• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Mirip Durian, Ini Manfaat Buah Lai yang Jarang Diketahui
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Mirip Durian, Ini Manfaat Buah Lai yang Jarang Diketahui

Mirip Durian, Ini Manfaat Buah Lai yang Jarang Diketahui

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 13 Oktober 2022

“Punya bentuk dan rasa yang mirip buah durian, buah lai juga punya banyak nutrisi baik yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Mengonsumsi buah asal Kalimantan ini bisa memberikan pasokan energi hingga menangkal radikal bebas.”

Mirip Durian, Ini Manfaat Buah Lai yang Jarang DiketahuiMirip Durian, Ini Manfaat Buah Lai yang Jarang Diketahui

Halodoc, Jakarta – Bila jalan-jalan ke beberapa daerah di Kalimantan, kamu mungkin akan menjumpai buah berduri yang mirip dengan durian. Namun, jangan salah sangka, buah itu bisa jadi bukan durian melainkan buah lai.

Buah lai memang punya tampilan yang mirip dengan buah berbau menyengat tersebut. Cara mudah untuk membedakannya adalah dengan melihat warna buahnya. Daging buah lai berwarna oranye. Itulah mengapa buah eksotis asal Kalimantan ini disebut juga durian oranye. 

Nah, sama seperti durian, buah lain juga punya banyak manfaat untuk kesehatan lho. Lantas, apa saja manfaatnya bagi kesehatan tubuh?

Buah Lai dan Manfaatnya untuk Kesehatan

Buah lai memang masih satu kerabat dengan buah durian. Tidak hanya buahnya yang mirip, pohonnya pun juga serupa. Namun, buah yang punya nama latin durio kutenjensis memiliki ukuran yang lebih kecil dari buah durian, sekitar 1-2 kilogram. 

Buah lai juga bisa menjadi alternatif bagi kamu yang tidak suka dengan durian yang berbau menyengat, karena buah berwarna oranye tersebut tidak berbau. Untuk soal rasa, buah lai juga memiliki rasa manis dengan sedikit pahit mirip durian.

Tidak hanya enak, buah lai juga kaya akan berbagai macam nutrisi yang baik bagi kesehatan tubuh. Mulai dari serat, kalium, vitamin C, hingga vitamin B kompleks. Buah berduri yang satu ini juga memiliki kandungan triptofan yang cukup tinggi, sehingga bisa memengaruhi mood.

Berikut sejumlah manfaat buah lai untuk kesehatan:

1. Memberikan energi

Buah lai memiliki kandungan gula dan karbohidrat yang tinggi, tapi kandungan gulanya tidak setinggi durian. Nah, kandungan gula tersebut bisa memenuhi kebutuhan gula harian dan menjadi sumber energi bagi tubuh. Namun, hindari mengonsumsi buah ini secara berlebihan ya agar kadar gula darah tetap terjaga.

2. Menambah nafsu makan

Berkat kandungan thiamin dan vitamin B1, buah lai bisa meningkatkan nafsu makan. Manfaat buah lai ini baik untuk anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan.

3. Menjaga fungsi saraf

Sama seperti durian, buah lai juga memiliki kandungan kalium. Mineral ini bermanfaat untuk menjaga fungsi otot, termasuk otot jantung. Selain itu, kalium juga merupakan nutrisi penting untuk menjaga sistem saraf agar bisa tetap berfungsi dengan baik.

4. Baik untuk kesehatan kulit

Manfaat buah lai lainnya adalah bisa membantu menjaga kesehatan kulit. Hal itu berkat kandungan antioksidannya yang bisa mengatasi tanda-tanda penuaan dini pada kulit, seperti kerutan halus dan flek hitam. Tidak heran bila buah ini sering diolah menjadi ekstrak untuk produk kecantikan dan perawatan kulit. Hal itu bukan berarti daging buah lai bisa dijadikan masker wajah ya. Namun, konsumsilah buah ini secara rutin untuk mendapatkan manfaatnya untuk kulit.

5. Mengatasi nyeri lambung

Buah eksotis ini juga bisa menjadi obat maag alami, lho. Hal itu karena makanan sehat ini mengandung senyawa antasida yang bermanfaat untuk menetralisir asam lambung, dan mengatasi keluhan lainnya akibat gangguan pencernaan.

6. Menangkal radikal bebas

Buah lai mengandung antioksidan dan vitamin yang bisa menangkal radikal bebas, penyebab kerusakan sel-sel dalam tubuh yang juga bisa memicu terjadinya kanker.

Itulah beberapa manfaat buah lai untuk kesehatan. Bila kamu sakit atau mengalami keluhan kesehatan tertentu, sebaiknya temui dokter untuk mendapatkan pengobatan yang tepat. Kamu bisa memeriksakan kesehatanmu dengan buat janji di rumah sakit pilihan di aplikasi Halodoc. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang di App Store atau Google Play! 

Referensi: 
Tempo. Diakses pada 2022. Buah Lai, Si Kuning Atraktif yang Mirip Durian dari Kalimantan.
Detik Food. Diakses pada 2022. Berburu Buah Lai di Jakarta, Durian Oranye yang Enak dan Kaya Manfaat.
Desk Jabar. Diakses pada 2022. Buah Lai Dari Kalimantan Mirip Durian, Rasa Buah Lai Tak Begitu Manis Hanya Saja Manfaat Buah Lai Banyak