• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Jalani Isolasi Mandiri, Sediakan Obat dan Vitamin Ini

Jalani Isolasi Mandiri, Sediakan Obat dan Vitamin Ini

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Jalani Isolasi Mandiri, Sediakan Obat dan Vitamin Ini

“Isolasi mandiri atau isolasi di rumah adalah hal yang susah-susah gampang dilakukan. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dan dipersiapkan agar prosedur ini berjalan efektif dan pemulihan dari infeksi  virus corona bisa berlangsung cepat.”

Halodoc, Jakarta – Isolasi mandiri menjadi cara yang dianjurkan bagi orang yang terinfeksi virus corona. Namun hanya pada kasus yang tidak memiliki gejala atau bergejala ringan. Tujuannya adalah untuk mencegah penularan pada orang lain, sebab virus yang ada di tubuh bisa dengan sangat mudah menyebar. Self isolation juga dilakukan untuk memantau perkembangan virus di dalam tubuh. Jika dalam 14 hari tidak juga muncul gejala, atau setelah mendapatkan hasil negatif dari tes PCR, isolasi mandiri bisa dihentikan. 

Sangat penting untuk melakukan isolasi dengan cara yang benar. Selama menjalani prosedur penyembuhan yang satu ini, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Biar lekas pulih, kamu disarankan untuk mempersiapkan beberapa hal, termasuk obat-obatan dan vitamin. Lantas, apa saja obat-obatan yang harus disediakan serta dikonsumsi saat menjalani isolasi mandiri di rumah? Cari tahu jawabannya di artikel berikut ini! 

Baca juga: Pentingnya Rutin Cek Saturasi Oksigen saat Isoman

Obat dan Hal yang Harus Ada saat Isolasi Mandiri 

Konsumsi obat merupakan salah satu cara untuk meredakan penyakit. Dalam kasus COVID-19, obat-obatan dan vitamin berperan dalam meningkatkan kekebalan tubuh sehingga bisa melawan infeksi virus. Ada beberapa jenis obat dasar yang harus ada di rumah selama isolasi mandiri, di antaranya: 

  • Vitamin C 

Jenis vitamin ini bisa memberi manfaat antioksidan dan antiinflamasi. Vitamin C bisa membantu mempercepat pemulihan sehingga bisa beraktivitas kembali. 

  • Vitamin D 

Vitamin D bisa membantu efek antiinflamasi di dalam tubuh dan meningkatkan respons dari imun bawaan. 

  • Zinc 

Penting juga untuk mengonsumsi multivitamin yang mengandung zinc. Jenis obat ini disebut bisa membantu menghambat replikasi virus. 

Baca juga: Harus Ganti Sikat Gigi setelah Sembuh COVID-19, Ini Penjelasannya

Hal Lain yang Harus Dipersiapkan 

Selain obat dan vitamin dasar, ada hal-hal lain yang juga harus dipersiapkan dan diperhatikan, yaitu: 

  • Alat Kesehatan Dasar 

Selama menjalani isolasi mandiri, sediakan alat-alat kesehatan dasar di rumah, seperti termometer dan oxymeter. Pastikan juga kamu memiliki stok masker serta cairan desinfektan. 

  • Ruangan Terpisah

Selama menjalani isolasi, pengidap COVID-19 harus berada di ruangan terpisah dari anggota keluarga lain. Jika memungkinkan, pilih ruangan yang memiliki jendela dan rutin membuka jendela selama isolasi mandiri. 

  • Hidup Sehat dan Bersih 

Pemulihan bisa lebih cepat jika kamu menerapkan pola hidup sehat dan bersih. Disarankan untuk rutin berolahraga ringan, mengonsumsi makanan sehat dan bergizi seimbang, serta selalu mencuci tangan dengan sabun sebelum dan sesudah beraktivitas. 

  • Pantau Kondisi Tubuh

Selama menjalani isolasi mandiri, penting untuk memantau kondisi tubuh. Sebisa mungkin, lakukanlah pencatatan mandiri terkait perkembangan gejala yang muncul. Perhatikan kondisi tubuh secara menyeluruh, termasuk suhu tubuh, laju napa, dan saturasi oksigen. 

Isolasi mandiri dilakukan setidaknya 10 hari jika tidak ada gejala. Sementara untuk kasus dengan gejala ringan, disarankan untuk melakukan self isolation selama 10 hari dan dilanjutkan selama 3 hari dari gejala terakhir, sebelum akhirnya mulai beraktivitas kembali. Jika sebelum 10 hari muncul gejala atau kondisi tubuh memburuk, segera hubungi dokter atau tenaga medis untuk mendapatkan penanganan. 

Baca juga: Waspadai Penyebab Naiknya Angka Infeksi COVID-19

Pertolongan pertama yang bisa dilakukan adalah menghubungi dokter melalui aplikasi kesehatan, seperti Halodoc. Saat ini, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) bekerja sama dengan 11 platform layanan telemedisin atau telemedicine, termasuk Halodoc, untuk memantau pengidap COVID-19 yang tengah menjalani isolasi mandiri. Jika butuh saran ahli atau muncul gejala, kamu bisa menghubungi dokter di Halodoc melalui Video/Voice Call atau Chat. Download Halodoc sekarang!

Referensi: 
WHO. Diakses pada 2021. Self Isolation. 
Tirto.id. Diakses pada 2021. Ketahui Manfaat Vitamin C,D,E, & Zinc untuk Pasien Isoman COVID-19. 
Setkab.go.id. Diakses pada 2021. Inilah Alur Layanan Telemedisin Bagi Pasien Isolasi Mandiri. 
Covid19.go.id. Diakses pada 2021. Yang Harus Diperhatikan Saat Lakukan Isolasi Mandiri.