• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Mengidap Kanker Hati, Inilah 7 Metode Pengobatan yang Bisa Dilakukan
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Mengidap Kanker Hati, Inilah 7 Metode Pengobatan yang Bisa Dilakukan

Mengidap Kanker Hati, Inilah 7 Metode Pengobatan yang Bisa Dilakukan

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 01 Maret 2022
Mengidap Kanker Hati, Inilah 7 Metode Pengobatan yang Bisa DilakukanMengidap Kanker Hati, Inilah 7 Metode Pengobatan yang Bisa Dilakukan

“Kanker hati adalah kondisi yang tidak bisa disepelekan karena ia bisa menyebabkan gejala yang sangat berbahaya. Kanker ini sendiri bisa bermula dari sel-sel di hati atau karena menyebar dari kanker di organ lain. Oleh karena itu, metode pengobatan bisa berbeda-beda tiap orang tergantung stadium kanker itu sendiri dan kondisi kesehatan pasien.”


Halodoc, Jakarta - Kanker hati adalah kanker yang dimulai di sel-sel hati. Organ hati atau liver adalah organ seukuran bola yang terletak di bagian kanan atas perut, tepatnya di bawah diafragma dan di atas perut.

Beberapa jenis kanker dapat terbentuk di hati atau menyebar dari organ lain ke hati (bermetastasis). Oleh karena itu, pengobatan kanker hati bisa berbeda-beda.

Metode Pengobatan untuk Kanker Hati

Perawatan untuk kanker hati primer tergantung pada tingkat (stadium) penyakit serta usia pasien, kesehatan secara keseluruhan dan preferensi pribadi. Berikut ini beberapa jenisnya:

Pembedahan

Operasi yang digunakan untuk mengobati kanker hati meliputi:

  • Pembedahan untuk Mengangkat Tumor. Dalam situasi tertentu, dokter akan merekomendasikan operasi untuk mengangkat kanker hati dan sebagian kecil jaringan hati sehat yang mengelilinginya jika tumor masih kecil dan fungsi hati masih berjalan baik.
  • Operasi Transplantasi Hati. Selama operasi transplantasi hati, hati yang sakit diangkat dan diganti dengan hati yang sehat dari donor. Operasi transplantasi hati hanya merupakan pilihan bagi sebagian kecil orang dengan kanker hati stadium awal.

Perawatan Lokal

Perawatan lokal untuk kanker hati adalah perawatan yang diberikan langsung ke sel kanker atau area di sekitar sel kanker. Pilihan pengobatan lokal untuk kanker hati meliputi:

  • Pemanasan Sel Kanker. Ablasi frekuensi radio menggunakan arus listrik untuk memanaskan dan menghancurkan sel kanker. Menggunakan tes pencitraan sebagai panduan, seperti ultrasound, dokter memasukkan satu atau lebih jarum tipis ke dalam sayatan kecil di perut. Ketika jarum mencapai tumor, mereka dipanaskan dengan arus listrik untuk menghancurkan sel-sel kanker. Prosedur lain untuk memanaskan sel kanker menggunakan gelombang mikro atau laser.
  • Membekukan Sel Kanker. Cryoablation akan menggunakan suhu dingin yang ekstrim untuk menghancurkan sel kanker. Selama prosedur, dokter menempatkan instrumen (cryoprobe) yang mengandung nitrogen cair langsung ke tumor hati. Gambar ultrasound digunakan untuk memandu cryoprobe dan memantau pembekuan sel.
  • Menyuntikkan Alkohol. Selama injeksi alkohol, alkohol murni disuntikkan langsung ke tumor, baik melalui kulit maupun selama operasi. Alkohol menyebabkan sel tumor mati.
  • Menyuntikkan Obat Kemoterapi. Kemoembolisasi adalah jenis pengobatan kemoterapi yang memasok obat anti kanker kuat langsung ke hati.
  • Menempatkan Manik-Manik Berisi Radiasi. Bola kecil yang mengandung radiasi dapat ditempatkan langsung di hati di mana mereka dapat mengirimkan radiasi langsung ke tumor.

Terapi Radiasi

Perawatan ini menggunakan energi bertenaga tinggi dari sumber, seperti sinar-X dan proton untuk menghancurkan sel kanker dan mengecilkan tumor. Dokter dengan hati-hati mengarahkan energi ke hati, sambil menghemat jaringan sehat di sekitarnya.

Terapi radiasi menjadi pilihan jika perawatan lain tidak memungkinkan atau tidak membantu. Untuk kanker hati stadium lanjut, terapi radiasi dapat membantu mengendalikan gejala. Selama perawatan terapi radiasi sinar eksternal, pasien akan berbaring di atas meja dan mesin mengarahkan sinar energi pada titik yang tepat di tubuh.

Terapi Obat yang Ditargetkan

Perawatan obat yang ditargetkan fokus pada kelainan spesifik yang ada di dalam sel kanker. Dengan memblokir kelainan ini, perawatan obat yang ditargetkan dapat menyebabkan sel kanker mati. Banyak obat yang ditargetkan tersedia untuk mengobati kanker hati stadium lanjut.

Beberapa terapi bertarget hanya bekerja pada orang yang sel kankernya memiliki mutasi genetik tertentu. Sel kanker juga akan diuji di laboratorium untuk melihat apakah obat ini dapat membantu.

Imunoterapi

Imunoterapi menggunakan sistem kekebalan tubuh untuk melawan kanker. Sistem kekebalan tubuh yang melawan penyakit tidak menyerang kanker karena sel kanker menghasilkan protein yang membutakan sel sistem kekebalan. Imunoterapi bekerja dengan mengganggu proses itu. Perawatan imunoterapi umumnya disediakan untuk orang dengan kanker hati stadium lanjut.

Kemoterapi

Kemoterapi menggunakan obat-obatan untuk membunuh sel-sel yang tumbuh dengan cepat, termasuk sel-sel kanker. Kemoterapi dapat diberikan melalui pembuluh darah di lengan, dalam bentuk pil atau keduanya. Kemoterapi kadang-kadang digunakan untuk mengobati kanker hati stadium lanjut.

Perawatan Suportif (Paliatif)

Perawatan paliatif adalah perawatan medis khusus yang berfokus pada pemberian bantuan dari rasa sakit dan gejala penyakit serius lainnya. Spesialis perawatan paliatif bekerja dengan pasien, keluarga pasien, dan dokter yang lain untuk memberikan lapisan dukungan tambahan yang melengkapi perawatan agar pasien merasa lebih baik dan bisa hidup lebih lama. 

Kamu juga bisa melakukan pemeriksaan dengan beberapa dokter dari Halodoc yang sudah berpengalaman dalam mengobati kanker. Berikut daftarnya:

1. dr. I Made Chandra Ari Kumara, Sp.B(K)Onk

Dokter Spesialis Bedah Konsultan Onkologi yang aktif melayani pasien di RS Omni Pulomas dan RS EMC Sentul. Dokter I Made Chandra mendapatkan gelar spesialisnya setelah menamatkan pendidikan di Universitas Udayana, Bali. Beliau yang tergabung dalam Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan Ikatan Ahli Bedah Indonesia (IKABI) sebagai anggota ini bisa memberikan layanan konsultasi seputar bedah khususnya terkait onkologi (kanker).

2. dr. Desak Gede Agung Suprabawati, Sp.B (K) Onk

Dokter Spesialis Bedah Konsultan Onkologi yang aktif melayani pasien di RS Omni Pulomas dan RS Mitra Keluarga Surabaya. Dokter Desak Gede Agung mendapatkan gelar spesialisnya setelah menamatkan pendidikan di Universitas Airlangga, Surabaya. Beliau yang tergabung dalam Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan Ikatan Ahli Bedah Indonesia (IKABI) sebagai anggota ini bisa memberikan layanan konsultasi seputar bedah khususnya terkait onkologi (kanker).

3. dr. Putu Anda Tusta Adiputra, Sp.B(K)Onk

Dokter Spesialis Bedah Konsultan Onkologi yang aktif melayani pasien di RS BIMC Kuta. Dokter Putu Anda mendapatkan gelar spesialisnya setelah menamatkan pendidikan di Universitas Udayana, Bali. Beliau yang tergabung dalam Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan Ikatan Ahli Bedah Indonesia (IKABI) sebagai anggota ini bisa memberikan layanan konsultasi seputar bedah khususnya terkait onkologi (kanker).

Kamu bisa buat janji kunjungan ke rumah sakit dengan beberapa dokter di atas melalui Halodoc supaya lebih praktis. Tunggu apa lagi, yuk download aplikasi Halodoc sekarang!


Referensi:
Mayo Clinic. Diakses pada 2022. Liver Cancer.
National Health Service UK. Diakses pada 2022. Liver Cancer.
Web MD. Diakses pada 2022. Liver Cancer.