Menjalani Hidup Sehat Bisa Mencegah Penyakit Menular

Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   28 Juni 2021
Menjalani Hidup Sehat Bisa Mencegah Penyakit MenularMenjalani Hidup Sehat Bisa Mencegah Penyakit Menular

“Penyakit menular adalah salah satu gangguan yang rentan menjangkiti semua orang, termasuk juga anak kecil. Namun, masalah ini dapat dicegah dengan menerapkan atau menjalani gaya hidup sehat yang tepat.”

Halodoc, Jakarta – Kesehatan tubuh penting untuk selalu dijaga oleh semua orang agar dapat terhindar dari segala penyakit, baik yang ringan hingga berat. Pada tubuh yang sehat, kamu juga dapat mencegah terjadinya penyakit menular, termasuk juga COVID-19. Namun, tidak semua orang tahu cara menjalani hidup sehat dengan cara yang tepat. Untuk mengetahui cara mencegah penyakit menular, baca ulasan berikut ini!

Mencegah Penyakit Menular Melalui Gaya Hidup Sehat

Meskipun berukuran sangat kecil, mikroba, kuman, dan virus dapat menyebabkan penyakit serius dan bahkan mematikan bagi semua makhluk hidup, termasuk juga manusia. Penyakit menular ini juga paling rentan terjadi pada lansia karena beberapa alasan. Salah satunya adalah karena sistem kekebalan tubuh semakin melemah seiring dengan bertambahnya usia. Selain itu, gaya hidup juga dapat memengaruhi hal ini.

Baca juga: 4 Penyakit yang Bisa Menular Lewat Darah

Maka dari itu, kamu harus tahu cara yang paling tepat untuk membantu tubuh mencegah atau bahkan menyebarkan penyakit menular. Faktanya, beberapa penyakit menular dapat dicegah sebagian besar dengan cara vaksinasi, tetapi ada juga virus yang belum tersedia vaksinnya. Maka dari itu, kamu harus tahu gaya hidup sehat yang tepat untuk mencegah gangguan ini. Berikut ini beberapa metodenya:

1. Jaga Kebersihan Makanan

Gaya hidup sehat pertama yang perlu dilakukan adalah memastikan semua makanan yang akan dihidangkan bersih dan aman untuk dikonsumsi. Pastikan juga untuk mencuci tangan, peralatan, dan alat makan sebelum atau sesudah menyiapkan makanan. Jangan lupa juga untuk menyimpan dan memasak bahan makanan dengan tepat, seperti di dalam kulkas, agar kualitasnya tetap terjaga.

Baca juga: 4 Penyakit yang Rentan Ditularkan di Sekolah

2. Rajin Cuci Tangan

Kamu juga perlu rutin mencuci tangan dengan bersih untuk mencegah penyebaran penyakit menular akibat virus dan bakteri. Pastikan untuk mencuci tangan sebelum dan sesudah melakukan beberapa aktivitas, seperti pergi ke kamar mandi, makan, mengganti popok, merawat luka, bersin, batuk, serta menyentuh benda apa pun. Disarankan untuk mencuci tangan dengan sabun dan air secara menyeluruh selama 20 detik atau gunakan hand sanitizer.

Kamu juga dapat membeli berbagai vitamin yang baik untuk menjaga sistem imunitas tubuh agar terhindar dari penyakit menular pada aplikasi Halodoc. Melalui aplikasi Halodoc, kamu bisa memilih segala vitamin yang dibutuhkan dan langsung diantarkan ke rumah. Untuk mendapatkan kemudahan ini, download aplikasi Halodoc sekarang juga!

3. Tutup Mulut saat Batuk atau Bersin

Pastikan juga untuk selalu menutup mulut saat batuk atau bersin menggunakan tisu, lalu buang ke tempat sampah dan mencuci tangan. Jika tidak ada tisu, putar kepala dan batuk ke lengan baju. Tidak disarankan untuk batuk atau bersin ke tangan karena dapat menyebarkan sumber penyakit menular ke semua benda yang disentuh. Hindari orang yang batuk atau bersin di area tertutup untuk mencegah penularannya.

Baca juga: 4 Penyakit yang Bisa DItularkan Lewat Udara

Cara yang paling ampuh untuk mencegah terserang penyakit menular adalah dengan mendapatkan vaksinasi. Kamu harus selalu memastikan semua imunisasi yang didapatkan tepat waktu. Bukan hanya anak-anak, orang dewasa juga perlu mendapatkan suntikan vaksin tambahan. Jika kamu berencana pergi ke luar negeri, pastikan untuk mencari tahu penyakit yang rentan terjadi dan dapatkan vaksinnya.

Referensi:
Shreveport Times. Diakses pada 2021. Calligas: Healthy habits can prevent infectious diseases.
Very Well Health. Diakses pada 2021. How to Reduce Your Risk of Infectious Diseases.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan