• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Menyerang Tulang Anak, Ini Penanganan Osteosarcoma

Menyerang Tulang Anak, Ini Penanganan Osteosarcoma

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli

Halodoc, Jakarta – Osteosarcoma merupakan jenis kanker tulang yang sering terjadi pada anak-anak. Pasalnya, penyakit ini menyerang tulang-tulang yang tengah mengalami pertumbuhan cepat. Kanker osteosarcoma menyerang tulang-tulang berukuran besar dan memiliki tingkat pertumbuhan cepat. Karena itu, penyakit ini rentan menyerang pada masa pertumbuhan, yaitu anak-anak dan remaja di bawah usia 20 tahun. 

Pada anak-anak dan remaja, periode pertumbuhan tulang berada pada fase paling cepat. Meski begitu, kondisi ini ternyata juga bisa menyerang orang dewasa. Kabar buruknya, kanker tulang ini lebih rentan menyerang anak laki-laki dibanding perempuan. Kanker ini bersifat agresif, tetapi dengan pengobatan yang tepat osteosarcoma umumnya bisa disembuhkan.

Baca juga: Ketahui Faktor yang Meningkatkan Risiko Terkena Osteosarcoma

Gejala dan Penanganan Osteosarcoma 

Kanker tulang osteosarcoma bersifat agresif, tetapi bisa disembuhkan. Penyakit ini bisa menyerang siapa saja, tetapi pria berusia 0–24 tahun memiliki risiko lebih tinggi mengalami osteosarcoma. Ada beberapa cara penanganan yang bisa dilakukan untuk mengatasi penyakit ini. 

Ada beberapa gejala yang bisa muncul sebagai tanda penyakit ini. Osteosarcoma sering ditandai dengan gejala berupa rasa nyeri dan sakit pada tulang atau persendian sehingga menyebabkan terbatasnya gerakan tubuh. Penyakit ini juga memicu munculnya pembengkakan atau benjolan di sekitar tulang atau pada ujung tulang yang sakit ketika disentuh. 

Orang yang mengidap penyakit ini juga cenderung memiliki masalah dengan tulang kaki dan cara berjalan. Pengidap osteosarcoma mungkin berjalan pincang jika benjolan tumor menyerang kaki. Tulang yang terserang kanker mungkin juga akan mengalami retak atau patah tulang akibat pergerakan rutin. 

Kanker ini juga menyebabkan rasa sakit saat mengangkat sesuatu, umumnya terjadi jika osteosarcoma menyerang tulang di bagian tangan. Kanker bisa terjadi di mana saja, tetapi biasanya osteosarcoma menyerang tulang paha, tulang kering, dan tulang lutut. Selain itu, tumor juga bisa ditemukan pada tulang bahu, tulang panggul, bahkan tulang rahang. 

Baca juga: Bisakah Osteosarcoma Disembuhkan Total?

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah ini. Mengobati kanker osteosarcoma dilakukan tergantung pada tingkat keparahan dan lokasi ditemukannya kanker. Ada berbagai tahap atau pengobatan yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah kanker tulang osteosarcoma, di antaranya: 

  • Pembedahan

Osteosarcoma ditandai dengan tumor yang menyebabkan munculnya benjolan pada bagian tubuh yang diserang. Salah satu cara pengobatan yang bisa dilakukan adalah pembedahan. Cara ini dilakukan untuk mengangkat tumor penyebab penyakit. 

  • Radiasi dan Kemoterapi 

Kanker osteosarcoma juga ditangani dengan terapi radiasi dan kemoterapi. Umumnya, kedua cara ini akan dilakukan sebelum pembedahan atau pengangkatan tumor. Terapi radiasi dan kemoterapi dilakukan untuk membunuh sel kanker yang menyerang tubuh. 

Terapi radiasi dilakukan dengan alat bantu berupa pancaran sinar-X. Paparan sinar-X digunakan untuk mengatasi sel kanker pada tubuh. Sementara kemoterapi menggunakan obat-obatan. Pengidap kanker osteosarcoma akan diminta untuk mengonsumsi jenis obat-obatan tertentu untuk membunuh sel kanker. 

  • Operasi Pengangkatan Tulang dan Amputasi

Selain terapi obat dan pengangkatan tumor, kanker osteosarcoma juga ditangani dengan operasi pengangkatan tulang. Tindakan ini dilakukan jika belum terjadi penyebaran kanker ke luar tulang atau kanker baru menyebar di jaringan sekitar tulang.

Selain itu, osteosarcoma mungkin juga harus diatasi dengan amputasi. Biasanya, tindakan ini dilakukan Jika kanker sudah menyebar ke bagian tubuh lain. Amputasi dilakukan jika kanker sudah menyebar hingga ke saraf, pembuluh darah, dan kulit. 

Baca juga: Penanganan yang Bisa Dilakukan pada Pengidap Osteosarcoma

Cari tahu lebih lanjut seputar kanker tulang osteosarcoma dengan bertanya pada dokter di aplikasi Halodoc. Dokter bisa dihubungi melalui Video/Voice Call dan Chat kapan dan di mana saja tanpa ke luar rumah. Dapatkan informasi seputar kesehatan dan tips hidup sehat dari dokter terpercaya. Yuk, download Halodoc sekarang di App Store dan Google Play! 

Referensi:

World Health Organization. Diakses pada 2020. Osteosarcoma. 
Mayo Clinic. Diakses pada 2020. Bone Diseasescer.
Healthline. Diakses pada 2020. Osteosarcoma. 
WebMD. Diakses pada 2020. What Is Osteosarcoma?