Mitos atau Fakta, Seks Bisa Bikin Kulit Glowing

Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   23 Oktober 2020
Mitos atau Fakta, Seks Bisa Bikin Kulit GlowingMitos atau Fakta, Seks Bisa Bikin Kulit Glowing

Halodoc, Jakarta - Selain sebagai rekreasi, seks juga bisa memberikan manfaat bagi tubuh, lho. Salah satunya adalah membuat kulit jadi glowing, terutama pada wanita. Itulah sebabnya banyak wanita yang terlihat semakin cantik setelah berhubungan intim. Namun, mengapa hal tersebut bisa terjadi, ya?

Hal ini diyakini karena adanya hormon estrogen yang diproduksi saat melakukan hubungan intim. Produksi hormon estrogen itu membantu meningkatkan kolagen pada kulit. Hal itulah yang diyakini sebagai alasan mengapa wajah tampah cerah atau glowing setelah berhubungan intim. 

Baca juga: Usia yang Tepat untuk Mulai Pendidikan Seks pada Anak

Manfaat Seks bagi Kecantikan Wanita

Terkait kulit yang jadi lebih glowing dan cantik setelah berhubungan intim, sebuah studi di Skotlandia telah membuktikannya. Studi tersebut mengungkapkan bahwa berhubungan intim dapat merangsang hormon baik dalam tubuh, yang dapat membuat kulit dan wajah semakin sehat. 

Studi tersebut juga mengungkapkan bahwa wanita yang berhubungan intim 3 kali dalam seminggu, rata-rata memiliki penampilan 3-4 tahun lebih muda dari usia yang sebenarnya. Selain itu, beberapa manfaat lain didapat dari berhubungan intim yang dapat mendongkrak kecantikan wanita adalah:

1.Meningkatkan Suasana Hati

Orgasme dapat membuat tubuh melepaskan zat serotonin, yaitu neurotransmitter yang mengatur suasana hati. Itulah sebabnya suasana hati dapat membaik dan kamu jadi merasa lebih bahagia.

Baca juga: Ciri-Ciri Pria Alami Disfungsi Seksual yang Perlu Diketahui

2.Mengurangi Stres

Selain akar dari berbagai penyakit, stres juga dapat membuat kulit dan wajah jadi lebih terlihat tua, keriput, dan kusam. Nah, saat berhubungan intim, tubuh akan melepaskan hormon oksitosin, yang bermanfaat untuk menghapuskan kortisol (hormon stres utama) di dalam tubuh. 

3.Membuat Perut Lebih Rata dan Indah

Tahukah kamu bahwa hormon kortisol dapat membuat lemak bertumpuk pada satu titik tertentu, yaitu perut. Nah, hormon oksitosin yang keluar saat berhubungan intim akan membuat hormon kortisol dalam tubuh menurun. Jadi, bisa dibilang aktivitas seksual dapat menjadi salah satu pilihan olahraga ringan yang menyenangkan, yang bisa membuat perut jadi lebih rata.

4.Jadi Lebih Percaya Diri

Penelitian dalam jurnal Journal of Sex & Marital Therapy telah mengungkapkan bahwa berhubungan intim ternyata memiliki efek yang sama bagi otak, dengan meditasi. Saat berhubungan intim, kamu akan menemukan keselarasan diri sendiri dengan dunia di sekitar. 

Selain itu, pikiran menjadi lebih positif dan kamu jadi merasa lebih percaya diri. Meningkatnya rasa percaya diri yang kemungkinan jadi salah satu alasan mengapa wanita terlihat lebih cantik setelah berhubungan intim.  

Baca juga: 6 Makanan yang Bisa Tingkatkan Libido Pria

5.Membuat Rambut Lebih Indah

Mungkin kamu tidak menyangka, tetapi berhubungan intim ternyata bisa membuat rambut terlihat lebih indah. Sebab, saat berhubungan intim, folikel rambut akan menerima aliran sirkulasi darah ke kepala. Hal ini diyakini merupakan cara alami untuk membuat rambut jadi lebih sehat dan ternutrisi. 

Itulah beberapa manfaat yang bisa didapatkan dengan berhubungan intim. Jika kamu ingin tahu lebih lanjut tentang manfaat berhubungan intim lainnya, kamu bisa download aplikasi Halodoc untuk bertanya pada dokter, kapan dan di mana saja. 

Referensi:
The Health Site. Diakses pada 2020. 5 Ways Sex Makes You More Beautiful.
Consumer Health Digest. Diakses pada 2020. Sex Makes You Smarter & Look Younger! Here’s Why Sex Is Good For You.
Mind Body Green. Diakses pada 2020. Reasons Sex Makes You Beautiful.
Journal of Sex & Marital Therapy. Diakses pada 2020. The Role of Sexual Mindfulness in Sexual Wellbeing, Relational Wellbeing, and Self-esteem

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan