• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Mitos atau Fakta, Pengidap Diabetes Tidak Boleh Makan Durian?

Mitos atau Fakta, Pengidap Diabetes Tidak Boleh Makan Durian?

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
undefined

Halodoc, Jakarta - Diabetes terjadi ketika tubuh tidak menghasilkan cukup insulin, atau tidak menggunakan insulin dengan benar. Artinya, pengidap diabetes memiliki kadar glukosa darah yang lebih tinggi dari normal. Pengidap diabetes harus sangat membatasi asupan gula baik dari makanan, buah-buahan, termasuk buah durian.



Durian mengandung kolesterol yang tinggi, bagi pengidap penyakit jantung dan memiliki masalah pada sirkulasi darah sebaiknya menghindari konsumsi durian dalam jumlah banyak. Durian juga tidak aman dikonsumsi pengidap diabetes dalam jumlah banyak karena kandungan fruktosanya. 

Baca juga: Waspadai Gejala Diabetes yang Menyerang Tubuh

Makan Durian dengan Ketentuan Tertentu

Pengidap diabetes harus menjalani diet sehat, yaitu makan teratur, seimbang, dan porsi sedang. Pengidap diabetes harus mengonsumsi makanan seperti biji-bijian, protein tanpa lemak, buah dan sayuran, dan membatasi kandungan gula, lemak dan garam. 

Pengidap diabetes perlu memperhatikan berapa banyak karbohidrat (misalnya gula) yang dikonsumsi dan kapan mengonsumsinya. Pengidap diabetes masih dapat menikmati makanan penutup dalam porsi sedang. Begitu juga dengan konsumsi durian yang hanya dalam porsi sedang atau maksimal 2 biji.

Perlu diketahui, durian mengandung fruktosa (gula buah) yang dapat juga ditemukan pada buah-buahan lain. Daging dari biji durian berukuran kecil dan mengandung 8 gram karbohidrat (termasuk gula). Artinya, 2 biji durian kecil setara dengan rata-rata irisan pepaya atau apel kecil.

Kandungan glukosa dalam durian meningkatkan gula darah sehingga bisa memperburuk gejala diabetes. Makan durian saat sedang mengonsumsi obat diabetes bisa menghambat kerja obat. Jadi, pastikan kamu tidak makan durian terlebih dahulu saat sedang minum obat diabetes. 

Pengidap diabetes harus memperhatikan jumlah durian yang dikonsumsi. Jika kamu berencana makan durian, maka kurangi asupan sumber makanan kaya karbohidrat lainnya. 

Baca juga: 5 Efek Samping Diabetes yang Tidak Terduga

Dampak Kesehatan Makan Durian Terlalu banyak

Makan durian terlalu banyak tidak hanya berbahaya bagi pengidap diabetes, tapi juga untuk orang yang mengidap penyakit lainnya, seperti obesitas, hipertensi dan penyakit jantung. Kandungan gula dan lemak dalam durian bisa memperburuk kondisi yang sudah ada jika dikonsumsi berlebihan.

Ketahui dampak berbahaya makan durian secara berlebihan yang perlu diketahui:

1. Gangguan Pencernaan

Ketika kamu makan buah durian secara berlebihan, efek yang timbul adalah sakit perut dan perut kembung. Nah, perut yang terasa kembung ini yang kerap disangka mabuk durian. 

2. Berat Badan Meningkat

Durian juga mengandung kalori dan karbohidrat yang sangat tinggi. Hal ini tentu perlu dihindari oleh orang-orang yang sudah mengalami obesitas. Satu kilogram buah durian ukuran sedang umumnya mengandung hampir 1.500 kalori.

Jadi, satu durian utuh saja sudah mencukupi hampir 70 persen kebutuhan kalori harian tubuh. Kalau kamu tidak ingin berat badan naik secara tiba-tiba, sebaiknya jangan makan durian terlalu banyak.

Baca juga: Mabuk Durian? Begini 6 Tips Mengatasinya

3. Berbahaya Jika Dikonsumsi Bersamaan dengan Alkohol

Selain tidak boleh dikonsumsi berlebihan, durian juga berbahaya jika dikonsumsi bersama alkohol. Durian menghambat tubuh untuk memecah alkohol. Oleh sebab itu, konsumsi durian bersamaan dengan minum alkohol menimbulkan efek buruk seperti sakit kepala, muntah, kemerahan, dan reaksi tidak menyenangkan lainnya. 

Batas konsumsi durian yang tepat tergantung pada beberapa faktor seperti, kondisi kesehatan dan beberapa kondisi lainnya. Jika kamu pengidap diabetes dan merasakan gejala tidak wajar setelah mengonsumsi durian, segera hubungi dokter melalui aplikasi Halodoc untuk penanganannya. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Health Hub. Diakses pada 2021. Desserts, Durian, Diet: Busting Diabetes Myths
For Your Sweet Heart. Diakses pada 2021. 5 Diet Myths for Diabetic Patients...Debunked
WebMD. Diakses pada 2021. Durian.
Emedicinehealth. Diakses pada 2021. Durian.