu proses pelumatan makanan.

Alhasil, organ lambung dan usus halus akan lebih mudah dalam mencerna makanan yang masuk ke dalam tubuh. Meski bagian ujungnya terlihat rata, sebenarnya gigi seri memiliki sedikit gerigi yang tajam. Bagian inilah yang membantu merobek dan memotong makanan menjadi ukuran yang lebih kecil.

2. Membantu seseorang berbicara

Selain makan, aktivitas lain yang tidak lepas dari mulut dan gigi adalah berbicara. Pengucapan atau pelafalan pada beberapa kata ketika kamu berbicara bergantung sekali terhadap eksistensi gigi depan, tidak terkecuali gigi taring dan gigi seri. 

Inilah sebabnya, seseorang yang mengalami masalah pada gigi depan, dalam hal ini gigi depan patah atau hilang, tentu akan mengalami gangguan saat mengucap kata atau huruf tertentu. 

3. Pengaruh estetika

Sebagai jenis gigi yang letaknya ada pada bagian paling depan, gigi seri akan menjadi gigi yang paling kerap terlihat ketika kamu berbicara atau tersenyum lebar. Tentunya, ini akan sangat berpengaruh pada penampilan, terutama apabila kamu memiliki masalah kesehatan yang berdampak pada gigi seri.

Inilah sebabnya, sebagian besar perawatan gigi lebih berfokus pada gigi bagian depan. Sebab, gigi depan yang terlihat sehat dan bersih pasti akan membuat kamu merasa lebih percaya diri. 

Fungsi gigi seri ternyata sangat beragam, ya? Oleh karena itu, kamu tidak boleh lupa untuk selalu menjaga kesehatan gigi satu ini. Bersihkan gigi dengan menggosok gigi dua kali sehari. Jangan lupa, bersihkan karang gigi dan lakukan periksa kesehatan gigi setidaknya setiap enam bulan sekali ke dokter gigi.

Agar lebih mudah, gunakan Layanan Janji Medis Halodoc untuk mendapatkan rekomendasi klinik, rumah sakit, atau perawatan gigi yang sesuai dengan kebutuhan. Kamu bisa download Halodoc melalui App Store atau Play Store secara gratis.

Referensi:
Pennsylvania Dental Association. Diakses pada 2022. Anatomy of Teeth.
Nemours Kid’s Health. Diakses pada 2022. Mouth and Teeth (for Parents).
Medical News Today. Diakses pada 2022. Teeth: Names, types, and functions.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan