Meski Langka, Ini 5 Jenis Rhabdomyosarcoma yang Perlu Diketahui

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   13 Desember 2022

“Rhadboyosarcoma adalah penyakit kanker yang cukup langka. Ada beberapa jenis penyakit yang berbeda, seperti rhabdomyosarcoma embryonal hingga spindle rhabdomyosarcoma.”

Meski Langka, Ini 5 Jenis Rhabdomyosarcoma yang Perlu DiketahuiMeski Langka, Ini 5 Jenis Rhabdomyosarcoma yang Perlu Diketahui

Halodoc, Jakarta – Kanker menjadi salah satu jenis penyakit yang berbahaya dan menyebabkan kematian. Ada berbagai jenis kanker yang bisa menyerang berbagai bagian tubuh, salah satunya adalah rhabdomyosarcoma. Penyakit ini merupakan jenis kanker langka yang terbentuk pada jaringan lunak tubuh atau otot rangka.

Penyakit ini bisa terjadi dalam segala usia, tetapi usia anak-anak lebih rentan mengalaminya. Kanker ini dapat muncul di beberapa bagian tubuh dengan jaringan lunak. Sebaiknya ketahui berbagai jenis rhabdomyosarcoma dan cara mengobatinya berikut ini!

Inilah Jenis Rhabdomyosarcoma

Saat seseorang mengidap rhabdomyosarcoma, sel dalam tubuh akan mengalami perubahan menjadi abnormal dan tumbuh tidak terkendali. Kondisi ini dapat menyebabkan munculnya tumor.

Ada beberapa bagian tubuh yang kerap mengalami penyakit ini, seperti tangan, kaki, kepala, leher, hingga organ reproduksi. Penyakit ini menjadi salah satu penyakit yang langka karena sangat jarang terjadi. 

Namun, ada beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko seseorang mengalami penyakit ini, seperti:

  • Riwayat keluarga dengan penyakit serupa atau kanker.
  • Faktor genetik yang bisa meningkatkan risiko kanker.

Rhabdomyosarcoma memiliki jenis penyakit yang berbeda-beda. Sebaiknya ketahui agar kamu waspada terhadap tanda yang muncul pada kesehatan, seperti:

1. Rhabdomyosarcoma Embryonal

Jenis ini yang merupakan paling umum terjadi. Biasanya, terjadi pada bagian kepala, leher, organ reproduksi, hingga kandung kemih. 

2. Botryoid Rhabdomyosarcoma

Ini merupakan subtipe dari rhabdomyosarcoma embryonal. Jenis ini paling sering ditemukan pada bagian tubuh yang memiliki rongga, seperti kandung kemih dan vagina.

3. Spindle Rhabdomyosarcoma

Jenis ini juga merupakan subtipe dari rhabdomyosarcoma embryonal. Namun, jenis ini sering ditemukan pada pria karena kerap menyerang bagian testis.

4. Rhabdomyosarcoma Alveolar

Rhabdomyosarcoma jenis ini paling mudah menyebar dan rentan terjadi pada anak remaja. Jenis ini sering menyerang bagian lengan, dada, dan kaki. Pengobatannya pun terbilang lebih sulit dibandingkan jenis yang lainnya

5. Rhabdomyosarcoma Pleomorfik

Jenis ini sering menyerang orang dewasa dan umumnya muncul pada bagian lengan, kaki, dan dada.

Waspada Gejala Rhabdomyosarcoma

Gejala dan tanda dari rhabdomyosarcoma akan disesuaikan dengan jenis terjadinya kanker. Jika penyakit ini muncul pada bagian leher atau kepala, gejala akan berupa:

  • Sakit kepala.
  • Pembengkakan bagian mata.
  • Mata yang menonjol.
  • Perdarahan pada hidung, telinga, hingga tenggorokan.

Jika sel kanker menyerang bagian kandung kemih atau organ reproduksi, gejalanya akan meliputi:

  • Gangguan buang air kecil.
  • Urine yang bercampur darah.
  • Kesulitan buang air besar.
  • Perdarahan dari vagina atau rektum.

Sedangkan, rhabdomyosarcoma yang menyerang lengan atau kaki, gejalanya akan berupa:

  • Pembengkakan pada kaki atau lengan.
  • Munculnya benjolan.
  • Nyeri pada bagian yang mengalami pertumbuhan sel kanker.

Unruk memastikan kondisi kesehatan, kamu bisa melakukan berbagai pemeriksaan. Mulai dari MRI, CT Scan, hingga scan tulang. Selain itu, pemeriksaan melalui biopsi bisa kamu lakukan untuk mengetahui adanya sel kanker rhabdomyosarcoma pada tubuh.

Rhabdomyosarcoma biasanya bisa diatasi menggunakan berbagai pengobatan. Mulai dari operasi, kemoterapi, terapi radiasi, hingga pengobatan klinis lainnya. 

Jangan lupa untuk selalu menjalankan pengobatan dan perawatan sesuai dengan yang disarankan oleh dokter. Dengan begitu, pengobatan bisa berhasil mengatasi penyakit ini.

Itulah beberapa informasi lengkap mengenai rhabdomyosarcoma. Segera lakukan pemeriksaan pada rumah sakit pilihan menggunakan Halodoc. Caranya download aplikasi Halodoc melalui App Store atau Google Play.

Referensi:
Mayo Clinic. Diakses pada 2022. Rhabdomyosarcoma.
Cleveland Clinic. Diakses pada 2022. Rhabdomyosarcoma.

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan