Muncul 6 Gejala Ini, Tanda Infeksi COVID-19 Memburuk

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   14 Juni 2023

“Biasanya, COVID-19 ditandai oleh demam, nyeri tenggorokan, kesulitan bernapas, serta anosmia. Namun, ada situasi di mana gejala tersebut dapat memburuk dan perlu diwaspadai.”

Muncul 6 Gejala Ini, Tanda Infeksi COVID-19 MemburukMuncul 6 Gejala Ini, Tanda Infeksi COVID-19 Memburuk

Halodoc, Jakarta – Infeksi COVID-19 bisa terjadi tanpa gejala, muncul gejala ringan, hingga berat. Saat terinfeksi virus corona, yaitu virus penyebab COVID-19, dan hanya mengalami gejala ringan atau tidak ada gejala, sebaiknya melakukan isolasi mandiri di rumah. 

Hal ini bertujuan untuk meredakan gejala serta menyelesaikan masa infeksi virus, yaitu 10–14 hari. Simak lebih lanjut mengenai gejala COVID-19 dan tips pencegahannya berikut ini!

Apa Saja Gejala Infeksi COVID-19?

Salah satu gejala khas dari infeksi COVID-19 adalah penurunan kemampuan indera penciuman dan perasa. Seiring berjalannya waktu, gejala penyakit yang muncul mungkin akan terasa lebih berat, tetapi menghilang setelah beberapa hari. 

Berikut ini gejala yang harus kamu waspadai:

1. Demam Tinggi Disertai Batuk

Gejala demam tinggi yang tidak kunjung reda dan batuk yang semakin parah harus menjadi perhatian serius. Ini bisa menjadi tanda bahwa infeksi COVID-19 sedang mempengaruhi paru-paru secara signifikan.

2. Sesak Napas Parah atau Kesulitan Bernapas

Sesak napas yang semakin parah atau kesulitan bernapas adalah gejala yang mengkhawatirkan dan harus segera mendapatkan perhatian medis. Hal ini dapat menandakan adanya komplikasi pada sistem pernapasan.

3. Napas Cepat

Jika frekuensi napas meningkat secara signifikan dan mencapai kurang dari 30 kali per menit, ini bisa menjadi indikasi masalah pernapasan yang serius karena infeksi COVID-19.

4. Nyeri Dada

Nyeri dada yang berkepanjangan atau perasaan tertekan yang semakin parah juga perlu kamu waspadai. Ini dapat mengindikasikan adanya komplikasi pada sistem pernapasan dan jantung.

5. Linglung dan Kelelahan Ekstrem

Merasa linglung dan kelelahan yang ekstrem, meskipun telah beristirahat dengan cukup, adalah gejala yang perlu mendapatkan perhatian. Hal ini dapat menandakan adanya dampak pada organ tubuh yang signifikan.

6. Kesulitan untuk Mempertahankan Kesadaran

Jika kamu mengalami kesulitan untuk mempertahankan kesadaran atau merasa kehilangan kesadaran, segera cari bantuan medis. Gejala ini menunjukkan adanya komplikasi infeksi COVID-19 yang serius dan memerlukan penanganan segera.

Jika mengalami gejala-gejala tersebut, penting untuk melakukan isolasi mandiri. Ada beberapa obat dan vitamin yang harus kamu sediakan. Simak selengkapnya di sini → Jalani Isolasi Mandiri, Sediakan Obat dan Vitamin Ini

Bagaimana Cara Mencegah Terinfeksi Virus Corona?

Berikut ini cara mencegah terinfeksi virus corona, yaitu:

1. Mencuci Tangan dengan Benar

Mencuci tangan dengan benar adalah langkah penting dalam mencegah infeksi COVID-19. Gunakan sabun dan air mengalir, lalu gosokkan seluruh permukaan tangan selama minimal 20 detik.

2. Menggunakan Masker untuk Cegah Infeksi COVID-19

Penggunaan masker membantu melindungi diri sendiri dan orang lain dari virus corona. Pastikan masker menutupi hidung dan mulut dengan baik dan tidak terlalu longgar.

3. Menjaga Jarak Fisik

Praktik jaga jarak fisik adalah langkah efektif dalam mencegah infeksi COVID-19. Usahakan untuk menjaga jarak fisik, terutama dalam kerumunan atau tempat dengan sirkulasi udara yang kurang baik.

4. Menjaga Kebersihan Lingkungan

Membersihkan dan mendisinfeksi permukaan yang sering disentuh merupakan langkah penting mencegah infeksi COVID-19. Selain itu, pastikan ruangan terawat dengan baik dan memiliki sirkulasi udara yang baik.

Itulah pembahasan mengenai gejala COVID-19 dan tips pencegahannya. Jika kamu terdiagnosis penyakit ini, lakukan isolasi mandiri dan cari bantuan medis.

download dokter untuk cegah covid-19
Referensi:
Covid19.go.id. Diakses pada 2023. Yang Harus Diperhatikan Saat Lakukan Isolasi Mandiri.
WebMD. Diakses pada 2023. Symptoms of Coronavirus.
Drugs. Diakses pada 2023. How do COVID-19 symptoms progress and what causes death?

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan