Jalani Isolasi Mandiri, Sediakan Obat dan Vitamin Ini

6 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   21 Juli 2023

“Isolasi mandiri adalah hal yang gampang-gampang susah dilakukan. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dan dipersiapkan.”

Jalani Isolasi Mandiri, Sediakan Obat dan Vitamin IniJalani Isolasi Mandiri, Sediakan Obat dan Vitamin Ini

Halodoc, Jakarta – Isolasi mandiri adalah hal yang harus dijalani orang yang terinfeksi virus corona atau COVID-19, dengan gejala ringan hingga sedang. Tujuannya adalah untuk mencegah penularan penyakit pada orang lain. Sebab, virus yang ada di tubuh bisa dengan sangat mudah menyebar. 

Tak hanya itu, isolasi mandiri juga diperlukan untuk memantau perkembangan virus di dalam tubuh. Jika dalam 10 hingga 14 hari tidak muncul gejala, atau setelah mendapatkan hasil negatif dari tes PCR, isolasi bisa dihentikan. 

Sangat penting untuk melakukan isolasi dengan cara yang benar. Selama menjalani isolasi, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Termasuk obat-obatan dan vitamin yang perlu dikonsumsi. 

Obat dan Vitamin yang Harus Ada saat Isolasi Mandiri 

Konsumsi obat merupakan salah satu cara untuk meredakan penyakit. Dalam kasus COVID-19, obat-obatan dan vitamin berperan dalam meningkatkan sistem imun sehingga tubuh bisa melawan infeksi virus. 

Ada beberapa jenis obat dasar dan vitamin yang perlu ada di rumah selama isolasi mandiri, di antaranya: 

1. Vitamin C 

Jenis vitamin ini bisa memberi manfaat antioksidan dan antiinflamasi. Vitamin C bisa membantu mempercepat pemulihan sehingga bisa beraktivitas kembali. 

2. Vitamin D 

Vitamin D bisa membantu efek antiinflamasi di dalam tubuh dan meningkatkan respons dari imun bawaan. 

3. Zinc 

Penting juga untuk mengonsumsi multivitamin yang mengandung zinc. Jenis obat ini disebut bisa membantu menghambat replikasi virus. 

Selain itu, Ini Pilihan Vitamin Daya Tahan Tubuh untuk Bantu Cegah COVID-19.

4. Obat Batuk

Gejala infeksi virus corona varian Omicron yang paling sering dilaporkan adalah batuk, kelelahan, dan hidung tersumbat. Obat batuk tanpa resep sebenarnya tidak efektif dalam mengobati batuk akibat COVID-19. Namun, tetap bisa dicoba, atau pilihlah obat batuk yang mengandung madu. 

Gejala-gejala COVID-19 terkadang dapat diredakan dengan beberapa obat yang sama yang kamu gunakan saat pilek. Misalnya obat-obatan yang mengandung pseudoephedrine phenylephrine untuk hidung tersumbat dan diphenhydramine untuk pilek

5. Obat Resep dari Dokter

Jika kamu memiliki asma atau penyakit pernapasan lainnya, pastikan untuk memiliki inhaler ekstra dan obat lainnya yang mungkin resep dari dokter.

Begitu juga jika kamu memiliki penyakit bawaan lainnya, seperti diabetes, penyakit jantung dan gangguan sistem kekebalan tubuh. Pastikan untuk memiliki persediaan obat resep dan obat bebas resep selama 4 minggu. 

Protokol Isolasi Mandiri yang Harus Diperhatikan 

Isolasi mandiri perlu dijalani pengidap COVID-19 selama setidaknya 10 hari atau hingga memenuhi kriteria sembuh. Berikut ini hal-hal yang harus kamu lakukan selama isolasi mandiri di rumah sesuai protokol kesehatan yang dianjurkan pemerintah:

1. Tetap di Dalam Rumah

Namanya juga isolasi, kamu tentunya tidak boleh keluar rumah untuk alasan apapun. Jika memungkinkan, lakukanlah semua hal dari rumah, termasuk bekerja. 

Bahkan jika kamu tadinya memiliki gejala dan sudah sembuh dalam waktu kurang dari 10 hari, kamu tetap harus tinggal di rumah dan menunggu hingga masa isolasi selesai. Selain itu, kamu juga tidak disarankan untuk menerima tamu.

Jika selama masa isolasi kamu harus keluar rumah karena suatu keperluan, mintalah bantuan orang lain yang sehat untuk melakukannya. Kamu juga bisa memanfaatkan aplikasi layanan online untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

2. Hindari Kontak Dekat dengan Orang Serumah

Selama isolasi mandiri, kamu harus berada di kamar yang terpisah dengan anggota keluarga lain. Pilihlah kamar yang memiliki ventilasi dan pencahayaan yang baik. Usahakan juga agar kamar isolasi tidak dimasuki oleh penghuni rumah yang lain.

Bila perlu berkomunikasi, lakukan melalui telepon, video call, atau chat, untuk meminimalkan kontak dekat dengan orang serumah. Untuk mengantarkan makanan atau barang, minta orang serumah untuk meletakkannya ke depan pintu kamar dan ambillah setalah ia pergi.

3. Pakai Masker

Meski hanya di rumah, kamu tetap harus mengenakan masker selama isolasi mandiri. Hal ini untuk mencegah penularan kepada keluarga atau orang yang berada dalam satu rumah dengan kamu.

Selain masker medis yang bisa dibeli di toko, kamu juga bisa membuat masker kain sendiri di rumah, lho. Namun, penting untuk memilih bahan yang tepat untuk masker, baca selengkapnya di sini → Apa Bahan Terbaik untuk Membuat Masker Kain?

4. Gunakan Perlengkapan yang Terpisah dari Orang Lain

Saat menjalani isolasi mandiri, gunakan perlengkapan pribadi seperti piring, sendok, gelas, handuk, dan sikat gigi secara terpisah. Penting juga untuk menyediakan tempat sampah khusus untuk membuang tisu yang kamu gunakan untuk batuk, bersin, dan membersihkan mulut atau hidung.

Selain itu, gunakan kamar mandi yang berbeda dengan orang serumah. Jika tidak memungkinkan, lakukanlah disinfeksi kamar mandi setiap kamu selesai menggunakannya. Terutama pada benda yang disentuh, seperti keran, gagang shower atau gayung, dan flush toilet.

5. Cuci Pakaian secara Terpisah

Pastikan untuk mencuci pakaian secara terpisah dengan orang serumah, selama kamu menjalani isolasi mandiri. Sediakan keranjang cucian khusus untuk pakaian kotor kamu.

6. Terapkan Gaya Hidup Bersih dan Sehat

Rutinlah cuci tangan dengan air dan sabun, dan bersihkan barang-barang yang ada di kamar. Selama isolasi mandiri, jangan lupa untuk makan makanan bergizi seimbang setiap harinya, dan lakukan olahraga rutin selama 30 menit. 

7. Ukur Suhu Tubuh dan Kadar Oksigen secara Teratur

Termometer dan oximeter adalah benda yang perlu kamu miliki selama isolasi mandiri. Gunakanlah dua alat ini untuk mengukur suhu tubuh dan kadar oksigen secara teratur setiap harinya. 

8. Jaga Komunikasi dengan Orang Terdekat

Isolasi mandiri dapat menyebabkan kesepian dan stres. Ini dapat memperburuk kondisi dan memperlambat pemulihan. Jadi, pastikan untuk selalu menjaga komunikasi dengan orang terdekat, melalui telepon, video call, atau media sosial.

9. Tidur yang Cukup

Tidur yang cukup sangat penting bagi sistem kekebalan tubuh. Karena penyembuhan COVID-19 sangat bergantung pada kekebalan tubuh, sangat penting untuk tidur yang cukup setiap harinya. 

Jika kamu mengalami kesulitan untuk tidur di malam hari, segera coba beberapa tips berikut ini → Begini 5 Cara Mengatasi Susah Tidur Tanpa Obat-obatan

10. Tenang dan Jangan Panik

Meski rentan stres dan cemas, usahakan untuk tetap tenang selama menjalani isolasi mandiri. Lakukan hal-hal yang menyenangkan dan bermanfaat, untuk mengalihkan perhatian kamu. 

11. Manfaatkan Layanan Telemedicine

Karena tidak bisa keluar rumah sama sekali, memanfaatkan layanan telemedicine bisa sangat membantu. Melalui layanan telemedicine seperti Halodoc, kamu bisa berkonsultasi dengan dokter secara virtual dan mendapatkan obat atau vitamin yang kamu butuhkan, tanpa perlu keluar rumah. Klik gambar di bawah ini untuk tersambung dengan dokter di Halodoc.✔️

Gambar ini memiliki atribut alt yang kosong; nama berkasnya adalah KV2-Chat-Dokter-5-1024x161.jpg

Itulah beberapa hal yang perlu kamu perhatikan selama menjalani isolasi mandiri. Selain itu, kamu juga bisa baca informasi lebih lengkap terkait isolasi mandiri di sini: Begini Langkah Penerapan Isolasi Mandiri untuk Bantu Cegah Penyebaran COVID-19.

Sementara itu, untuk kasus dengan gejala ringan, disarankan untuk melakukan self isolation selama 10 hari, dan dilanjutkan selama 3 hari dari gejala terakhir, sebelum akhirnya mulai beraktivitas kembali. 

Jika sebelum 10 hari muncul gejala atau kondisi tubuh memburuk, segera hubungi dokter atau tenaga medis untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut. 

Referensi:
WHO. Diakses pada 2023. Self Isolation. 
Tirto.id. Diakses pada 2023. Ketahui Manfaat Vitamin C,D,E, & Zinc untuk Pasien Isoman COVID-19. 
Setkab.go.id. Diakses pada 2023. Inilah Alur Layanan Telemedisin Bagi Pasien Isolasi Mandiri. 
Covid19.go.id. Diakses pada 2023. Yang Harus Diperhatikan Saat Lakukan Isolasi Mandiri. 
Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral. Diakses pada 2023. Tips Menjalankan Isolasi Mandiri.
Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Diakses pada 2023. Protokol Isolasi Mandiri Covid-19.
Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional. Diakses pada 2023. Lakukan Hal Ini Saat Isolasi Mandiri di Rumah.
CDC. Diakses pada 2023. Cleaning Your Home.
NHS UK. Diakses pada 2023. How to Look After Yourself at Home if You Have Coronavirus (COVID-19).

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan